Inikah Land Rover Defender Generasi Terbaru?

Inikah Land Rover Defender Generasi Terbaru?

Land Rover Defender ialah off-roader legendaris yang sudah sangat tersohor. Sejak kelahirannya pada 1948, desain kotak yang begitu melekat terus bertahan sampai pensiunnya Defender di 2016. Land Rover kemudian mengumumkan sedang mengembangkan penerus Defender. Tapi tidak seperti Mercedes-Benz G-Class yang tetap mempertahankan desain ikoniknya, menurut Landy sendiri, Defender baru tampil jauh lebih modern.

Klaim itu menguat sejak penampilan perdana Land Rover DC100 Concept pada 2011 silam. Mobil ini digadang-gadang menjadi pewaris paling meyakinkan bagi Defender. Namun tidak ada kepastian soal itu. Sampai tertangkapnya sebuah mobil berkamuflase sedang diuji di pegunungan bersalju.

Terlihat jelas mobil ini Land Rover. Mudah dikenali dari model lampu depan dan belakang yang menyerupai Range Rover. Yang membuat unik, proporsi tubuhnya yang sangat pendek. Bahkan lebih pendek dari Range Rover Sport dan mungkin hampir setara Range Rover Evoque.

Dilansir dari Motor1, mobil ini belum banyak menjawab rasa penasaran. Bodinya bisa jadi memakai milik range rover, karena untuk keperluan menguji suspensi dan mesin saja. Terlihat dari pintu belakang yang hanya separuh, seolah hanya tempelan sementara. Tapi penampilannya sesuai dengan perkataan Land Rover yang ingin model Defender tampil modern dan bisa diterima pasar pada umumnya. Tidak lagi mempertahankan desain kaku dan tidak juga ingin tampil retro seperti mobil legendaris lain.

Memperbincangkan desain sebaiknya nanti saja karena masih sangat samar. Tapi dari foto ini, dapat diselidiki sedikit soal konstruksi yang dipakai. Mengingat Defender punya dua jenis wheelbase untuk seri 90 dan 110, kemungkinan besar ini merupakan Defender 90 dengan model tiga pintu. Sedangkan Defender 110 memiliki jarak sumbu roda panjang untuk model 5 pintu.

Terlepas dari desain bodi, terlihat jelas suspensi independen di belakang, ground clearance tinggi dan overhang ekstra pendek. Sangat mencirikan Defender lawas yang memiliki sudut approach dan departure besar. Piawai dalam mengangkangi berbagai macam obstacle berat. Kabar lain menyebutkan, Defender menggunakan platform unibody PLA aluminium yang ringan. Struktur ini juga dipakai Land Rover Discovery.

Karena bertransformasi menjadi off-roader modern, Land Rover pastinya melengkapi Defender terbaru dengan sistem all-terrain mereka yang mutakhir. Pilihan mesin, ada jenis bensin atau diesel berasal dari lini Ingenium. Rumor tak kalah seru, bakal ada versi listrik yang membuat Defender jauh mengungguli lawan-lawannya dari sisi teknologi. (Odi/RS)

Baca juga: Land Rover Series 1 Versi Launching 1948 Mulai Direstorasi

Model Mobil Land Rover

  • Land Rover Discovery Sport
    Land Rover Discovery Sport
  • Land Rover Range Rover Evoque
    Land Rover Range Rover Evoque
  • Land Rover Discovery
    Land Rover Discovery
  • Land Rover Range Rover Velar
    Land Rover Range Rover Velar
  • Land Rover Range Rover
    Land Rover Range Rover
  • Land Rover Range Rover Sport
    Land Rover Range Rover Sport
Mobil Land Rover

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Land Rover Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Land Rover