Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 Selesai Dihelat, Ini Daftar Para Pemenangnya

Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 Selesai Dihelat, Ini Daftar Para Pemenangnya

Memasuki tahun kelimanya, gelaran penghargaan Carvaganza Editors' Choice kali ini berhasil dilaksanakan. Setelah melalui proses seleksi selama hampir 4 bulan. Terjaring 14 pemenang dari beragam kategori yang sudah ditentukan. Semuanya merupakan mobil terbaik pilihan redaksi.

Jumlah pemenang itu dipilih dari total 120 mobil yang masuk nominasi. Ya, 120 mobil yang merupakan unit segar atau gres sepanjang 2020 hingga sebelum seleksi dimulai pada 2021.  Munawar Chalil, Publisher and Group Editor-in-Chief OTO Media Group mengatakan, penyelenggaraan Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive merupakan bagian dari OTO Media Group memberikan apresiasi kepada para pelaku industri di dalam menghasilkan produk-produk berkualitas kepada konsumen kendaraan di Indonesia.

"Kami menyelenggarakan penghargaan Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive sebagai bagian dari peranan kami terhadap industri otomotif nasional dan merupakan bagian dari peran kami sebagai media massa roda empat dan roda dua membagikan apresiasi itu kepada para pembaca kami," ujar Munawar Chalil dalam keterangan resmi (5/8).

Sedari awal diselenggarakan pada 2016 hingga 2019, kendaraan yang melalui proses seleksi adalah mobil-mobil yang sudah dicoba selama kurun setahun. Dari Mei hingga bulan yang sama di tahun berikutnya. Baik dalam kesempatan media drive maupun sesi test drive yang  dilakukan sendiri. Selama kurun tersebut, jumlah mobil yang berhasil diuji bisa mencapai lebih dari 80 unit. Dtang dari ragam merek, tipe, segmen maupun harga. Baik kelas LCGC sampai premium, semuanya masuk tahap pengujian.

pemenang CEC award 2021

Tentu ada yang berbeda pada gelaran kali ini. Proses penyeleksian pada Carvaganza Editors’ Choice Awards (CEC) 2021 powered by Intersport Automotive harus beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, khususnya Indonesia. Keterbatasan ruang gerak awak redaksi OTO Media Group (Oto.com, Zigwheels.co.id, Carvaganza.com), jumlah pengujian kendaraan pun berkurang signifikan. Begitu juga dengan pengujian media drive yang biasanya diselenggarakan oleh pihak Agen Pemegang Merek (APM) atau pabrikan. Padahal mobil baru yang diluncurkan secara virtual cukup banyak. Efek lainnya, Carvaganza.com terpaksa meniadakan penghargaan CEC pada 2020.

Lagi, semua harus beradaptasi. Keputusan untuk mengubah sedikit metode penyeleksian Carvaganza Editors’s Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive. Mobil yang masuk dalam proses penyaringan tidak terbatas pada yang sudah pernah dicoba oleh tim saja. Melainkan juga mobil yang diluncurkan di Indonesia dalam kurun waktu yang ditetapkan yakni dari Januari 2020 sampai dengan Mei 2021.

Pemberian kategori penghargaan pun turut berubah. Pada empat penyelenggaraan CEC sebelumnya, favoritisme jurnalis dalam memilih mobil cukup menonjol. Namun untuk 2021 poin penilaian ditambahkan, berikut kategori dan penghargaannya. Hal baru tersebut untuk mempertinggi bobot penghargaan sehingga tidak melulu menonjolkan aspek favoritisme semata.

Lebih dari 40 Mobil

Proses penyeleksian ketat dijalankan. Kemudian menyisakan lebih dari 40 mobil untuk dijadikan nominasi dengan beragam model dan segmen. Mulai dari SUV/crossover, MPV, sedan sampai double cabin (D-cab). Kendaraan-kendaraan tersebut diukur berdasarkan parameter yang telah ditetapkan sehingga memudahkan tim untuk memberikan penilaian.

Hasilnya, terdapat 14 kategori penghargaan yang Carvaganza.com berikan. Yaitu Best All-Rounder Award, Best Design Award, Best Driving Experiences Award, Best Electric Car Award, Best Engineering Excellence Award, Best Features Award, Best Functionality Award, Best Hybrid Car Award, Best Innovation Award, Best Luxury Car Award, Best Newcomer Award, Best Product Development, Best Sports Car Award dan Best Carvaganza Editors’ Choice Award.

Setelah mendapatkan nominasi dan kategori, barulah disaring lagi untuk menentukan juara tiap kategori. Dari hasil penyeleksian ketat di tahap final, terdapat 14 mobil yang menjadi pemenang penghargaan ajang Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive, yaitu:

  1. Best All-Rounder Award : Mitsubishi New Pajero Sport
  2. Best Design Award: Hyundai The All-New Palisade
  3. Best Driving Experiences Award: Honda City Hatchback RS
  4. Best Electric Car Award: Hyundai IONIQ Electric
  5. Best Engineering Excellence Award: All-New Nissan Kicks e-POWER
  6. Best Features Award: Kia Seltos
  7. Best Functionality Award: Suzuki XL7
  8. Best Hybrid Car Award: Toyota Corolla Cross Hybrid
  9. Best Innovation Award: Wuling Almaz RS
  10. Best Luxury Car Award: Porsche Cayenne Coup
  11. Best Newcomer Award: Daihatsu Rocky
  12. Best Product Development Award: Mazda CX-3 SPORT 1.5L
  13. Best Sports Car Award: Toyota GR Supra
  14. Best Carvaganza Editors Choice Award: Hyundai The All-New Palisade

Hyundai Palisade

Hyundai The All-New Palisade berhasil menyabet dua penghargaan. Yakni sebagai Best Design Award dan penghargaan tertinggi Best Carvaganza Editors Choice Awards 2021. Untuk mendapatkan penghargaan terbaik itu, seleksi harus dilakukan lagi terhadap para pemenang kategori dan menimbang semua kelebihan setiap mobil. Hasilnya, nama Hyundai The All-New Palisade sebagai kendaraan yang layak mendapatkan Best Carvaganza Editors’ Choice 2021. (OTO)

Baca juga: New York Auto Show Batal Dihelat Lagi Akibat Virus Covid-19 Varian Delta

Coronavirus

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil