• Wishlist

Mobil Terbang Komersial Pertama Mulai Dijual

Mobil Terbang Komersial Pertama Mulai Dijual

Masa depan telah dimulai. Mobil yang bisa mengudara tak lagi sekedar visi. Bahkan, sudah bisa dibeli dengan sejumlah $599.000. Ya, flying car atau mobil terbang komersial pertama sudah mulai dijual. Perusahaan PAL-V asal negeri Belanda mulai membuka pemesanan untuk mobil terbang bernama Liberty. Pihak PAL-V mengklaim produk Liberty tunduk pada regulasi keselamatan yang berlaku dari keputusan pemerintah global.

Sejumlah 90 unit pertama akan dijual, dengan model tertinggi Liberty Pioneer Edition. Model ini kaya akan personalisasi dan sudah termasuk sesi belajar penggunaan, power heating, serta opsi personalisasi luar dalam. Sedangkan model Liberty Sport yang lebih murah, dibanderol $399.000, baru akan ditawarkan setelah Pioneer Edition laris terjual.

32721695562_8b05062180_oweb

Dari penampilannya, Liberty menggunakan layout roda tiga dan terdapat bilah yang terlipat dengan rotor di atapnya. Ketimbang helikopter, Liberty lebih efektif disebut sebagai gyrocopter dengan dua mesin, satu mesin untuk mobil jalan, satu untuk terbang.

Untuk mode berkendara, tenaga yang dihasilkan mesinnya 99 hp dan kecepatan puncaknya 160 km/jam. Sementara saat mengudara, Liberty bisa mencapai ketinggian 3.500 meter dan daya mesin yang dihasilkannya sebesar 197 hp. Kecepatan maksimal terbang 180 km/jam. Baling-baling di bagian belakang ditenagai mesin dan berfungsi memberikan dorongan.

pal

Proses transformasi dikatakan membutuhkan waktu antara 5 - 10 menit. Bilah baling-baling di atas akan otomatis terbuka atau melipat. Hanya bagian belakang yang harus dioperasikan manual

Kabinnya bisa diokupasi dua penumpang dan pengemudinya diwajibkan memiliki izin terbang selain dari izin mengemudi biasa. Suara bising yang dihasilkan masih ada, dan klaim pabrikan mengatakan kadarnya selevel dengan pesawat kecil, dan jauh lebih senyap ketimbang helikopter. Pihak PAL-V juga mengungkapkan bahwa dibutuhkan lahan kosong sekitar 90x200 sampai 200x200 meter untuk Liberty lepas landas atau mendarat. Jadi tak sembarangan tempat bisa digunakan.

PAL-V Liberty

Liberty dibangun di Belanda, sementara sejumlah parts spesifik dan sistem lainnya diproduksi oleh perusahaan lain di luar negeri bunga Tulip. Bagis yang sudah membelinya melalui situs web PAL-V, pengiriman direncanakan pada akhir 2018 mendatang.

Baca Juga: Ingin Restorasi Mini Klasik? Ada Paket Bodi Lengkapnya

Sumber: Autocar UK