Cara Toyota Cegah Pemalsuan Pelumas TMO

Cara Toyota Cegah Pemalsuan Pelumas TMO

Masalah oli palsu sudah lama mengintai pemilik kendaraan. Sekali terjebak dengan kualitas pelumas abal-abal, dipastikan mesin kendaraan kesayangan menjadi korban.

KEY TAKEAWAYS

  • Oli Toyota TMO

    Toyota Astra Motor memberikan pembaruan TMO QR Code Anticounterfeit
  • PT Toyota Astra Motor (TAM) memahami rasa aman dan kepastian untuk para konsumennya terlindung dari pelumas palsu. Terbaru, TAM memberikan pembaruan pada produk TMO yang merupakan genuine oil yang dikeluarkan untuk merek Toyota di Indonesia. Seluruh spesifikasi TMO ditentukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang dan disesuaikan dengan standar global.

    TAM memberikan TMO QR Code Anticounterfeit, pelanggan bisa dengan mudah mengecek sendiri keaslian pelumas dari Toyota tersebut. Hadirnya fitur ini jelas menjadi penerang dan penghilang kecemasan dari serbuan pelumas palsu di pasaran. Konsumen juga perlu waspada apabila kondisi kemasan pelumas sudah tidak baik seperti retak, rusak, kasar dan finishing kurang rapih.

    Pengamanan ini sebagai langkah penting. TAM melaporkan, tahun lalu produk TMO mencatatkan total penjualan lebih dari 1,4 juta liter. Angka ini naik 23,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Toyota TMO

    Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan oli palsu merugikan konsumen karena merusak mesin seperti muncul endapan, perlindungan panas tidak optimal, dan lain-lain. Ujungnya akan berpengaruh pada keselamatan penggunaan kendaraan.

    Baca juga: GR Zone Sapa Penggemar Toyota Gazoo Racing di Jakarta

    "Kami mengimbau pelanggan Toyota waspada terhadadp peredaran oli TMO palsu. Adanya fitur TMO QR Code Anticounterfeit, pelanggan bisa mengecek keaslian oli TMO sehingga mereka akan merasa semakin aman dan terjamin. Ini bentuk komitmen kuat kami dalam memberikan total ownership experience dan piece of mind kepada pelanggan," ucap Anton dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

    Konsumen dapat menemui fitur QR Code pada produk TMO yang dijual di seluruh jaringan resmi Toyota di seluruh Indonesia. Termasuk jaringan di luar Toyota seperti toko sparepart.

    Cara Pengecekan

    Konsumen cukup mengarahkan telepon genggam untuk melakukan scan QR Code yang terdapat di sil aluminium tutup botol TMO. Ada tiga informasi yang didapat lewat fitur ini yakni informasi mendapatkan produk asli serta informasi produk telah di scan sebanyak satu kali yang berarti terdapat potensi pemalsuan. Terakhir, kemungkinan informasi produk tidak dikenali yang artinya ini merupakan produk palsu.

    Toyota TMO

    Toyota juga menyarankan metode 4C untuk mengecek keaslian TMO. Ini terdiri dari Congkel, Cabut, Copot dan Cek. Intinya, konsumen harus merusak kemasan tutup botol TMO dan turut berkontribusi mengurangi peredaran produk palsu yang menggunakan kemasan bekas.

    Metodenya terdiri dari, congkel segel tutup botol TMO dengan obeng kecil, cabut penutup plastik tutup botol TMO, copot kepingan kertas pelindung sil aluminium TMO dan cek kode QR yang tercetak di sil aluminium tutup botol tersebut.

    Setelah memindai QR Code, konsumen akan diarahkan ke laman tmo.toyota.astra.co.id. Jika mendapatkan informasi bahwa konsumen memindai untuk pertama kali, artinya oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.

    TMO termasuk dalam program T-Care yang diberikan Toyota untuk perawatan berkala. Pelanggan mendapatkan bebas biaya jasa dan bebas biaya suku cadang hingga servis berkala ke-7 atau maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer. Jika rutin servis setiap enam bulan, konsumen mendapatkan extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 kilometer hingga total warranty Toyota menjadi 4 tahun atau 120.000 kilometer.

    Jenis oli TMO
    Synthetic
    Bensin : TMO 10W-40SN
    Diesel : TMO 15W-40 CI-4

    Full Synthethic
    Bensin : TMO LITE 0W-20 SN GF-5
    TMO 5W-30 SN GF-5
    TMO 0W-20 SN GF-5
    TMO 0W-16 SN GF-5
    Diesel : TMO 5W-30 ACEA

    (STA/TOM)

    Baca juga: Modifikasi Keren Toyota Sprinter Trueno AE86 Hachiroku Dikonversi ke Listrik

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature