• Wishlist

Jaguar XE SV Project 8, Sedan Produksi Massal Tercepat di Nurburgring

Tidak hanya fokus pada kemewahan aristokrat khas Inggris Raya, Jaguar tampaknya ingin membuat gusar Mercedes-AMG dan BMW M. Karena merek berlambang hewan buas ini mulai serius menggarap divisi sport mereka.



Semua itu berkat kerja keras Special Vehicle Operations (SVO). Tim khusus di Jaguar Land Rover, mendedikasikan pekerjaan mereka untuk meningkatkan performa dan kapabilitas Jaguar dan Land Rover.


Hasilnya sudah ada beberapa model. Di lini Land Rover ada Range Rover Sport SVR dan Jaguar ada F-Type SVR. Terbaru, SVO merilis sedan paling bertenaga berbasiskan Jaguar XE. Jaguar XE SV Project 8, sedan bertenaga buas yang memiliki kecepatan tertinggi 320 km/jam. Dirancang untuk menaklukkan sirkuit keramat Nurburgring Nordschleife, dan dibuktikan dengan torehan waktu tercepat.


Kategorinya sebagai sedan produksi massal, walau hanya dijual 300 unit saja. Torehan waktu diraih 7 menit 21,23 detik, mengalahkan Alfa Romeo Giulia dengan catatan 7:32. Artinya 11 detik lebih cepat. Bahkan jauh dari Porsche Panamera Turbo yang hanya 7:38.


Tapi Jaguar masih belum mampu mengejar Subaru WRX STi Type RA NBR Special yang mencatat putaran 6:57,5. Karena termasuk modifikasi ekstrem yang tidak masuk kualifikasi legal jalan raya, maka tidak masuk dalam jajaran yang sama dengan Jaguar XE SV Project 8.


Divisi SVO Jaguar Land Rover memeras mesin V8 berkapasitas 5.0-liter supercharged agar mampu mengeluarkan 600 hp dan torsi 700 Nm. Angka ini melebihi F-Type SVR yang hanya 575 hp. Girboks otomatis 8-speed dikalibrasi ulang agar mampu berpindah secepat 200 milidetik. Seluruh daya tersalur menuju keempat roda (AWD) untuk menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam 3,5 detik saja.


Tenaga besar tentu percuma tanpa bobot ringan. Agar tercipta rasio power-to-weight terbaik, SVO hanya menyisakan panel atap dan kulit pintu depan yang masih standar Jaguar XE. Sisanya dibuat ulang dengan material serat karbon mulai dari bemper depan, kap mesin side skirt, splitter depan, bemper belakang sampai rear diffuser. Semua itu demi mendapat bobot 1.745 kg saja. 


Sumber: Motortrend


Baca Juga : Mercedes-Benz Punya Pemandu Canggih