jakarta-selatan

LMPV Renault Triber Meluncur Besok, Bentuknya Seperti Crossover

  • 18 Jun, 2019
  • 655 Kali Dilihat

Renault Triber dijadwalkan meluncur besok (19/6). India menjadi tuan rumah peluncuran global MPV kecil dengan banderol harga bersahabat itu. Sejumlah foto bocoran dengan balutan kamuflase, pernah beredar di dunia maya. Namun Renault berhasil menahan bocoran informasi lebih jauh, sehingga wujud asli Triber belum terungkap. Paling tidak sampai gambar teaser dirilis manufaktur. Meski berupa siluet, terlihat ada aura kekar khas crossover pada Triber.



Menurut pewartaan situs Cardekho, ada kombinasi nilai MPV dan SUV pada penampilan Triber. Deduksi diambil dari gambar teaser, dengan bagian wajah dan kap mesin yang memang terlihat bak crossover SUV. Sedikit kekar kalau dibandingkan desain MPV kebanyakan. Selain itu, dipastikan dimensi panjang tak sampai 4 meter. Artinya, Triber bakal lebih kecil dibanding Toyota Avanza (panjang 4,1 meter). Sementara informasi dimensi lain memang belum tersedia. 



Dari teaser yang sama, Triber bakal mendapat lampu proyektor, lampu siang hari LED, infotainment layar sentuh, empat kantong udara sebagai jaminan keselamatan dan roof rail. Nah, fitur roof rail itu juga biasanya disediakan untuk segmen SUV atau crossover. Desain grille terlihat besar dengan sejumlah palang berkelir kromium, dengan logo Renault besar di tengahnya.


Gambar teaser resmi interior memang tidak dirilis. Tapi dari bocoran sebelumnya, kabin Triber memakai skema dwiwarna dengan kombinasi krem dan hitam. Desain dasbor dibuat sederhana, diklaim kabin bakal terasa sangat lega. Renault juga mengklaim, kabin Triber ultramodular. Dengan harapan, bisa menampung lebih dari lima orang berkat pengaturan kursi yang fleksibel.


Platform yang digunakan berasal dari mobil kecil Renault Kwid, yakni arsitektur CMF-A. Selain berbagi rangka, jantung mekanis juga diprediksi sama dengan Kwid, Mesin bensin 3-silinder 1,0 liter. Namun output daya sewajarnya lebih besar ketimbang Kwid, karena dari bodi dan rangka juga jauh lebih besar. Harganya diprediksi murah. Bila dikonversi ke Rupiah tidak sampai Rp 150 juta, untuk varian termahal.


Bagaimana dengan Indonesia? Renault yang kini dipegang Maxindo Renault Indonesia, menjanjikan memboyong MPV murah Triber ke Indonesia. Kalau tak ada halangan, ajang Gaikindo Indonesia Interntaional Auto Show (GIIAS) 2019 jadi panggung perdana. Soal spesifikasi, sepertinya tak jauh berbeda dengan yang diluncurkan di India. Tentu dengan sejumlah penyesuaian teknis dan fitur yang cocok untuk pasar lokal. Kita nantikan saja perkembangan dan peluncuran Renault Triber di Indonesia. (Tom/Odi)


Sumber: Cardekho


Baca Juga: Maxindo Renault Serius Lariskan Dagangan, Ini Langkahnya

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi