Ini 5 Mobil Paling Unik di Dunia yang Memiliki Tiga Roda

Ini 5 Mobil Paling Unik di Dunia yang Memiliki Tiga Roda

Di Indonesia kita mungkin kenal dengan bemo atau bajaj. Kedua kendaraan punya tampilan unik. Selain dari desainnya, bemo dan bajaj sangat terkenal karena penggunaan tiga rodanya. Tapi tak kendaraan penumpang umum yang menggunakan desain ini. Ternyata banyak juga kendaraan penumpang yang digunakan untuk pribadi.

Aneh? Bagi sebagian orang mungkin aneh. Padahal semua mobil yang diperbolehkan seliweran di jalan raya sudah memenuhi kaidah yang ditetapkan oleh setiap negara agar tidak membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain.

Nah, berikut adalah 5 mobil beroda tiga paling unik di dunia yang legal digunakan di jalan raya. Dikutip dari berbagai sumber:

Bond Bug

1. Bond Bug

Bukan, mobil ini sama sekali tak ada hubungannya dengan mobil spesial yang biasa dipakai agen rahasia 007, James Bond. Malah sudah pasti James Bond bakal malu menggunakan mobil beroda tiga dengan wujud aneh ini.

Bond Bug didesain oleh Tom Karen dari Ogle Design. Ia diproduksi oleh Reliant Company, salah satu produsen mobil beroda tiga terbesar di Inggris ketika itu. Mobil ini ditenagai mesin 700 cc yang mampu menembus kecepatan maksimal 122 kpj. Tak hanya wujudnya yang lucu, bagian pintu terbuat dari kanopi kemudian bisa diangkat, seperti atap. Tubuhnya mungil dengan dimensi (pxlxt) 2.794 x 1.397 x 1.270 mm.

Dari 2.268 unit Bond Bugs yang pernah diproduksi, sekarang hanya selamat sekitar 200 unit saja di seluruh dunia. Sayang mobil dengan bobot 394 kg ini usianya tak panjang, hanya 4 tahun dari 1970 hingga 1974.

Baca juga: New Toyota Kijang Innova Bensin atau Diesel, Mana yang Paling Menarik?

Peel P50

2. Peel P50

Kecil-kecil cabe rawit. Nah si mungil Peel P50 ini bukan mobil sembarangan. Ya, selain rodanya yang hanya tiga, mobil ini memegang Guinness World Record sebagai mobil terkecil yang pernah dibuat pada 2010. Bobotnya hanya sekitar 59 kg dan memiliki kapasitas satu tempat duduk untuk pengemudinya saja.

Percaya atau tidak, mobil ini masih diproduksi hingga kini. Pabrik pertamanya di Peel, Isle of Man. Itu makanya pertama kali keluar di 1962-1965, mobil ini mengambil nama kota tempat kelahirannya. Setelah lama vakum, pada 2011 mobil ini dihidupkan kembali. Sepasang pengusaha, Gary Hillman dan Faizal Khan mereka ulang mobil ini dan menjualnya dalam dua pilihan tenaga penggerak, mesin bensin dan motor elektris.

Mobil listrik Peel P50 dijual sekitar Rp 260 jutaan. Sementara versi bensinnya sedikit lebih mahal. Ia menggunakan mesin 50 cc yang bertenaga 3 hp. Meski kecil namun kecepatan maksimumnya diklaim sanggup mencapai 45 kpj. Nah mobil ini pernah dipakai Jeremu Clarkson di salah satu episode Top Gear pada 2008. Ketika itu ia mengemudikan mobil ini di dalam gedung BBC Television Center.

Iso Isetta

3. ISO Isetta

Italia juga tak mau ketinggalan dari Inggris. Bahkan, mungkin inilah mobil beroda tiga yang paling populer hingga kini. Tapi mungkin banyak yang mengenalnya sebagai mobil hasil produksi BMW. Sebetulnya, Isetta awalnya diciptakan oleh produsen mobil asal Italia, ISO paska Perang Dunia ke-II. Pintu lebar di bagian depan membuatnya popular ketika itu.

Selain desain dan kepraktisannya, mobil ini punya kelebihan lain yang membuatnya terkenal. ISO Iseta menjadi mobil pertama yang berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar 33,3 kpl. Hebat kan? Ia mengandalkan mesin 236cc 2-stroke. Panjang cuma 2.290 mm dan lebar 1.370 mm

Mobil mungil ini juga terkenal karena pernah berhasil menyelundupkan sembilan pelajar melewati tembok Berlin di tengah kemelut perpecahan Jerban Barat dan Jerman Timur di 1964. Sampai akhir hayatnya, hanya ada sekitar 160 ribu Iseta yang pernah diproduksi.

Baca juga: Opsi MPV Kasta Tinggi, Ambil New Toyota Innova V AT atau Wuling Cortez L CVT?

Reliant Robin

4. Reliant Robin

Mobil yang satu ini tak kalah populernya. Tetapi popularitas mobil ini lebih banyak dipandang secara negatif. Bahkan orang Inggris menyebutnya sebagai ‘Plastic Pig’ alias babi plastik. Alasannya apalagi kalau bukan karena bentuknya yang mirip hewan yang haram dimakan bagi pemeluk agama Islam itu.

Walaupun begitu, mobil ini memiliki tempat tersendiri di sejarah di industri otomotif Inggris. Reliant Robin menjadi mobil terlaris yang bodinya terbuat dari bahan fiberglass. Saking larisnya, mobil ini terus dipasarkan selama lebih dari tiga dekade dan ditawarkan dalam beberapa ragam versi.

Mobil memiliki tiga roda yang tenaganya disuplay oleh mesin berkapasitas 748 cc dengan ttansmisi manual 4-speed. Kecepatan maksimumnya bisa mencapai 136 kpj dengan kemampuan akselerasi 0-100 kpj secepat 14 detik. Catatan konsumsi BBM-nya diklaim sanggup menembus 25,5 kpl.

Messerschmitt KR200

5. Messerschmitt KR200

Kalau BMW Isetta justru diciptakan oleh brand asal Italia. Nah mobil ini diciptakan oleh tangan dingin para insinyur Jerman asli. Messerschimtt KR200 adalah mobil beroda tiga hasil karya seorang desainer pesawat, Fritz Fend.

Menariknya, mobil ini tak hanya mampu menampung satu orang. Kabinnya yang mungil itu bisa memuat dua orang, satu pengemudi dan seorang penumpang yang duduk tepat di belakang kursi pengemudi. Mau tahu nama aslinya? Kabinenroller alis kabin scooter.

Hebatnya lagi, ketika itu Messerschmitt KR200 pernah tercatat sebagai mobil beroda tiga paling kencang dengan kecepatan maksimal 103 kpj. Sebanyak 40.000 unit mobil ini berhasil diproduksi dan dipasarkan sejak 1955 sampai 1964. (Rzk/Raju)

Baca juga: Sedang Cari Hatchback Irit Bensin, Ambil Honda Brio RS atau Satya E CVT?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store