Daihatsu Pertahankan Posisi Nomor Dua di Pasar Otomotif Nasional

Daihatsu Pertahankan Posisi Nomor Dua di Pasar Otomotif Nasional

Pabrikan otomotif Daihatsu melaporkan capaian penjualan pada Mei 2022 lalu. Tren kenaikan masih dirasakan oleh pasar dengan meraih penjualan ritel sekitar 381 ribu unit atau naik 18,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu di angka 322 ribu unit.

KEY TAKEAWAYS

  • Daihatsu laporkan hasil penjualan Mei 2022

    penjualan ritel sekitar 381 ribu unit
  • Model paling laris Daihatsu

    Dipimpin oleh Sigra, kemudian Gran Max pick up dan Xenia
  • Daihatsu sendiri masih tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional. Raihan penjualan ritel hingga Mei 2022 tercatat sebanyak 73 ribu unit atau naik 34,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Merek yang bersaudara dengan Toyota ini juga merasakan kenaikan market share sebesar 2,3 persen menjadi 19,3 persen dibandingkan year to date Mei 2021 sebesar 17 persen. Ini membuat kenaikan persentase Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.

    “Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan penjualan lima bulanan dengan raihan positif yang terus mendekati level normal seperti sebelum pandemi. Semoga capaian baik ini, serta penurunan Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional,” ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam keterangannya.

    penjualan daihatsu

    Baca juga: Ini Rincian Angsuran Daihatsu Sirion Terbaru, Cicilan Rp3 jutaan

    Soal produk terlarisnya, lagi-lagi disumbangkan oleh tiga top model Daihatsu yakni Sigra, Gran Max pick up dan Xenia. Catatan retail sales Januari sampai Mei 2022 untuk Sigra di angka 18.069 unit atau berkontribusi sekitar 24,5 persen dari total penjualan. Catatan wholesales Sigra ada di angka 15.840 unit atau berkontribusi 21,6 persen.

    Model Gran Max Pick Up ada di angka 16.954 unit atau berkontribusi sebesar 23 persen pada catatan retail. Catatan wholesalesnya ada di angka 17.609 unit atau berkontribusi sebesar 24 persen.

    Xenia berhasil terjual sebanyak 9.910 unit atau sekitar 13,4 persen dari total keseluruhan retail sales Daihatsu. Catatan wholesalenya ada di angka 11.239 unit atau berkontribusi sebesar 15,3 persen.

    Daihatsu Terios

    Model terlaris lainnya antara lain Terios yang mencatatkan angka penjualan retail sebesar 8.302 unit atau berkontribusi sebesar 11,3 persen. Catatan wholesale LSUV itu ada di angka 11.524 unit atau berkontribusi sebesar 15,7 persen.

    Beranjak ke model LCGC Ayla yang memperoleh catatan penjualan retail sebesar 7.932 unit atau berkontribusi 10,8 persen. Pencapaian wholesale di waktu yang sama ada di angka 6.782 unit atau berkontribusi sebesar 9,2 persen.

    Model Gran max mini bus menyusul dengan capaian penjualan 6.168 unit atau berkontribusi 8,4 persen. Capaian wholesalenya ada di angka 5.904 unit atau sekitar 8 persen dari total keseluruhan.

    Daihatsu Rocky

    Model Rocky mendapatkan catatan retail sebesar 4.980 unit atau sebesar 6,8 persen. Catatan wholesalenya sebesar 3.216 unit atau sebesar 4,4 persen. Model Luxio dan Sirion ada di posisi terakhir dengan capaian retail 1.396 unit atau sebesar 1,9 persen. Wholesalenya ada di angka 1.304 unit atau sebesar 1,8 persen.

    Terbaru, Daihatsu baru saja memperkenalkan pembaruan untuk model Sirion. Harapannya ini dapat meningkatkan capaian penjualan di bulan berikutnya terutama untuk segmen hatchback mungil di Indonesia. (Sta/Tom)

    Baca juga: Daihatsu Sirion Terbaru Meluncur, Transmisi CVT dan Fitur Lebih Canggih, Harga Mulai Rp227,6 Juta

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature