jakarta-selatan

Perbandingan Yamaha FreeGo dan Soul GT

  • Nov 21, 2018
  • 695 Dilihat

Ketika diluncurkan, tak sedikit yang menganggap Yamaha FreeGo bakal mengisi posisi Soul GT. Apalagi, Soul GT terakhir mendapat penyegaran di Indonesia Motorcycle Show 2016. kala itu Yamaha Indonesia Motor Manufactur (YIMM) memberikan advance key system (AKS) dan stop start system (SSS) pada Soul GT.



Faktanya sejak awal Yamaha FreeGo meluncur, YIMM menyebut bahwa FreeGo merupakan produk baru dan tidak menggantikan model lain yang sudah ada. Melihat perbandingan spesifikasi dan detail, bisa jadi FreeGo bukan substitusi bagi Soul GT. Mari lihat perbedaannya.


Desain dan Dimensi


Segi desain, ada perbedaan mencolok antara FreeGo dan Soul GT. FreeGo lebih sederhana, minimalis tanpa banyak garis dan patahan tegas pada bodi. Tak cuma itu, striping juga absen pada FreeGo. Bisa disebut, desain itu terpengaruh dari lini Maxi. Sedang Soul GT sesuai zamannya, dengan pahatan tegas di bodi sebagai interpretasi nilai dinamis. Posisi lampu sein keduanya mirip, cuma milik FreeGo lebih kecil dan turun posisinya.



Dimensi FreeGo 1.905 x 690 x 1.100 mm (PxLxT). Soul GT punya ukuran 1.870 X 685 X 1.070 mm. Jarak sumbu roda keduanya juga berbeda, FreeGo 1.275 mm, Soul GT 1.260 mm. Artinya, FreeGo sedikit lebih bongsor dan panjang jarak antar poros rodanya. Meski begitu, tak terasa signifikan saat dikendarai. Keduanya masih tidak terlalu besar untuk rata-rata orang Indonesia. Bahkan untuk pengguna perempuan.


Yang menarik, ground clearance FreeGo dan Soul GT sama-sama berjarak 135 mm. Padahal FreeGo memakai roda lebih kecil, pelek 12 inci, berbanding Soul GT 14 inci. Jarak itu sama dengan yang ditawarkan Nmax, dirasa cukup untuk melintas berbagai kondisi jalanan Indonesia.


Fitur dan Kepraktisan


Posisi FreeGo di katalog Yamaha memang dibuat dengan fitur lebih kaya ketimbang Soul GT. Bagasi, misalnya, FreeGo jauh lebih besar. Kapasitas 25 liter sangat baik untuk sebuah bagasi skuter. Bisa diisi satu helm full face dengan masih menyisakan ruang ekstra. Bagasi Soul GT juga muat helm. Tapi sangat pas-pasan tanpa ruang lebih. Wajar, karena cuma 14 liter daya tampungnya.


Yamaha Freego di IMOS 2018


Yamaha Soul GT punya satu keunggulan dari FreeGo. Ada kompartemen di depan untuk menaruh barang kecil, seperti pada kebanyakan skutik. Pada FreeGo tidak ada. Karena ruangnya diisi corong pengisian bahan bakar. Padahal FreeGo punya elektrik power socket. Artinya, bisa mengisi daya smartphone. Tapi absennya kompartemen depan jadi tanda tanya. Mau diletakkan di mana smartphone yang sedang diisi dayanya? Paling mudah, menggantung tas atau kantong di gantungan depan dan smartphone Anda disimpan di dalamnya.


Keduanya sudah dibekali lampu depan LED, Stop Start System (SSS) dan rem dengan smart lock. FreeGo masih ditambah lampu hazard dan speedometer digital. Soul GT punya advance key system. Memakai remote untuk menandakan motor saat lupa posisi parkir dan bisa membuka tutup pengaman lubang kunci. FreeGo punya pilihan smartkey. Sistem keyless atau tanpa anak kunci yang lebih praktis dan aman.


Spesifikasi Mesin


Perbandingan menarik dari sektor performa. Bisa dibilang mesin keduanya sama, meski YIMM mengklaimnya berbeda. Memang ada perbedaan teknologi. Pada FreeGo disematkan Smart Motor Generator (SMG) untuk starter dan akselerasi awal lebih mulus. Sedang dari angka ternyata sama. Mesin BlueCore 125 cc berpendingin udara, dengan daya 9,5 PS pada 8.000 rpm. Beda lainnya, torsi. FreeGo 9,5 Nm dan Soul GT 9,6 Nm. Sangat tipis, tak signifikan.



Dengan itu, dan kapasitas tangki sama-sama 4,2 liter, konsumsi BBM keduanya tentu tak jauh berbeda. Apalagi sama-sama sudah punya SSS, yang bisa membantu menekan konsumsi BBM saat dipakai di perkotaan.


Untuk pengereman, baik FreeGo dan Soul GT memakai rem cakram di depan dan teromol di belakang. Hanya saja, FreeGo menawarkan pilihan rem ABS pada tipe termahal.


Harga dan Simpulan


Poin ini juga jadi bukti pembeda FreeGo dan Soul GT. Harga Yamaha FreeGo paling murah Rp 18,5 juta tanpa ada smartkey dan SSS. FreeGo S dengan dua ekstrafitur, dihargai Rp 19,7 juta. Paling mahal ada FreeGo S ABS yang dibanderol Rp 22,5 juta. HargSoul GT paling Rp 17,3 juta dan Rp 17,8 juta yang sudah dilengkapi SSS.


Sejak awal sudah ditentukan, posisi FreeGo lebih tinggi dari Soul GT. Itu bisa dinilai dari fitur dan harga yang ditawarkan buat FreeGo. Jadi tak perlu bingung memilih antara keduanya. Desain, fitur dan harga, semua jelas perbedaannya. Tinggal pilih sesuai preferensi dan selera. (Tom/Van)


Baca Juga: Mau Beli Yamaha FreeGo, Ketahui Cicilannya

Shares

Harga dan Promo Varian FreeGo

  • Standard | Rp18,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp1,9 Juta
    Angsuran Rp1,12 Juta
    Tenor 23 Months
    Lihat Promo
  • S | Rp19,7 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp2 Juta
    Angsuran Rp1,19 Juta
    Tenor 23 Months
    Lihat Promo
  • S ABS | Rp22,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp2,3 Juta
    Angsuran Rp1,35 Juta
    Tenor 23 Months
    Lihat Promo

Video Yamaha FreeGo

Lihat video terbaru Yamaha FreeGo untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi