McLaren Ciptakan 570S GT4 Le Mans Versi Legal Jalan Raya

McLaren Ciptakan 570S GT4 Le Mans Versi Legal Jalan Raya

Walau entry-level, tapi siapa yang berani meragukan performa McLaren 570S? Bahkan McLaren punya versi balapnya yang bernama 570S GT4. Lantaran inilah McLaren Special Operations (MSO) jadi punya ide liar. MSO membuat versi yang legal digunakan di jalan raya dari McLaren 570S GT4.


Mclaren MSO


MSO, divisi khusus yang secara spesifik menciptakan model bespoke atau versi custom dari mobil McLaren yang ada. Biasanya MSO membuat hanya satu atau dua unit edisi terbatas model bespoke. MSO R dan MSO HS contohnya. Tapi 570S hasil racikan MSO kali ini berbeda dari yang lain. McLaren umumkan membuat sepuluh unit mobil yang mereka namakan sebagai MSO X ini.


Mclaren MSO


Agar menyerupai versi balapnya, McLaren 570S didandani sedemikian rupa. Bahkan Anda bakal menemukan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extenguisher di dalam kabin. Untungnya, karena untuk pemakaian di jalan raya, McLaren masih menyisakan seluruh fitur yang dimiliki 570S pada umumnya. Ada kamera dan sensor parkir, penyejuk kabin (AC) hingga pengatur ketinggian suspensi udara yang sangat berguna untuk melewati polisi tidur.


Mclaren MSO


Banyak yang dilakukan oleh MSO. Selain eksterior, mobil ini dicat dengan livery yang dipakai mobil balap McLaren F1 GTR Le Mans di era 1990-an. Detail eksterior tak lupa dijamah mereka. Terpasang sayap belakang yang diklaim menambah gaya tekan ke bawah (downforce) hingga 100 kg saat melaju kencang. Di bagian atap menyembul lubang udara yang katanya terinspirasi dari mobil balap F1 GTR Longtail 1997 untuk meningkatkan induksi udara ke ruang mesin. Bahkan kap mesinnya sampai dilubangi, juga berfungsi mengalirkan angin ke ruang mesin dan sayap belakang.


Mclaren MSO


Bagian atap, kap mesin, side skirt, engine cover, bemper depan dan belakang, semua dibuat dari material serat karbon untuk menghemat bobot. McLaren juga mencopot karpet dasar dan pelapis kulit pada interior. Harness enam titik terpasang pada jok yang rangkanya juga terbuat dari carbon fiber. McLaren juga menyediakan sedikit ruang di bagian sandaran kepala sebagai ruang bersandar helm balap.


Mclaren MSO


Moncongnya juga didesain ulang untuk menghasilkan stabilitas berkendara yang lebih baik di kecepatan tinggi. Ubahan lain yang dilakukan MSO di antaranya, penggunaan ban Pirelli Pzero Corsa dan knalpot dari bahan titanium. Berapa harganya? MSO tak pernah menampilkan harga. Tapi biasanya kalau Anda ingin membeli supercar yang diracik khusus, seharusnya uang bukan lagi hambatan. (RS/Odi)


Baca Juga: McLaren Buat Lagi Supercar 3-Seater

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store