• Wishlist

Mobil Listrik Jaguar I-Pace Meluncur Maret

Mobil Listrik Jaguar I-Pace Meluncur Maret

Jaguar bakal meluncurkan mobil listrik kreasi pertama mereka 1 Maret 2018. Namanya Jaguar I-Pace. Mobil yang bermula dari konsep bernama sama itu, sudah dinantikan kelahiran produksinya sejak akhir 2016. Sejumlah foto dan video sepak terjang I-Pace pernah dirilis, yang menunjukkan kemampuan I-Pace. Salah satunya video saat diuji di medan ekstrem penuh salju.



Belum ada informasi detail soal crossover elektrik Jaguar I-Pace. Tapi pihak manufaktur mengklaim kalau I-Pace menawarkan pengisian daya yang kencang dan performa hebat. Melansir berita yang ditulis situs Motoring Australia, I-Pace punya fungsi fast-charging atau pengisian baterai lebih cepat. Diklaim dari kondisi baterai kosong hingga menyentuh 80 persen hanya butuh waktu kurang dari 45 menit. Syaratnya menggunakan charger 100 kW DC.


Jaguar i-pace


"Konsumen bisa menggunakan listrik utama untuk menyiapkan baterai mobil dan mengatur suhu kabin sebelum melakukan perjalanan. Mengatur kondisi lebih dulu memastikan jarak tempuh maksimal, performa dan kenyamanan, baik suhu cuaca sangat dingin maupun panas ekstrem," ungkap pihak Jaguar. Dikatakan, pengaturan jadwal pengisian baterai dan kondisi suhu kabin bisa dilakukan melalui sistem InControl yang terintegrasi dalam mobil maupun melalui aplikasi pada smartphone. Prosesnya, menurut mereka, semudah menyetel alarm pada smartphone.


Jaguar i-pace


Dalam video pengujian calon konsumen di danau beku Jaguar Land Rover Ice Academy, Swedia, terlihat kebolehan Jaguar I-Pace melibas medan salju dengan kemampuan bak sports car dan penggerak empat roda yang andal. "I-Pace tak sekadar bisa dicharge dengan cepat oleh konsumen kami untuk keperluan sehari-hari, mobil ini juga menawarkan performa bertenaga dan presisi di kondisi bervariasi dan iklim yang ekstrem," papar Ian Hoban, Jaguar vehivle line director.


interior Jaguar i-pace


Detail spesifikasi masih harus menanti peluncuran resminya pada 1 Maret 2018. Sebelumnya, Jaguar pernah mengatakan, I-Pace punya tenaga sekitar 400 hp dan torsi 700 Nm. Posisi baterai terpasang di lantai bawah mobil, yang tentunya menggunakan platform khusus mobil elektrik. Baterai itu menyuplai daya bagi motor elektrik di tiap sumbu roda, menghasilkan penggerak empat roda AWD. Klaim performa akselerasi dari diam sampai 100 km/jam tercatat waktu empat detik saja. (Tom/Odi) 


Baca Juga: Jaguar XE SV Project 8, Sedan Produksi Massal Tercepat di Nurburgring


Sumber: Motoring