Bocoran Roadster Hasil Kerjasama BMW-Toyota

Bocoran Roadster Hasil Kerjasama BMW-Toyota
Gambar
Review Pengguna

BMW akhirnya memberi sedikit bocoran tentang mobil sport terbarunya. Informasi yang diberikan BMW, dalam gambar sketsa dan rencananya mereka tampilkan dalam ajang Pebble Beach Concours d’Elegance di California, Amerika Serikat.

Mobil ini, sepertinya, BMW Z4 atau Z5. Tapi beberapa kalangan mengatakan, mobil yang diperkenalkan BMW pertengahan Agustus mendatang, merupakan hasil kerjasamanya dengan Toyota. Ya, seperti diketahui, BMW dan Toyota, tengah melakukan kerja bareng dalam pengembangan mobil sport.

BMW Roadster Concept 2017

Meski hanya dalam wujud sketsa, namun dapat dilihat mobil baru BMW ini berwujud roadster. Lekukan bodi dan struktur desain, memperlihatkan mobil tak beratap dan memiliki lekuk sporty sekaligus futuristik. Kap mobil terlihat memiliki ukuran yang sangat panjang dengan kaca depan yang dibuat tajam, khas roadster sejati.

Terlihat pula adanya lengkungan roda dan spoiler di bagian belakang serta lampu ekor berdesain tajam. Meski sudah memberikan teaser, namun BMW hingga belum memberikan bocoran terkait spesifikasi mobil ini. Tapi bisa dipastikan, bagian dari jajaran Seri-Z yang dibuat menggunakan platform baru hasil pengembangan bersama Toyota.

Dalam dalam kabin, dari informasi yang didapat, desain kemudi mengadopsi tiga spoke dan sistem infotainment berukuran besar di bagian tengah dashboard. Untuk performanya, roadster BMW ini menggendong beberapa pilihan mesin, 2,0 liter TwinPower Turbo 4-silinder dan 3,0 liter TwinPower Turbo 6-silinder. Sementara tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 197 PS (145 kW) dan 320 Nm (236 lb-ft).

render Toyota Supra

Sebelumnya, di akhir tahun lalu, Toyota diketahui tengah melakukan uji coba mobil sport barunya di Sirkuit Nurburging, Jerman. Mobil ini juga diyakini merupakan hasil kerjasama yang dilakukan bersama BMW. Namun berbeda dengan BMW, mobil sport Toyota bukan berupa roadster.

Mobil sport Toyota, diperkirakan mengusung nama Supra. Saat melakukan uji coba, sports car anyar Toyota, ditutupi kamuflase sehingga tidak terlihat ujud aslinya. Yang terlihat hanya lampu belakang bulat dengan teknologi LED. Lekukan bodi yang membungkuk, memang mirip dengan lekukan FT-1, mobil konsep milik Toyota. Lainnya, semua tersamar di balik stiker kamuflase, agak sulit menerka seperti apa bentuknya kelak.

Kabarnya, kedua mobil segera mengaspal pada 2018. Sama seperti BMW, Toyota juga tidak memberikan informasi terkait mesin yang digunakan pada generasi baru Supra. Namun diberitakan Motor1, kalau mesin 6-silinder milik BMW yang digunakan pada kedua mobil ini. Jika tidak, bukan tidak mungkin ada mesin 4-silinder dengan imbuhan motor listrik di setiap roda (hybrid). Tapi mesin manapun yang terpasang, diperkirakan mobil ini memiliki tenaga antara 340 hp sampai 400 hp.

Baca juga: Toyota Bakal Lahirkan Merek Mobil Sport Baru?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store