• Wishlist

Hyundai Kenalkan i20 dan Starex di Ajang GIIAS 2016

Hyundai Kenalkan i20 dan Starex di Ajang GIIAS 2016

Jakarta: Hyundai sebagai salah satu dari merek asal Korea Selatan tak mau ketinggalan meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Hal ini ditunjukkan dengan partisipasi mereka mengikuti GIIAS 2016 dengan mengisi Hall 7C Indonesian Convention Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai, Tanggerang, Banten.


Pihak Hyundai pun sudah menyebut mereka akan meluncurkan City Car dan kendaraan komersial mereka. Ini jujur saja agak membingungkan karena kami tidak bisa memprediksi city car mana yang akan mereka bawa.


Justru kami sempat mendapatkan info bahwa Hyundai i20 yang sedang disiapkan untuk kembali ke pasar Indonesia, namun apakah Hyundai mendefinsikan hatchback B Segement ini sebagai city car? Entahlah. Karena itu, potensi paling besar model kendaraan tersebut yang akan meluncur adalah Hyundai i20 dan Starex terbaru.


i20 terbaru yang meluncur sejak 2015 belum dihadirkan di Indonesia hingga saat ini, padahal banyak negara di Eropa, Asia dan Amerika telah meluncurkannya untuk menguatkan posisi mereka di segmen City Car. Sama seperti model Hyundai generasi sekarang, desain i20 juga dikembangkan oleh tim Hyundai Eropa yang dipimpin langsung oleh Peter Schreyer, alumni tim desain Audi AG.


Menggunakan platform baru, i20 dirancang memiliki konstruksi bodi lebih besar dari sebelumnya. Wheelbase-nya dipanjangkan 45 mm menjadi 2.570 mm. Tujuan pemanjangan wheelbase ini ternyata bukan hanya untuk melapangkan ruang kabin, namun memperbaiki pengendalian i20 agar menjadi lebih tajam dan presisi.


Dimensi i20 dibandingkan sebelumnya menjadi lebih panjang, lebih lebar, namun lebih rendah. Panjangnya bertambah 40 mm menjadi 4.035 mm, dengan tinggi memendek 16 mm menjadi 1.474 mm. Sedangkan lebarnya ditingkatkan 24 mm menjadi 1.724 mm. Meski lebih besar, overhang mobil dipendekkan untuk membuat pengendaraan lebih dinamis dan lebih mengasyikkan bagi pengemudi.


Di sektor pendongkrak daya, i20 untuk pasar Indonesia nampaknya akan menggunakan mesin terbaru, yakni Kappa 1.4 liter bertenaga 100 PS. Mesin ini mungkin bukan yang terbesar dan paling bertenaga di segmennya, namun tak menutup kemungkinan jika Hyundai mencoba membuat i20 menjadi lebih efisien dengan memilih mesin ini. Tenaganya disalurkan lewat girboks manual 6-speed atau otomatis 4-percepatan.


Starex hadir di GIIAS2016


Model lain yang juga akan dirilis saat GIIAS adalah MPV Starex dari segmen kendaraan niaga atau komersial. Versi spesifikasi rendah dari H-1 ini seperti biasa akan dipasarkan untuk konsumen yang membutuhkannya sebagai kendaraan operasional seperti ambulans, travel, kurir, ataupun angkutan umum seperti taksi eksklusif.


Prediksi ini tak terlalu muluk karena H-1 terbaru juga sudah diluncurkan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, April lalu. Berbeda dengan H-1 yang dipasarkan dengan dua jenis mesin, bensin dan diesel. Unit Starex biasanya hanya dipasarkan dengan mesin diesel. Hal ini berlaku di Thailand yang sudah meniagakan Starex berbarengan dengan H-1 beberapa waktu lalu. Unit mesin diesel 2.5 CRDI-nya dilengkapi dengan turbo bergeometri variable (VGT).


Santa Fe diluncurkan di Jakarta


Selain model-model baru ini, PT Hyundai Mobil Indonesia selaku Agen Pemegang Merek Hyundai di Tanah Air biasanya akan menyajikan ragam promo paket harga menarik juga program kepemilikan yang bisa membuat pengunjung GIIAS terhibur, plus tentu saja jajaran mobil Hyundai lainnya.


Untuk berita selengkapnya tentang Hyundai Indonesia dan GIIAS, ikuti terus OTO.com.


Baca Juga: H-1 Facelift diperkenalkan di Kemayoran


foto : Hyundai Thailand, Newspress UK