jakarta-selatan

Mengenang McLaren F1, Supercar ‘Hardcore’ Pemegang Rekor Kecepatan

  • Jan 30, 2017
  • 1497 Dilihat

Siapa yang tidak mengenal McLaren F1. Sebuah supercar karya McLaren Automotive, brand asal Inggris yang ternama di kancah balap Formula 1. Beredar di rentang 1992 hingga 1998 dengan total hanya 106 mobil yang pernah diproduksi. Tidak hanya menawarkan performa mengagumkan, tapi juga sangat eksklusif dan diburu para kolektor sehingga harganya terus melambung tinggi. Terkenal akan karakternya yang “hardcore” mendekati perilaku mobil balap sesungguhnya, meski legal untuk jalanan umum.


Konsep awal dicetus oleh Gordon Murray yang mampu meyakinkan Ron Dennis sebagai team principal McLaren saat itu, untuk meluluskan proyek ambisius ini. Peter Stevens pun ditunjuk sebagai perancang desain eksterior dan interior mobil yang banyak terinspirasi mobil balap Formula 1 ini. Maka terlahirlah supercar dengan model coupe 2-pintu, menggunakan mesin V12 yang terletak di belakang dan menganut penggerak rear wheel drive (RWD). Uniknya, posisi pengemudi berada di tengah, dan mampu menampung 2 orang penumpang di kedua sisinya.


McLaren F1 interior


Tahun ini merupakan peringatan 25 tahun kelahiran sang supercar legendaris. Sebagai bentuk perayaan, McLaren merilis video saat prototip XP5 mencetak rekor kecepatan di tahun 1998 sebagai mobil produksi jalan raya tercepat sekaligus terkencang. Video yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya ini memperlihatkan bagaimana Andy Wallace, pembalap McLaren di balap Le Mans, menyentuh kecepatan 391 km/jam di Ehra-Lessien proving ground, Jerman.


Dari video tersebut dapat terlihat betapa Andy begitu mengagumi dan bersenang-senang bersama McLaren F1. Kecepatan 391 km/jam digapai pada percobaan kedua setelah sebelumnya didapat 386 km/jam. Di trek berbentuk oval tersebut, Andy sudah harus membangun kecepatan sejak berada di tikungan yang miring. Saat sebelum memasuki jalur lurus itu saja kecepatan sudah dikembangkan hingga 255 km/jam. Selanjutnya pedal gas pun dibenamkan habis ke lantai hingga pencatat kecepatan via satelit tidak lagi mampu melampaui angka 391 km/jam.


Mclaren F1 mesin


Rekor kecepatan ini bertahan hingga 2007, saat Bugatti Veyron mampu menggapai 408,47 km/jam di tempat yang sama. Meski sekarang sudah semakin banyak pencapaian yang melebihi angka kecepatan tersebut, McLaren F1 tetap dikenang akan kedahsyatannya.


Mobil ini memiliki figur akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,2 detik dan 0-200 km/jam hanya 9,4 detik. Sumber tenaga berasal dari mesin BMW M70 V12 Naturally Aspirated (NA) berkapasitas 6,1-liter, yang menghamburkan tenaga 627 hp dan torsi 651 Nm. Jika dikombinasikan dengan bobot McLaren F1 1.138 kg, berarti menghasilkan rasio power-to-weight sebesar 550 hp/ton. Sampai sekarang masih diakui, sebagai mobil NA tercepat di muka bumi yang sulit ditandingi oleh mobil bermesin NA manapun. Hanya mesin dengan bantuan forced induction yang mampu menyaingi performanya saat ini.


Baca Juga: McLaren Siapkan Pengganti 650S


Sumber: Carscoops, Autoblog, Netcarshow


Shares

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi