Ini Keunggulan Kia All New Sportage Dibanding Pendahulunya

Ini Keunggulan Kia All New Sportage Dibanding Pendahulunya

Setelah 'puasa' beberapa tahun tanpa menghadirkan terobosan berupa produk terbaru atau facelift , PT Kia Mobil Indonesia (KMI) di paruh kedua tahun ini, tiba-tiba menggebrak dengan mengumumkan kedatangan varian teranyar dari compact SUV yakni All New Sportage pada perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Jika menelisik beberapa bulan ke belakang, para produsen otomotif roda empat memang berbondong-bondong untuk memperkenalkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) nya di Indonesia. Dimulai dari produsen asal Jepang, Jerman hingga brand satu negaranya sendiri, Hyundai, yang dimana sudah lebih dulu merilis All New Tucson di Indonesia pada acara International Motor Show (IIMS) bulan April lalu.

Serupa dengan rival terdekatnya, SUV Kia berkapasitas 5-penumpang ini juga mengusung rancang bangun eksterior yang lebih segar, agresif dan sporty serta 'hampir' menghilangkan identitas dari suksesornya. Tak hanya itu, nuansa di dalam kabinnya pun tampak lebih dewasa dan juga terdapat sedikit peningkatan tenaga pada sektor jantung mekanisnya.

Walaupun Anda masih perlu menunggu peluncuran resminya di bulan Agustus mendatang, namun Direktur Marketing KMI, Hartanto Sukmono, memperkirakan banderol harga Sportage akan berada di kisaran Rp 350 Juta dan tersedia dalam beberapa trim. Nah, bila memantau daftar harga Kia saat ini, model Sportage eksisting masih saja dijual mulai dari Rp 337 Juta sampai dengan Rp 425 Juta serta disediakan pilihan varian mesin peminum bensin dan solar.

Lalu dengan peningkatan kisaran harga tersebut, seperti apakah penampilan dari All New Sportage ini? Dan bagaimanakah perbedaannya ketika disandingkan dengan suksesornya? Berikut kami berikan ulasannya.

Tampilan Bodi Agresif

Meskipun yang CarBay Indonesia saksikan kemarin adalah All New Sportage varian teratas yakni, GT Line, namun konsep bodinya bisa mewakili edisi terbarunya secara umum. Dimulai dari area wajahnya, lampu utama berprojector yang meruncing dengan posisinya berada di atas bagian dari grill bertema 'tiger noise'. Lalu lambang Kia yang biasanya berada di tengah grill dirubah ke bagian atas grill, cluster lampu kabut yang besar dan bonnet yang tinggi serta compact.

Perbandingan Desain Sportage

Lalu dari sisi sampingnya, tetap identik dengan rumah roda yang besar dan sanggup mengakomodasi velg berdiameter 17 inci sampai 19 inci. Perbedaannya dengan generasi terbaru ini timbul pada model garis kaca samping yang lebih mengalir dan pada kaca mati baris kedua diberikan sentuhan sedikit melengkung. Selain itu, komponen lampu belakang nampak ditarik hingga ke area pilar C yang menjadikan sporty dan bergaya coupe.

Bagaimana dengan buritannya? Ciri khas dari edisi Sportage sekarang adalah lampu sein yang terpisah dan menempati sisi bumper belakang. Nah, citarasa itu tetap dipertahankan dan dibuat semakin tegas. Sedangkan lampu remnya, diracik ulang dan lebih menggoda. Untuk varian tertingginya disematkan teknologi LED sehingga kental bergaya Eropa. Bila melihat ke bagian atasnya, menempel spoiler yang sporty dengan high mount stop lamp (HMSL) di tengahnya. Tidak ketinggalan, lokasi plat nomor ikut dirubah ke pintu bagasi.

Dengan perbedaan tema desain yang diaplikasikan oleh Peter Schreyer dan tim desainer terhadap Sportage, membuat dimensi bodinya menjadi panjang 4.480 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.655 mm dan sumbu roda 2.670 mm atau bertambah panjang 40 mm dan atapnya lebih tinggi 10 mm serta jarak antar roda depan dan belakangnya di lebih melar 30 mm jika dibandingkan dengan versi saat ini.

