Opsi Motor Bekas Irit Bajet, Bisa Didapatkan Mulai Rp 4 Jutaan

Opsi Motor Bekas Irit Bajet, Bisa Didapatkan Mulai Rp 4 Jutaan

Anda tengah mencari kendaraan tapi anggaran terbatas? Tak perlu khawatir. Okelah, Anda mungkin kesulitan membeli motor baru. Baik membayar tunai maupun mencicil. Namun bagaimana dengan Anda yang sulit mengumpulkan uang muka saja butuh waktu. Belum lagi tenor angsuran – jika mau nominal kecil – harus jangka panjang. Belum lagi ditambah bunga cicilan.

Saat ini, Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk wilayah DKI Jakarta di angka Rp 4,4 jutaan. Angka itu tentunya harus diatur sedemikian rupa untuk berbagai keperluan. Misalkan, Anda mampu menabung Rp 1 juta sebulan, maka dalam lima bulan motor-motor ini bisa dipinang secara kontan. Berikut daftarnya.

Honda Spacy 2011

Honda Spacy

Opsi paling menarik ialah Honda Spacy mulai keluaran 2011. Pastinya tidak bisa muluk-muluk. Hampir semua usianya sudah cukup tua. Alias di bawah tahun 2015. Namun tak berarti terlalu uzur. Secara spesifikasi dan kemampuan laju cukup relevan hingga sekarang. Bahkan cukup melegenda di masanya.

Wujudnya masih terlihat stylish. Agak gemuk ketimbang skutik di eranya, karena menawarkan daya tampung lebih. Mukanya pun unik, dengan lampu utama di area batok dan lampu sein diletakkan vertikal pada tebeng. Serta, tampilan belakang penuh berkat komposisi stoplamp besar.

Salah satu nilai jual ditawarkan ketika itu adalah bagasi besar. Volume bersihnya mencapai 18-liter, alias serupa Vario 125/150 masa kini. Karenanya sebuah helm half face bisa dengan mudah masuk. Tanpa pusing mengatur posisi. Praktis mengakomodir kebutuhan harian bukan?

Performa mesin juga terbilang cukup. Seperti skutik-skutik kebanyakan. Memangku dapur pacu 108 cc SOHC berjenis square, supaya mendapat tenaga di putaran merata. Catatan pabrik mengatakan, ia mampu menoreh daya 8,42 Hp di 8.000 rpm sementara torsi sebesar 8,03 Nm pada 6.000 rpm, dengan sistem suplai bensin karburator. Sangat cukup buat menarik bobot total 97 kg. Lebih menarik lagi daya tampung bahan bakar terbilang besar, sampai 5 liter.

Nah, yang perlu dicatat, membeli kendaraan bekas – apalagi berusia tua – perlu peremajaan lagi. Memang biasanya langsung bisa dipakai. Namun tidak dalam keadaan sehat sepenuhnya. Area CVT boleh dijadikan fokus pertama untuk penyegaran. Lanjut ke ruang mesin, serta pengapian serta kelistrikan. Baru mengarah ke kaki-kaki dan bodi. Maka dari itu baiknya sediakan dana Rp 1 juta – Rp 2 juta untuk mengembalikan ke kondisi gres.

Selain Spacy, sebetulnya ada juga tipe Honda lain dapat ditebus harga segitu. Dan tentu di angkatan yang sama, keluaran 2010 sampai 2015. Dari hasil filterisasi di platform jual beli online, Vario 110, Beat karburator, Scoopy generasi pertama, hingga Revo dijual dengan nilai sepantaran.

Harga Bekas Januari 2021: Rp 3,8 juta – Rp 5 juta

Baca juga: Pilihan Alternatif Motor Laki Selain All New Honda CBR150R

Yamaha Mio Soul GT

Yamaha Mio Soul GT

Paling memukau dari pabrikan logo garpu tala ialah Mio Soul GT. Secara usia, lebih muda dari Spacy. Karena baru lahir di 2012. Tampilannya juga tak kalah stylish. Skutik yang mengarah pada sportivitas serta maskulin ini rasanya masih cocok digunakan. Tak ketinggalan zaman. Ditambah, sistem suplai bensin sudah injeksi.

Desain Mio Soul GT serba berotot dan mengotak menuangkan nuansa sporty kental. Kaum pria tak perlu malu menjadikannya kendaraan harian. Tak terlihat feminim – paling tidak jika dibandingkan saudaranya – Mio J. Secara dimensi pun cukup besar. Nyaman buat digunakan berboncengan.

Yang juga membuatnya enak dipandang serta relevan dengan unsur modern, model lampu utama futuristik. Saat itu jarang pabrikan mengaplikasi model begini. Bentuk headlight kotak dan besar. Dipercantik cahaya di tepi lingkaran sorotan lampu utama. Seperti DRL di motor sekarang. Yamaha menyebutnya angel eyes.

Soal kapasitas bagasi memang tidak bisa mengalahkan Spacy. Cenderung kecil. Namun muat kalau untuk barang harian semacam pakaian, sepatu, hingga jas hujan. Sekadar cukup. Tangki bahan bakar pun sedikit di bawah Spacy, 4,8 liter.

Menariknya, sumber tenaga berasal dari mesin 113 cc SOHC berteknologi injeksi. Yamaha menajuk sistem ini dengan sebutan YMJET-FI. Alhasil, konsumsi bahan bakar lebih terjaga. Sekaligus memberikan suplai bensin lebih presisi ke ruang bakar.

Perihal output, memang sedikit lebih kecil dari Spacy. Daya maksimal terbatas sampai 7,64 Hp di 8.500 rpm, sementara torsi masih bersaing di 8,5 Nm pada 5.000 rpm. Namun tak perlu khawatir. Mestinya tak kekurangan sama sekali. Toh bobot maksimalnya hanya 93 kg. Alias hampir 4 kg lebih ringan dari Spacy.

Jika tak begitu tertarik dengan Soul GT, masih ada opsi lain. Yamaha Mio J juga dibanderol kurang lebih sama. Xeon, Jupiter, Mio generasi lama, hingga Vega R ada di rentang seupa. Tinggal sesuaikan saja dengan selera. Serta memilih mana kondisi paling bagus.

Harga Bekas Januari 2021: Rp 4,5 juta – Rp 5,5 juta

Baca juga: Komparasi Honda CBR150R Vs Yamaha R15 Vs Suzuki GSX-R 150

Suzuki Skywave 2009

Suzuki Skywave

Di antara mereka berdua, Suzuki Skywave mungkin paling senior. Kelahirannya mulai dari 2008 sampai 2010. Alias telah menginjak usia sepuluh tahun lebih. Biasanya memerlukan peremajaan lebih banyak dari opsi di atas. Tapi secara penampilan, kemampuan angkut, hingga performa mesin dan kaki-kaki rasanya perlu dipertimbangkan.

Joknya besar dan panjang. Ketimbang kompetitor sekelas, ia cukup nyaman diajak berboncengan. Malah ruang masih tersisa banyak. Tak perlu berdempetan. Hanya saja, area dek tidak rata. Skywave memiliki tulang di tengah, sehingga ruang kaki agak terhalang apalagi jika membawa barang besar.

Ruang akomodasi cukup spesial di sini. Selain ada saku kiri dan kanan untuk menyimpan sarung tangan. Di balik tempat duduk, volume bagasi mencapai 17,7 liter. Tak beda jauh dari Spacy. Helm half face tipe standar dipastikan masuk. Tatkala mau bawa barang semacam jas hujan, masih bisa dimuat tanpa susah mengatur.

Bicara tampilan, pun tak kalah menarik. Di masa itu pengaplikasian lampu split masih jarang, Dan Suzuki sudah menerapkannya sejak lama. Otomatis, muka terlihat sporty. Lantas yang juga unik, pelek palang memiliki diameter besar. Kalau rata-rata skutik mengenakan ban 14 inci, Skywave memakai ukuran 16 inci. Memang, pilihan ban jadi tak terlalu banyak. Hanya merek tertentu menyediakan.

Dikarenakan lahir lebih dulu, teknologi mesin belum secanggih Soul GT. Masih karburator. Tepatnya berpadu mesin 124 cc SOHC dengan pendingin udara, serta komposisi bore dan stroke hampir setara, alias square. Meski begitu, secara tenaga boleh dibilang paling besar. Total daya maksimal mencapai 9,6 Hp di 8.500 rpm dan torsi 9,8 Nm pada 6.000 rpm. Pas buat beratnya yang sampai 113 kg.

Yang perlu diperhatikan adalah soal after sales, Skywave sudah berhenti produksi cukup lama. Kesediaan spare part tak benar-benar banyak seperti merek lain. Meski tak nihil ditemukan. Dan komponen persamaan agak jarang. Lebih banyak genuine spare parts dari Suzuki. Serta berharga cukup tinggi.

Nah, selain Skywave, Anda pun masih bisa memilih model lain di jajaran Suzuki. Teman-teman satu basis itu adalah Spin, Hayate, sampai Skydrive. Ketiganya dibangun dari sasis dan mesin serupa. Begitu pula punya nilai jual mirip-mirip. Tinggal selera Anda saja.

Harga Bekas Januari 2021: Rp 3,5 juta – Rp 5,8 juta. (Hlm/Raju)

Baca juga: Nilai Lebih Honda Vario 125 Ketimbang Scoopy Baru