Nissan Magnite Resmi Mengaspal dengan Mesin Turbo, Dibanderol Mulai Rp 200 jutaan

Tanpa seremoni, satu kontestan crossover mungil resmi dirilis hari ini (21/12). Adalah Nissan Magnite, menjadi bagian transformasi produk global “Nissan Next” pertama di Indonesia. Dibanderol mulai dari Rp 208,8 – Rp 238,8 juta, ia menyuguhkan pemacu turbo dan fitur yang cukup atraktif.

Karirnya diawali di India sebagai salah satu opsi SUV mungil dan murah “Sub-4m”. Begitu pula di sini, Magnite merupakan crossover berukuran kecil dengan panjang tak sampai 4 meter – diukur 3.994 x 1.758 x 1.572 mm (PxLxT). Penampilan sudah dapat diterka, menganut bahasa desain entry level Nissan yang sebelumnya diwakili Datsun. Dipancarkan melalui grille heksagonal berisi logo teranyar pabrikan serta aksen huruf “L” di sisi samping bumper.

Suka atau tidak, yang jelas Magnite berusaha tampil memikat lewat deret fitur. Cukup gamblang disuarakan oleh pemanfaatan lampu full LED di depan. Tak ketinggalan aksen L dimanfaatkan sebagai lampu siang dengan teknologi serupa. Kelengkapan eksterior lantas disudahi set kontrol smart keyless sebagai standar.

Nissan Magnite

"Berani tampil beda ada dalam DNA Nissan kami. Debut all-new Nissan Magnite di Indonesia menunjukkan komitmen kami untuk menghadirkan produk dan teknologi yang berbeda dan inovatif kepada pelanggan di tanah air," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go dalam keterangan resmi.

Wujud Inovasi sendiri dipancarkan melalui pemacu tiga silinder berkapasitas 1,0 liter. Sesuai dugaan tim OTO.com, melekat komponen pemadat udara berbasis tekanan gas buang alias turbo, pertama di segmennya. Diklaim sanggup lontarkan tenaga 100 PS di 5.000 rpm dan diawali puncak torsi 160 Nm di 2.800-3.600 rpm.

Baca juga: NJKB Nissan Terra 2021 Muncul, Varian Terendah Tertera Rp 385 Juta

Efisiensi dari mesin turbo sendiri didukung teknologi “mirror bore cylinder coating” serupa di Nissan GT-R. Bertujuan meminimalisir hambatan dalam mesin, mengurangi bobot dan meningkatkan manajemen panas dan pembakaran. Di samping itu, diklaim bakal tersaji pula akselerasi halus sekaligus konsumsi bahan bakar efisien. Seluruh energi putar kemudian tersalur ke roda depan via girboks manual 5 percepatan atau X-Tronic CVT.

Nissan Magnite

Nilai modern dan diferensiasi Magnite mejeng lewat deret fitur komprehensif masa kini. Misal dalam kabin, aplikasi layar bisa ditemukan berupa monitor TFT 7 inci di panel instrumen. Di samping itu, sarana hiburan memanfaatkan unit touchscreen 8 inci berisi konektivitas smartphone. Tak ketinggalan sistem start/stop button untuk seluruh model. Semakin memikat bila melirik spek trim atas. Kenyamanan dan kemudahan berkendara disokong kamera 360 derajat Around View Monitor (AVM), cruise control, hingga Tire Pressure Monitoring System.

Patut diacungi jempol adalah strategi fitur keselamatan Magnite. Urusan penjaga handling lebih dari sekadar Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Hydraulic Brake Assist (HBA). Ada perlindungan ekstra berkat penyematan Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), dan Hill Start Assist (HSA). Ketiganya berfungsi menjaga sikap handling secara elektronik terutama di kondisi cuaca yang kurang baik. Di samping itu, faktor keselamatan pasif ditunjang dual SRS Airbag berikut sabuk pengaman tiga titik dengan pretensioner dan load limiter.

"All-new Nissan Magnite hadir untuk dapat melampaui harapan konsumen mobil di Indonesia. Mobil ini dapat menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan untuk memiliki SUV kelas dunia, dari merek global yang memiliki warisan SUV yang kuat,” ujar Evensius Go. “All-new Nissan Magnite merupakan paket lengkap compact SUV ideal yang menawarkan berbagai keunggulan di kelasnya. Disandingkan dengan harga yang menarik, memberikan keleluasaan bagi pelanggan yang ingin memiliki compact SUV pertama yang ditawarkan Nissan."

Nissan Magnite

Nissan Magnite dipasarkan dengan dua tingkatan trim. Model termurah diwakili varian Upper bertransmisi manual seharga Rp 208,8 juta (OTR Jakarta). Baru di atasnya ada Premium dengan pilihan transmisi manual atau CVT. Masing masing diberi label mulai dari Rp 226,3 juta (MT) dan Rp 238,8 juta (CVT). Ada ragam seleksi warna single tone seperti Blade Silver, Onyx Black, dan Storm White. Bisa juga dipilih dengan kelir two tone seperti Flare Garnet Red atau Pearl White beratap Onyx Black. (Krm/Tom)

Harga Nissan Magnite:

Upper MT, Single Tone – Rp 208,8 juta

Premium MT, Single Tone – Rp 226,3 juta

Premium MT, Two Tone – Rp 228,3 juta

Premium CVT, Single Tone – R p 238,8 juta

Premium CVT, Two Tone – Rp 240,8 juta

Baca juga: Mau Beli Nissan Livina Baru, Cek Harga Promo dan Beberapa Poin Unggulan