• Wishlist

BMW X6 Mulai Merambah Kelas Ekslusif Ibu Kota

BMW X6 Mulai Merambah Kelas Ekslusif Ibu Kota

JAKARTA: Pada hari Rabu (20/05/2015), BMW Group Indonesia (BGI) menggelar babak kualifikasi BMW Golf Cup International 2015, di Royale Golf Club, Jakarta Timur. Total 144 pegolf amatir berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini. Namun, yang menjadi fokus utama bukanlah sebatas permainan golf belaka. Aroma komersial sangat kental dimana ada sosok mobil crossover mewah yang ditampilkan saat gelaran tersebut berlangsung, yakni All-New BMW X6. Meskipun belum diperkenalkan secara resmi di Indonesia, kehadiran BMW X6 dalam ajang Golf Cup tersebut cukup memberikan sinyal penting bagi penggemar BMW di tanah air.

Mobil yang mengawali debutnya di ajang Moscow Motor Show pada bulan Agustus 2014 silam, tampil lebih perkasa dengan beberapa penyegaran pada beberapa sektor. Gaya desain  SUV baru ini lebih bersifat evolusi, yang terlihat jelas dari siluet yang mirip dengan edisi sebelumnya, namun dibuat lebih tajam di bagian depan dan belakangnya. Struktur mobil pun semakin agresif dan lebih mewah. All-New BMW X6 memiliki dimensi yang lebih besar dari generasi pendahulunya, dengan rincian panjang 4.909 mm, lebar 1.989 mm, dan tinggi 1.702 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase lebih pendek, menjadi 1.933 mm. Tidak hanya berfitur aerodinamis, bagian sasisnya juga menggunakan material aluminium terbaru, sehingga membuat bobot mobil ini menjadi lebih ringan 10 kg dari model sebelumnya, yaitu berkisar di angka 2.065 kg.

Dalam kap SUV ini, dibenamkam dapur pacu yang menjamin performa handal dan kenikmatan dalam berkendara. X6 terbaru akan hadir dengan tiga pilihan mesin – satu mesin bensin dan dua mesin diesel. Ketiga varian mesin akan dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan serta didukung dengan sistem penggerak empat-roda BMW xDrive. Varian tertinggi xDrive50i, akan mengusung mesin bensin 4,4 liter V8 turbocharged yang mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 443 hp dan menembus 100 kpj hanya dalam waktu 4,8 detik. Sementara itu, dua varian lainnya akan menggunakan mesin diesel 3.0 liter twin-scroll turbocharger dan 3.0 liter enam silinder turbocharger. Masing-masing mesin dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 254 hp dan 376 hp dengan kecepatan puncak dibatasi 250 kpj. Akan tetapi, untuk pasar Indonesia, BGI hanya akan membawa X6 dengan mesin bensin. “Tidak seperti X5, kami tidak akan memasukkan All-New X6 bermesin diesel ke Indonesia, karena memang posisi dan segmennya beda dibandingkan dengan X5,” ujar Jodie O’tania, selaku Head of Corporate Communications Department BGI.

Baik dari segi jantung pacu maupun fasilitas dalam kabin, mobil SUV ini menawarkan kelincahan dan kenyamanan ekstra untuk penumpangnya. Bagasi belakang sangat luas sehingga dapat memberikan ruang kaki yang lebih besar untuk penumpang bagian belakang. Konfigurasi tempat duduk belakang juga diatur ulang menjadi 40/20/40. Selain itu, interior juga diperhias dengan desain dashboard terbaru, jok yang lebih berkontur, dan trim yang lebih mewah dengan berbagai fitur hiburan yang tidak kalah menarik.

Tidak heran apabila SUV ini mampu memikat hati para peserta, yang hampir sebagian besar berasal dari kalangan ekslusif. Bahkan, beberapa di antaranya sangat ‘terhipnotis’ dengan model terbaru X6 ini dengan langsung menanyakan harga. “Kami belum resmi meluncurkan dan menjual. Ini hanya perkenalan saja kepada konsumen BMW,” terang Jodie ketika diwawancarai media. Para pencinta BMW tentunya tidak perlu takut menunggu lama karena SUV X6 terbaru ini akan dirilis secara resmi pada awal Juni mendatang. Namun, untuk perihal harga, pihak BMW Indonesia belum dapat memastikan harga jual yang akan ditawarkan untuk mobil crossover andalan pabrikan asal Jerman ini.