Maserati MC20: Persembahan untuk Sang Legenda Tanpa Gelar Juara Dunia, Stirling Moss

Maserati MC20: Persembahan untuk Sang Legenda Tanpa Gelar Juara Dunia, Stirling Moss

Bagi kalangan car enthusiast, nama Stirling Moss tidaklah asing. Pria kelahiran Inggris, September 1929 di masa jayanya dikenal sebagai pembalap sarat prestasi. Selama hidupnya Ia mengantongi 212 kemenangan dari 529 balapan yang diikuti. Mulai dari balapan single seater F1, turing sampai reli.

Salah satu mobil yang dikemudikan oleh Moss di ajang balapan Formula 1 adalah Maserati Eldorado, yang debut di Monza pada 1958 di kejuaraan Trofeo dei due Mondi. Bukan hanya Eldorado, hubungan Moss dengan pabrikan berlambang Trisula juga terjalin lewat model-model lainnya seperti Tipo 60 Birdcage, Tipo 61 dan 300 S.

Sir Striling Moss
Sir Striling Moss

Moss kini telah tiada. Ia telah mengembuskan napas terakhir 12 April lalu di kota kelahirannya, London, Inggris. Menutup usia 90 tahun, ia telah mengukir namanya di catatan sejarah sebagai salah satu pembalap F1 paling sukses tanpa gelar juara dunia. Karirnya diwarnai 66 start di F1, 16 kali di antaranya, kemenangan.

Salah satu puncak kejayaan Moss dengan Maserati adalah ketika Ia menjuarai balap F1 Monaco Grand Prix pada 13 Mei 1956. Maserati 250F jadi tunggangannya kala itu. Kemenangan itu juga punya nilai tersendiri bagi pabrikan. Moss memimpin balapan dari lap pertama sampai finish di lap 100. Kemenangan kian lengkap karena Jean Behra asal Prancis, yang juga mengendarai Maserati 250F menempati finish ketiga. Semasa hidup, almarhum pernah mengakui bahwa Maserati 250F adalah tunggangan favoritnya semasa balapan di F1.

Untuk mengenang almarhum Moss, pabrikan berlogo trisula menyiapkan prototipe super sportscar terbaru, Maserati MC20. Desain inspirasi yang digunakan diambil dari Maserati Eldorado, atau dikenal dengan nama pabrikan Maserati 420M/58.

Baca juga: Rolls-Royce Silver Ghost, Pembuktian Kualitas Tinggi Sejak Awal Perusahaan Terbentuk

Lewat prototipe MC20 dengan ‘signature’ Stirling Moss, Maserati ingin memberikan apresiasi kepada salah satu nama besar yang telah menorehkan namanya di motorsport. Kehadiran MC20 sangat penting bagi eksistensi pabrikan Modena. Bukan hanya menandai comeback pabrikan ke dunia motorsport, melainkan juga bakal menjadi mobil pertama yang mengadopsi mesin baru. Mesin ini 100 persen baru yang didesain, dikembangkan dan diproduksi oleh Maserati sendiri.

Maserati Eldorado 250F
Maserati Eldorado 250F

Dedikasi untuk Sir Stirling Moss memang penuh agenda. Maserati ingin mempertegas eksistensinya di dunia motorsport serta memperkuat niatan manufaktur memimpin balapan di sejumlah trek dunia setelah sukses dengan MC12.

MC20 diklaim sebagai calon punya layout mesin tengah dengan dua tempat duduk. Rencananya mobil ini bakal dirilis memulai debut bulan Mei 2020 sekarang. Tapi karena Corona, debut dimundurkan ke bulan September mendatang. Nah yang sekarang sedang hangat dibincangkan, mesin apa yang bakal digendong MC20? Menurut rumor, bakal ditenagai jantung mekanis baru V6 twin-turbo dengan tenaga mencapai 600 hp. Dikawinkan dengan transmisi otomatis dual-clutch. Spyshotnya sudah beredar sejak lama di ragam media online. Kalau saja Ia jadi dirilis Mei ini, Maserati MC20 bakal menjadi salah satu mobil terindah di dunia dan supercar yang paling ditunggu.

Kabarnya, selain mesin konvensional, ada kemungkinan unit hybrid yang dipadankan. Pabrikan kabarnya sudah mengembangkan misi ke arah pembuatan mesin listrik tapi belum dipastikan kapan akan dirilis. Jumlah produksi pun belum diketahui, apakah tetap limited edition seperti MC12 yang dibuat hanya 62 unit atau lebih dari itu?

Teaser Maserati MC20 Stirling Moss

Seperti apa sosok asli dan spesifikasinya? Ikuti terus OTO.com hingga wujud asli Maserati MC20 diungkap ke dunia. (Eka)

Baca juga: Sebelum Ada Tesla, Mercedes-Benz Sempat Punya Mobil Listrik 190E Elektro

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store