6 Nama Mobil Buatan Italia yang Punya Arti yang Aneh

6 Nama Mobil Buatan Italia yang Punya Arti yang Aneh

Apalah arti sebuah nama. Eits, pameo ini tidak bisa dilakukan bergitu saja, apalagi di industri kendaraan. Nama adalah salah satu pemikat konsumen. Nama punya arti dan makna dalam yang menggambarkan si produk. Bahkan nama bisa juga merupakan harapan. Jadi pemilihan nama tidak bisa sembarangan.

Banyak pabrikan yang menggunakan nomenklatur untuk memudahkan. Tapi sebagian lagi memilih nama. Urusan yang satu ini harus diakui nama-nama mobil Italia terdengar dan terbaca sangat sexy. Apalagi kalau diucapkan dengan aksen a la Italiano yang kental. Seolah menambah wibawa sang mobil.

Tapi kalau Anda paham apa artinya, bisa jadi ‘ilfil’. Kenapa? Coba simak beberapa arti nama mobil-mobil seksi Italia di bawah ini.

Maserati Quattroporte

Maserati Quattroporte

Inilah sedan yang jadi gebrakan Maserati untuk melawan sedan-sedan merek Jerman seperti Mercedes AMG atau BMW M dan keluarga Audi RS. Bentuknya keren karena mampu menampilkan kesan agresif yang menyuarakan performa mesin V8 di balik moncongnya. Belum lagi saat digas, suaranya sangat menggugah.

Pertama kali diperkenalkan pada 1963. Hingga kini ia sudah memiliki enam generasi. Edisi terbaru ada 7 varian dari versi standar dengan mesin 2.979cc twinturbocharged V6 hingga model Trofeo yang diperkuat 3.798cc twin-turbocharged V8. Membaca spesifikasinya saja sudah ngeri-ngeri sedap. Tapi kalau menerjemahkan nama Quattroporte yang terdengar aduhai itu, artinya sederhana : Four Doors atau Empat Pintu. Yes. Maserati Empat Pintu. Ini serius.

Baca juga: Deretan 12 Mobil Keren Edisi Khusus Ulang Tahun

Lancia Delta HF Integrale Evolutione

Lancia Delta HF Integrale Evolutione

Penyuka mobil rally retro pasti tahu seperti apa kemampuan mobil ini. Diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 1991. Lancia memperkenalkan Delta HF Integrale sebagai mobil versi jalan raya dengan gerak empat roda. Mesin empat silinder 2.0 liter, dilengkapi 16 katup dan imbuhan turbocharger bikinan Garrett. Tenaganya 210 hp plus torsi hingga 300 Nm yang disalurkan ke sistem AWD melalui transmisi 5-speed manual. Performa dan handling serta bentuk Delta Integrale Evolutione banyak dipuja.

Usianya memang tak lama, hanya 1991-1992. Ia digantikan Evoluzione II pada Juni 1993. Kembali ke soal nama. Delta mewakili keluarga model Delta (ada juga Sigma, Ypsilon dan lainnya). Integrale, kalau diterjemahkan ke bahasa Inggris, jadi tidak seksi sama sekali. Kenapa? Karena artinya whole grain. Alias Gandum. Lancia Delta HF Gandum. Nggak banget!

Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio

Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio

Harus diakui, meski tidak masuk ke Tanah Air, tapi mobil ini enak dilihat. Berdasarkan spesifikasi teknis dan pengakuan media luar, performa sedan bermesin V6 dengan penggerak roda belakang ini patut diacungi jempol. Mesin alumunium 2.9 liter V6 Bi-turbo yang terpasang di bawah kap mesinnya bisa menghasilkan tenaga 510 hp dan torsi 600 Nm. BMW M3 dan Mercedes-AMG C63 patut waspada. Giulia Quadrifoglio Muncul pertama kali tahun 2015 dengan desain khas sebuah Alfa Romeo.

Keasyikan performa dibarengi nama yang tidak kalah enak didengar. Terutama Giulia Quadrifoglio. Meski buat lidah kita orang Indonesia. Giulia sama dengan Julia dalam bahasa non-Italia. Bagaimana Quadrifoglio? Nah, kalau diartikan sama dengan Daun Semanggi. Alfa Romeo Julia Daun Semanggi. Aneh. Tapi jangan salah. Logo daun semanggi berdaun empat (katanya lambang keberuntungan) bisa ditemukan di beberapa mobil mereka, di bagian spatbor. Ini hanya cara Alfa Romeo menunjukan keseriusan mereka.

Baca juga: 5 Mobil Baru Honda yang Patut Dinanti Publik Indonesia pada 2021, Banyak Kejutan! 

Lamborghini Murcielago

Lamborghini Murcielago

Jujur, Murcielago adalah salah satu mobil kencang favorit kami. Mesin V12 dengan lolongan khasnya bikin jantung berdegup, sekaligus memancing adrenalin. Murcielago hadir dengan beban berat, meneruskan kejayaan Lamborghini Diablo dan model-model sebelumnya yang bermesin V12. Usianya lumayan lama, 9 tahun dari 2001 hingga 2010. Ia layak dibilang sukses sebelum diteruskan oleh Aventador yang lebih gila. Total diproduksi sebanyak 4.099 unit.

Ia lahir dari desainer Peru kelahiran Belgia, Luc Donkerwolke, yang mengepakai tim desain perusahaan itu pada 1998 hingg 2005. Kalau Anda pikir namanya datang dari banteng petarung, keliru. Nama Murcielago justru berarti kelelawar. Dan bentuk hewan itulah yang ditunjukan mobil saat sedang diam, dengan pintu gunting yang membuka ke atas. Lamborghini Kelelawar.

Alfa Romeo GTV

Alfa Romeo GTV

GTV adalah salah satu mobil sukses Alfa Romeo. Muncul antara 1994-2005, dibekali bentuk asyik hasil guratan Enrico Fumia dari rumah desain Pininfarina. Mobil ini sukses besar di Eropa dan punya beragam pilihan mesin. Dari 1,8 liter 4-cylinder hingga 3,2 liter V6 dan V6 turbo. Ukuran compact membuat lincah di perkotaan. Kepraktisan dan performa membuatnya mumpuni untuk perjalanan jarak jauh.

GTV adalah singkatan dari Gran Turismo Veloce. Gran Turismo mungkin Anda sudah paham. Mobil dengan nama itu biasanya enak untuk perjalanan jauh. Veloce? Artinya kencang atau ngebut. Oke lah, ya? Sesuai dengan fitrahnya untuk mobil jarak jauh yang kencang. Total 41.700 GTV diproduksi. Ia juga punya saudara model roadster yang diberi nama Alfa Romeo Spider.

Baca juga: 10 Mobil Keren yang Tampil di Sekuel Film Fast And Furious

Ferrari 488 Pista

Ferrari 488 Pista

488 adalah penerus kesuksesan Ferrari 458 Italia. Aslinya, dibekali mesin V8 dan jadi mobil pertama setelah F40, yang dibekali peranti turbocharger. Tidak sembarang turbo, tapi punya material yang juara yaitu TiAi (Titanium Aluminide) yang biasa digunakan untuk membuat turbin mesin jet pesawat. Khusus varian 488 Pista, ini adalah versi kencang 488. Mesin 3.9 liter twin turboharged V8 mampu menghasilkan 710 hp (standar 661 hp), dengan bobot lebih ringan berkat penggunaan carbon fiber di beberapa tempat.

Banyak perhargaan yang diraih model ini. The Supercar of The Year 2015 dan Best Driver's Car 2017 merupakan beberapa diantaranya. Nama Pista yang mengiringi sebetulnya cocok karena artinya Track, dalam bahasa Inggris. Asal jangan diubah lagi ke Bahasa Indonesia, yang artinya lintasan. Nama 'Ferrari 488 Lintasan' agak kurang cocok. Mending 488 Track. (Idr/Raju)

Sumber: www.drive.co.uk

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store