Kembaran Renault Duster Kebagian Penyegaran Desain dan Penerapan Teknologi Baru

Kembaran Renault Duster Kebagian Penyegaran Desain dan Penerapan Teknologi Baru

Sempat kita mengenal sebuah SUV imut keluaran merek Prancis yang sebetulnya tampak menawan. Siapa lagi kalau bukan Renault Duster. Eksistensinya di Indonesia mungkin sudah punah namun di belahan dunia lain ia masih berjaya seperti Dacia Duster di Eropa. Bahkan baru-baru ini dia datang dengan rancangan segar berikut penerapan teknologi baru untuk 2021.

Belum berganti generasi, memang. Kendati begitu, Duster mendapatkan sedikit sentuhan tata busana anyar sehingga membuatnya tampak lebih segar. Identitas visual terbaru yang pertama ditampilkan Dacia Sandero mejeng di fasad depan. Adalah set penerangan anyar berisi DRL berbentuk huruf Y. Tersemat keistimewaan pada versi baru kembaran Renault Duster lantaran ia berhak untuk memamerkan sein LED teranyar.

new Duster

Di samping itu, Patron baru pun turut menghiasi aransemen grille tiga dimensi nan modern. Juga ditemukan sisi penyegaran pada opsi pelek 15 atau 16 inci dan disudahi ubahan rancangan spoiler. Semua ini lantas dipresentasikan dalam opsi kelir Desert Orange teranyar. Boleh dibilang ia terlihat lebih segar namun sebetulnya imbas revisi desain lebih dari sekadar demi menampilkan rombakan visual.

Baca juga: Renault Kiger Resmi Mendebut di India, Simak Keunggulan yang Ditawarkan

Efisiensi aerodinamika turut disentuh agar mengurangi produksi emisi CO2. Pemainnya tak lain adalah penyesuaian rancangan pelek berikut spoiler. Turut berperan pula penggantian bearing roda, ban, dan lampu yang lebih efisien sehingga semua upayanya diklaim sukses memangkas emisi CO2 sampai 5,8 g/km pada model berpenggerak empat roda.

new Duster

Revisi dalam kabin cenderung minimalis namun disebut telah disesuaikan dengan keinginan konsumen. Seperti dijelaskan programme director untuk line-up Duster, Julien Ferry kepada Autocar. “Feedback yang kami terima sangat baik. Apa yang ingin kami sempurnakan, bagaimanapun, adalah membuat mobil ini sedikit lebih segar. Kami ingin mengembangkan hal kecil yang sensitif bagi pelanggan seperti sistem multimedia dengan layar lebih lebar,” jelasnya.

Untuk diketahui, pembungkus bangku Dacia Duster diklaim 100% baru. Sementara itu, material fabric dan bentuk headrest menawarkan penyempurnaan ergonomi. Turut menjadi sorotan adalah posisi konsol tengah tinggi dengan arm rest lebar yang dapat bergerak sejauh 70 mm. Pada beberapa varian, ia bahkan menyediakan tempat penyimpanan sebesar 1,1 liter. Komplet dua soket USB untuk penumpang belakang.

new Duster

Berikut pula tak ketinggalan sarana hiburan 8 inci lengkap fungsi integrasi smartphone diboyong sebagai perlengkapan standar. Bersama dengan itu, seluruh model sudah kebagian layar onboard computer, sakelar lampu otomatis, cruise control, dan speed limiter.

Pembaruan lainnya terletak di transmisi. Sekarang tipe mesin tertinggi TCe 150 1.300 cc mengadopsi penyalur daya otomatis dual clutch enam percepatan. Memberikan perpaduan kenyamanan dan kenikmatan girboks otomatis dengan torehan konsumsi BBM dan emisi CO2 mendekati versi manual. Keran pemesanan bakal dibuka musim panas ini dengan ekspektasi harga mulai dari sekitar 12 ribu Poundsterling atau Rp 241 jutaan. (Krm/Tom)

Sumber: Autocar UK

Baca juga: Renault Indonesia Jor-Joran Buka 3 Dealer Baru

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil