jakarta-selatan
kali dibagikan

Kia Sportage Capai Penjualan 5 Juta Unit

  • 20 Mar, 2018
  • 1834 Kali Dilihat

Kia Sportage di Indonesia sudah lama dikenal. Semua pasti menyadari, mobil ini jelas kalah tenar dari SUV Jepang. Jarang terlihat di jalan, ditambah lagi brand Korea yang masih dipandang sebelah mata. Padahal, Sportage merupakan produk yang mendunia. Nasibnya berbeda di belahan dunia lain. Prestasi menggembirakan sedang dirayakan Kia Motors, karena penjualan Sportage mencapai 5 juta unit.


Memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, 25 tahun. Terhitung sejak 1993, saat pertama kali Kia Sportage lahir dan kini telah menelurkan generasi keempat. Nah, model terakhir yang meluncur 2016 merupakan generasi paling sukses. Di 2017, rata-rata penjualan global sebesar 38.000 unit per bulan. Pasar Inggris jadi yang terbesar. Sportage menyandang model Kia terlaris dengan penjualan 39.683 unit sepanjang 2017.



“Kami sangat bangga mencapai prestasi penjualan tertinggi skala global. Popularitas Sportage yang pesat dan terus berlanjut, memperlihatkan kemampuan dan kekuatan desain mobil ini kepada pembeli di seluruh dunia,” kata Ho Sung Song, Executive Vice President of Global Operations Division. “Sejak 1993, Sportage menjadi benchmark di segmen compact SUV, dan kesuksesannya memancing kelahiran berbagai lineup SUV dan crossover dari Kia—dengan model baru lainnya di masa depan.”


Pada 2016 dan 2017, Sportage menyalip Kia Rio sebagai penjualan terlaris Kia secara global. Penjualan kuat Sport terus berlanjut di 2018, dengan angka 36.632 unit di Januari dan 32.930 unit di Februari. Desain menjadi daya tarik besar dari SUV hasil rancang bangun Peter Schreyer.



Kiprahnya dimulai saat tampil pertama kali di Tokyo Motor Show 1991. Ujudnya masih berupa konsep yang diberi nama ‘Urban SUV’. Sejak awal perancangannya, Sportage memiliki dimensi yang kompak untuk menunjang kepraktisan, agar utilitasnya tinggi dalam berbagai macam kondisi. Generasi pertama Kia Sportage juga cukup dikenal di Indonesia. Ada tipe wheelbase panjang dan pendek, model yang dimasukkan bahkan berpenggerak empat roda (4WD). Penjualan generasi ini mencapai 500.000 unit secara global.


Generasi kedua memiliki desain yang berubah drastis. Kurun waktu 7 tahun siklus hidupnya, total terjual 1.223.776 unit. Model ketiga lebih laku lagi, karena mencapai penjualan 1 juta hanya dalam kurun waktu 4 tahun. Generasi keempat semakin sukses berkat campur tangan ahli, Peter Schreyer yang mengubah seluruh desain Kia hingga menjadi penuh karakter. Unit ke-sejuta-nya, baru saja terjual Januari lalu.



Berbagai penghargaan diterima oleh Sportage, khususnya dari segi desain. Generasi ketiga dan keempat diganjar penghargaan dari ‘iF Design’ dan ‘red dot’. Selain itu, mobil meraih rating safety tertinggi dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dan lima bintang dari Euro NCAP. (Odi/RS)


Baca juga: KIA Sportage 2016 ‘X-Men: Apocalypse’ Limited Edition

  • Tampak Depan Bawah KIA Sportage
  • Fog lamp depan Sportage
  • Lampu depan Sportage
  • lampu belakang Sportage
  • KIA Sportage Drivers Side Mirror Front Angle
  • Knalpot Sportage
  • Tampak belakang Sportage
  • Tampak kanan KIA Sportage
KIA Sportage
Rp 386,5 - Rp 475,5 Juta
Lihat Promo

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video KIA Sportage

Lihat video terbaru KIA Sportage untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil KIA Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi