Bentuk Asli Kia Rio Generasi Keempat Akhirnya Dimunculkan

Bentuk Asli Kia Rio Generasi Keempat Akhirnya Dimunculkan
Gambar
Review Pengguna

Setelah sempat memunculkan gambar sketsa All New Kia Rio, Kia Motors resmi menampilkan generasi terbaru Rio dalam bentuk aslinya. Hatchback yang cukup populer di Indonesia ini akan melakukan debut di hadapan publik di Paris Motor Show 2016, yang akan berlangsung akhir bulan ini.


Setelah cukup lama terintai sedang uji coba, akhirnya terlihat jelas bahwa mobil ini telah berganti generasi, dengan desain yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Evolusi terbaru dari Tiger Nose grille tampak hadir di bagian depan, dan terlihat lebih lebar. Grille tersebut diapit oleh sepasang headlight yang bentuknya tidak lagi membulat tapi lebih kaku.


Rio meluncur di Paris Motor Show 2016



Di dalamnya, terpasang lampu dengan proyektor dan DRL berbentuk U. Desain DRL ini berubah setelah sebelumnya, Rio menggunakan desain yang melebar di sisi bawah lampu utama. Desain paras ini membuat Rio generasi keempat terlihat lebih kaku dan tegas.


Desain bumper depan dengan airdam yang besar serta posisi lampu kabut yang diletakan di sisi luar bumper membuat tampilan mobil ini seperti lebar. Dan secara dimensi, Rio memang membesar. Menurut rilis yang kami terima, pesaing Honda Jazz tersebut kini memiliki lebar 1.725 mm, atau 5 mm lebih lebar.


Rio generasi 4 tampak samping



Selain itu, dengan bonnet dan overhang yang lebih panjang, Rio kini memiliki dimensi panjang 4.065 mm, atau 15 mm lebih panjang. Hal ini memberikan juga jarak sumbu roda (wheelbase) yang membesar yaitu 2.580 mm.


Meski melebar dan memanjang, namun dimensi tinggi ternyata dibuat lebih rendah yaitu 1.450 mm. Dengan dimensi seperti itu, jika dilihat dari samping, Rio seperti memiliki proporsi yang lebih baik, sekaligus terlihat sporty.


Rio akan mendebut di PAris


Sementara di bagian belakang, kesan tegas juga terlihat dengan garis desain yang terlihat jelas di atas logo. Lampu belakang juga memiliki desain yang sama sekali baru dengan imbuhan LED.


Interiornya mencerminkan desain khas Kia terbaru, dan agak mengingatkan pada dashboard Sportage, terutama untuk posri di depan penumpang. Desainnya tegak, dengan layar monitor multimedia terbaru yang terpasang seperti mengambang, mendominasi bagian tengah dashboard.


Interior Rio baru



Desain seperti ini memberikan kesan luas di kabin, dan tentunya akan memberikan efek psikologis yang positif untuk penghuni kabin. Selain itu, Kia membuat dashboard ini seergonomis mungkin dengan memiringkan konsol ke arah pengemudi, sehingga segalanya mudah dijangkau.


Saat ini, Rio akan tersedia dulu untuk pasar Eropa, yang produksinya akan dimulai pada akhir 2016. Pasar di belahan dunia lain akan diumumkan saat mobil ini meluncur di Paris nanti. Selain versi biasa, meski tidak ada pernyataan resmi, Kia diduga sedang mempersiapkan versi kencang dari mobil ini, dengan mesin turbocharged, yang dinamakan Rio GT.


Rio GT akan hadir


Baca Juga: Inilah PHEV pertama Kia


Foto: Kia, Carscoops

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store