Oto
jakarta-selatan

Komparasi: Toyota Yaris S CVT TRD Sportivo VS Mazda2 GT

  • 06 Jul, 2017
  • 6985 Kali Dilihat

Kelas hatchback banyak peminatnya. Selain harga relatif lebih murah dibanding sedan, hatchback juga memancarkan aura lebih dinamis sehingga populer di kalangan generasi muda.


Kali ini kita lihat perbandingan antara Toyota Yaris dengan Mazda2. Masing-masing merupakan generasi kedua di Indonesia, dengan fitur dan performa modern. Khususnya Yaris yang belum lama mendapat upgrade mekanis dengan transmisi otomatis CVT.


Baca Juga: Road Test - Mazda2 GT


HARGA


Sebagai sesama manufaktur Jepang, Mazda mengklaim produk mereka lebih premium. Wajar kalau kemudian harganya setingkat lebih mahal dari kompetitor. Bukan tanpa alasan, di balik harga lebih tinggi ada kualitas yang juga baik. Sebagai perwakilan kita ambil varian teratas masing-masing. Toyota Yaris TRD Sportivo CVT dijual seharga Rp 273,9 juta, Mazda2 GT AT Rp 291,3 juta. Bedanya tipis. Jadi soal harga bukan masalah karena rentang harga keduanya masih bersaing.


DIMENSI


dimensi Yaris dan Mazda2


Dilihat sekilas, Yaris tampak lebih besar dari Mazda2. Melihat data spesifikasi Yaris lebih panjang 55 mm dan lebih lebar 5 mm. Sementara Mazda2 lebih tinggi 20 mm dan memiliki jarak sumbu roda lebih panjang 20 mm dibanding Yaris. Jarak antar poros roda itu yang bisa menentukan kelapangan kabin. Meski begitu, keduanya menawarkan kabin yang sesuai ekspektasi, tidak lega maupun sempit, terutama penumpang belakang.


MESIN DAN PERFORMA


performa Yaris dan Mazda2


Sama-sama menggendong mesin 4-silinder 1.5 liter, mesin dual VVT-i Yaris diklaim lebih efisien dari sebelumnya. Mazda2 juga sudah didukung paket SKYACTIV yang canggih dan membantu mengoptimalkan efisiensi.


Berbicara efisiensi, kapasitas tangki bahan bakar Mazda2 44 liter, 2 liter lebih banyak dari Yaris. Apalagi Mazda2 sudah dilengkapi dengan idling stop system i-Stop yang mematikan mesin saat kondisi macet Stop and Go. Fungsinya untuk menghemat bahan bakar.


Tenaga dari dapur produksi keduanya sebanding. Yaris menghasilkan 107 PS dan torsi 140 Nm. Mazda2 menghasilkan 108 PS Serta torsi 141 Nm. Sebagai penyalur daya itu, Yaris menggunakan CVT 7-speed dan Mazda2 menawarkan transmisi SKYACTIV-Drive otomatis 6-speed.


Mazda2 lebih unggul karena memiliki fitur mode berkendara Sport. Tambahkan lagi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi. Menghasilkan sensasi berkendara yang jauh lebih menyenangkan. Apalagi saat memasuki jalan bebas hambatan.


Yaris mengklaim stabilitas dan kenyamanan berasal dari penggunaan suspensi TRD. Mazda2 malah sudah didukung teknologi G-Vectoring Control (GVC) sebagai bagian dari SKYACTIV-Vehicle Dynamics. Mudahnya, GVC membantu mobil masuk dan keluar tikungan dengan optimal. Jadi ketika menikung dengan kecepatan tinggi, Mazda2 masih bisa mengatasinya dengan baik.


FITUR


Fitur Mazda2 paling lengkap


Soal fitur, Yaris juga harus mengakui keunggulan Mazda2. Sejumlah fitur canggih Mazda2 absen pada Yaris. Di luar, Mazda2 sudah menggunakan lampu LED projector dengan DRL. Di dalam kabin ada heads-up display yang menampilkan angka kecepatan dan arah navigasi pada kaca pengemudi, kemudi tilt dan telescopic, dan pengaturan bangku pengemudi 6-arah.


Infotainment Mazda2 menggunakan MZD Connect dengan layar sentuh 7 inci. Tampilan antarmukanya mewah sekaligus minimalis dan bisa dikendalikan melalui dial putar di konsol tengah. Dukungannya termasuk koneksi smartphone, Bluetooth, USB, navigasi dan penampil kamera mundur. Sementara Yaris juga menggunakan layar sentuh 7 inci yang mendukung CD/DVD, USB, internet browser dan koneksi smartphone via mirrorlink atau miracast.


Fitur Toyota Yaris termahal


Dibanding Yaris yang hanya menawarkan dua kantung udara di depan dan sistem rem ABS+EBD+BA, Mazda2 dijejali lebih banyak fitur safety. Mulai dari dual SRS airbags, rem ABS+EBD+EBA, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), emergency stop signal (ESS) dan hill launch assist (HLA). Bahkan pada varian GT sudah dilengkapi advanced blind spot monitoring system dengan rear cross traffic alert dan smart city brake support (SCBS).


KESIMPULAN


Harga Mazda2 GT yang lebih tinggi dari Toyota Yaris S CVT TRD Sportivo, nyatanya bukan nilai minus. Malah dengan rentang tak sampai Rp 20 juta, Mazda2 menawarkan fitur lebih banyak, lebih canggih, serta pengalaman berkendara lebih menyenangkan.


Baca Juga: Toyota Camry vs Honda Accord

Komparasi Mazda 2 vs Yaris TRD

Mazda 2
Rp276,8 - Rp313,8 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Toyota Yaris TRD
Rp235,4 - Rp275,9 Juta
Mazda 2 vs Yaris TRD
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi