Ferrari Portofino M, Girboks Baru dan Mesin Lebih Bertenaga

Ferrari Portofino M, Girboks Baru dan Mesin Lebih Bertenaga

Tiga tahun setelah beredar, Ferrari Portofino mendapat penyegaran untuk pertama kalinya. Dibalut paket lebih sporty dan menyenangkan, lalu mendapat imbuhan M di namanya. sejumlah upgrade dan pembaruan dibawa untuk model convertible grand tourer Ferrari ini.

Nama Portofino M mengambil formula yang sama seperti 575 M, nyaris dua puluh tahun lalu. M dari Portofino M berasal dari singkatan Modificata, menegaskan ada sejumlah modifikasi yang diterapkan pada versi lanjutan ini. Lewat versi baru ini, secara bersamaan Portofino versi standar langsung digantikan dan tidak akan dijual lagi.

Seperti terlihat melalui spy shot, ubahan visual Portofino M terjadi lewat styling fascia depan yang lebih sporty dan agresif. Spoiler depan mendapat intake lebih besar di bagian samping, demi memberi udara pasokan pendingin. Bagian grille tampak masih sama, dengan sentuhan elemen alumunium yang memberi aksen kontras.

Ferrari_PortofinoM-body-photo-1

Ada ventilasi tambahan di dekat roda bagian atas, yang diklaim untuk mengurangi drag atau daya hambat udara keseluruhan. Bagian samping masih memiliki tampilan yang bisa dibilang sama saja. Namun di belakang, sistem knalpot baru kini tidak lagi memakai silencer. Sehingga saluran knalpot lebih kompak dan membuat fascia belakang lebih streamline.

Desain buritan dibuat lebih senada dengan tampilan anyar fasad, demi meningkatkan nilai estetika. Sementara Ferrari kini menyediakan opsi pelek berdesain baru, salah satunya model palang lima dengan diamond-finish.

Baca Juga: Ferrari Enzo Laku Rp 37 miliar, Catat Rekor Mobil Termahal dalam Lelang Online

Minimnya ubahan pada eksterior ternyata juga diterapkan bagian interior. Ferrari nyaris tidak mengubah apapun pada kabin Portofino M. Hanya kombinasi warna baru untuk trim pelapis interior yang hadir pada mobil ini. Sebelumnya sempat diprediksi kabin akan mengadopsi gaya seperti Ferrari Roma, namun nyatanya bukan. Layout dashboard dan rangkaian tombol di kabin masih sepenuhnya sama.

Ferrari_PortofinoM-body-photo-2

Meski minim ubahan visual, sang Kuda Jingkrak memberi peningkatan pada sisi performa. Mesin V8 3,9 liter twin-turbo di balik bonnet kini meningkat tenaganya menjadi 612 hp dan torsi 760 Nm. Angka sama seperti Roma. Mesin berkonfigurasi flat-plane crankshaft ini mendapat lonjakan tenaga sebesar 20 hp.

Selain enjin, peningkatan performa datang pula dari sisi handling. Portofino M sudah dibekali Side Slip Control (SSC) generasi ke-6, yang terintegrasi dengan E-Diff, F1-TCS, SCM-E Frs magnetorheological dampers, serta Ferarri Dynamic Enchancer (FDE). Semua itu dihadirkan demi mempertajam handling dan kestabilan Portofino M saat dipacu lebih kencang.

Ferrari masih menyediakan ragam opsi fitur pendukung pengemudi, termasuk advance driver assistance systems (ADAS) yang telah ditingkatkan. Jok ventilated dan heated juga masuk dalam fitur yang bisa dipilih terpisah dari standar.

Ferrari_PortofinoM-body-photo-3

Portofino M ditawarkan dengan harga mulai € 206.000 atau setara dengan Rp 3,598 miliar, yaitu lebih mahal sektiar Rp 419 juta dari Portofino sebelumnya. Ferrari akan memulai distribusi unit Portofino M pada pertengahan tahun 2021 mendatang. (Why/Odi)

Sumber: Ferrari, Carscoops

Baca Juga: Ferrari GTC4Lusso Menghadap Ajal, SUV Purosangue Melanjutkan Nilai Supercar Praktis

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store