Ferrari Omologata, Ketika 812 Superfast Berganti Gaya GT Klasik

Ferrari Omologata, Ketika 812 Superfast Berganti Gaya GT Klasik

Grand tourer V12 Ferrari masih sangat populer di kalangan para fanatiknya di dunia. Lewat 812 Superfast, Ferrari juga ingin mempertahankan warisan mesin V12 terganas sepanjang sejarah mereka. Saking istimewanya, ada saja yang meminta 812 dibuat menjadi lebih spesial lagi. 

Seperti kreasi terbaru yang diperkenalkan melalui Ferrari Omologata. Model custom made dibuat sebagai pesanan khusus seorang konsumen yang disebut berada di Eropa. 812 Superfast yang modern dan agresif diubah menjadi bertampang klasik dengan garis body lebih elegan. Disebut terinspirasi dari mobil balap GT Ferrari pada era klasik.

Mayoritas komponen dari 812 Superfast bawaan pabrik telah diubah dan dirombak untuk memenuhi keinginan sang konsumen. Disebutkan hanya kaca depan (windshield) dan lampu depan yang dipertahankan. Menurut Timeline, ini adalah model one-off ke-10 yang Ferrari buat dari basis model V12, sejak 2009.

Ferrari Omologata

Warna merah khas Kuda Jingkrak tetap diandalkan sebagai identitas Omologata, namun dengan tone khusus bernama Rosso Magma. Keseluruhan eksterior mengadopsi body kit baru hasil kustomisasi Ferrari. Dari depan, bisa ditemui grille oval besar yang dirancang lebih rata. Bagian moncong meruncing untuk menambah air intake dan splitter serat karbon.

Baca Juga: Ferrari Portofino M, Girboks Baru dan Mesin Lebih Bertenaga

Fender roda depan menjadi lebih membulat untuk menciptakan kesan berotot. Omologata mendapat sentuhan livery minimalis berupa striping hitam yang terkesan transparan, serta nomor 7 terpasang pada bagian pintu. Wujudnya seolah menyamai mobil klasik homologasi khusus yang kerap dilabeli GTO (Gran Turismo Omologato).

Penampilan paling dramatis adalah kaca belakang yang menjadi tiga potongan horizontal, ala louvre. Sentuhan agresif serupa seperti pernah dimiliki mobil-mobil balap turing klasik. Karakter agresif pada buritan masih disuguhkan diffuser besar dan spoiler belakang yang melebar dibanding 812 standar.

Pada interior tidak terjadi ubahan total, melainkan hanya permainan material dengan kualitas lebih premium. Ferrari bermain pada detail trim di kabin Omologata, seperti jok tampil berwarna biru, lewat paduan material kulit dan kain Jeans Aunde. Jok pun dilengkapi harness 4 titik ala mobil balap. Dari dashboard sampai dengan konsol didominasi oleh trim berwarna hitam.

Ferrari Omologata

Kesan klasik dari mobil GT lawas turut hadir di kabin. Dashboard aksen material logam, juga menyentuh setir. Panel logam ini dilabur cat dengan efek berderak, identik GT era 1950 - 1960an. Begitu juga cam cover pada mesin. Masih ada sentuhan klasik diberikan, yaitu efek cat kasar pada handle pintu, mengingatkan pada 250 LM dan 250 LM.

Baca Juga: Ferrari GTC4Lusso Menghadap Ajal, SUV Purosangue Melanjutkan Nilai Supercar Praktis

Tidak ada informasi tertulis soal mesin V12 6,5 liter naturally-aspirated bawaan 812. Tampaknya tidak terjadi ubahan pada mesin bertenaga 800 hp dan torsi 718 Nm. Mungkin output paling buas dianggap sudah cukup untuk Omologata. Akselerasi 0-100 kpj dalam 2,9 detik, sebelum menyentuh top speed 340 kpj.

Kabarnya, Omologata butuh waktu dua tahun untuk dikembangkan dan dibuat oleh Ferrari. Rancangannya mengambil sejumlah referensi dari sejarah balapan, arsitektur modern, sampai sci-fi, demi menghasilkan desain yang timeless. Bahkan untuk warna cat Rosso Magma diperlukan tiga lapis cat untuk melabur panel body serat karbon gelapnya.

Tentunya harga tidak disebutkan oleh pihak Ferrari untuk kreasi coachbuilt berbasis 812 ini. Karena unitnya saja hanya dibuat 1 unit, untuk sang konsumen spesial. (Why/Odi)

Sumber: Carscoops

Baca Juga: Karoseri Touring Superleggera Rilis Aero 3, Modifikasi Ferrari F12 Berlinetta Bergaya Retro

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store