Kabin Lebih Dewasa

Memasuki kabin generasi terbaru Sportage yang mulai mengaspal di Eropa kuartal pertama ini, Anda akan menjustifikasi bila Sportage yang sekarang ini terlalu sederhana gayanya terutama pada area dashboard yang minim lekukan dan melandai serta lingkar kemudi palang tiga yang 'imut'. Nah, sektor ini dirombak serius menjadi lebih gagah dengan mengedepankan garis-garis tegas, lingkar kemudi palang tiga yang modern dan area console tengah yang berisi head unit, pengaturan pendingin udara serta navigasi diarahkan sedikit melenceng sebanyak 7.2 derajat ke arah pengemudi guna memudahkan jangkauan tanpa perlu menyita konsentrasi saat berkendara.

perbandingan interior Sportage

Perangkat Instrumen cluster juga diperbaharui dengan indikator petunjuk bahan bakar dan suhu mesin model analog, serta layar Multi Information Display berbentuk persegi panjang dengan dua pilihan ukuran yakni 4,2 inci TFT LCD Colour atau 3,5 inci TFT LCD Monochrome. Menu didalamnya tetap sama yakni informasi berkendara seperti jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, suhu di luar mobil hingga kecepatan rata-rata yang sudah dicapai.

Di samping tampilan kabinnya, fasilitas kenyamanan joknya ditambahkan dengan fitur pengaturan secara elektrik khusus pada bangku pengemudi dan jarak reclining bangku baris kedua yang ditambahkan agar penumpang dapat sandaran yang lebih rileks ketika melakukan perjalanan jauh. Selain itu juga ketika melihat bagian atapnya, sudah tertanam panoramic sunroof yang besar, tidak lagi terbagi dua seperti Sportage yang ada sekarang.

Karena 'genus' nya sebagai SUV, maka fitur pada area bagasi pun ikutan ditingkatkan. Seperti pada mobil-mobil segmen menengah ke atas, All New Sportage mencangkokkan fitur Smart Power Tailgate yang bisa membuka pintu bagasi secara otomatis ketika kunci mobil terdeteksi berada di sekitar area bagasi dan Tailgate Memory Function yang menyimpan sudut bukaan dan menutup pintu sesuai dengan pengaturan Anda.

Performa Mesin Yang Meningkat

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai tampilan eksterior dan interiornya, sekarang gilirannya untuk menyibak pabrik tenaga yang bersembunyi di balik kap nya. Kami akan mengawali dari data spesifikasi Sportage versi saat ini. Merujuk dari laman website Kia Indonesia, Compact SUV ini dipasarkan dalam tiga pilihan mesin yakni dua mesin bensin, Nu 2.0 D-CVVT dengan standar Euro 2 dimana kemampuannya mengeluarkan tenaga 158 PS dan menyajikan torsi 192 Nm, lalu Theta II 2.4 D-CVVT memberikan daya 177 PS dan momen puntir 226 Nm kemudian satu mesin dieselnya R 2.0 VGT berkompetensi memancarkan tenaga 177 PS (Euro 2/3) dan memberikan torsi 382 Nm.

Perbandingan mesin Sportage

Kemudian bagaimana dengan prestasi mesin generasi terbaru Sportage? Mengingat KMI belum memutuskan jenis varian dan tipe mesin mana yang akan masuk, maka kami paparkan seluruh koleksi jantung mekanis yang sudah disiapkan Kia untuk Compact SUV ini dan tentunya dengan standar Euro yang sepadan. Seperti, Nu 2.0 D-CVVT berkemampuan tenaga 157 PS dan menyajikan torsi 196 Nm, lalu Theta II 2.4 D-CVVT dengan bakat memproduksi 184 PS dan momen puntir 237 Nm serta mesin peminum solar R 2.0 VGT berkompetensi memancarkan tenaga 178 PS dan memberikan torsi 402 Nm.

Dari angka-angka tersebut, dapat kami simpulkan bahwa kemampuan dari depot tenaga All New Sportage pun juga ditingkatkan oleh Kia meskipun tidak terlalu signifikan. Oh iya, untuk sistem pemindah tenaganya, produsen otomotif asal Negeri Ginseng ini mengandalkan transmisi dengan 6-tingkat percepatan baik otomatis atau manual.

Baca Juga: Komparasi Hyundai All New Tucson VS Kia New Sportage

Sumber foto: Kia Mobil Indonesia

Jelajahi KIA Sportage

KIA Sportage Rp 386,5 - Rp 475,5 Juta Cicilan : Rp 8,82 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store