Berandai-andai Mobil Populer Tahun 1990-an Kalau Dihidupkan Kembali Menjadi Mobil Listrik

Berandai-andai Mobil Populer Tahun 1990-an Kalau Dihidupkan Kembali Menjadi Mobil Listrik

Mobil listrik di pasar mobil nasional mulai populer. Kehadirannya selalu menyita perhatian publik, sebut saja misalnya Hyundai Iioniq Electric, Kona Electric atau pun Lexus UX 300e.

Sekarang bagaimana jadinya kalau teknologi kekinian itu dikombinasikan dengan desain kendaraan masa lalu. Soalnya kita berkaca pada kehadiran mobil listrik VW ID. Buzz yang mirip dengan VW Kombi atau dikenal juga dengan sebutan VW Bus. Kendaraan ini menjadi mobil komersial VW dengan rentang produksi sangat panjang sampai 70 tahun. Selain VW, tercatat pula nama Ford yang merilis performance car listrik dengan nama Mustang Mach-E.

Para produsen mobil menyadari bahwa konsumen mereka yang ada hari ini kebanyakan juga adalah orang-orang yang hidup di era 1970-an, 1980-an dan 1990-an. Merekalah yang memiliki daya beli dan tumbuh bersama kendaraan-kendaraan di masa itu. Makanya dirilislah mobil listrik yang sarat dengan masa lalu alias istilahnya heavy culture, namun tidak menghilangkan nilai-nilai kekinian.

Kalau nanti budaya mobil listrik sudah menguat di sini, tak ada salahnya kami berandai-andai beberapa mobil internal combustion engine (ICE) populer di Indonesia pada era 1990-an dihidupkan kembali menjadi mobil listrik.

1. Mazda Astina 323

Mazda Astina
Ketika dirilis tahun 1992, Mazda Astina menjadi salah satu mobil paling keren di eranya. Mengadopsi style bodi racing dengan model lampu depan pop-up. Gaya liftback-nya mengingatkan kita pada Toyota Trueno dan Levin. Tampilan spidometernya di jaman itu sudah digital, bukan lagi analog seperti mobil-mobil era 90-an pada umumnya.

2. Honda Estilo

Honda Estilo
Hot hatchback yang pernah mendominasi tempat-tempat tongkrongan di Jakarta. Mobil sekennya masih tetap diburu sampai saat ini. Membenamkan mesin 4 silinder SOHC 16 valve 1,6 liter yang menghasilkan tenaga 165 hp dan torsi 143 Nm.

Dulu beredar di Indonesia cukup singkat tahun 1992 sampai tahun 1995 dan eksistensinya menjadi pengganti dari Honda Civic Nouva.

3. Toyota Great Corolla

Toyota Great Corolla
Kendaraan yang sangat populer di kalangan eksekutif muda pada jamannya dan menjadi salah satu sedan terbaik yang dihasilkan oleh Toyota. Waktu pertama kali dijual di Indonesia, pabrikan menyediakan dua pilihan mesin yakni 1.300 cc dan 1.600 cc dengan beda kode. Versi 1.3 liter memakai kode 2E, sedangkan versi 1.6 liter berkode 4A-FE.

4. Mitsubishi Lancer GTi

Mitsubishi Lancer GTi
Mendominasi area street race Jalan Asia Afrika dan Jalan Sudirman. Mitsubishi Lancer GTi adalah sedan generasi keenam di keluarga Lancer, yang pertama kali dijual tahun 1993. Waktu ditawarkan dulu terdiri dari dua varian yakni GLXi dan GTi. Tampilan bodi keduanya sama tapi spek mesin dan interiornya berbeda.

Body style sporty dengan kap mesin pipih bertujuan untuk menaikkan level aerodinamika. Bodi sampingnya ramping dan aerodinamis. Tenaga mesin GTi lebih besar dibandingkan GLXi, mengusung mesin kode 4G93 DOHC 1.800 cc yang menghasilkan tenaga 135 hp pada 6000 rpm. Sedangkan varian GLXi mengusung mesin kode 4G92 4 silinder segaris SOHC 1.600 cc dengan tenaga 113 hp pada 6.000 rpm.

5. Toyota Kijang Kapsul

Toyota Kijang Capsule
Nah yang ini beda. Jangan khawatir, versi elektrifikasinya kabarnya bakal hadir pada tahun ini. PT TMMIN katanya bakal menghadirkan Toyota Innova Hybrid, mungkin mirip-mirip dengan kehadiran VW ID Buzz di Jerman, yang mewarisi desain VW Kombi.

MPV ini sebetulnya adalah Toyota Kijang generasi keempat, karena tampilannya mirip kapsul dan beda dengan generasi sebelumnya, makanya mendapat sebutan demikian. Pertama kali lahir tahun 1997 dan menandai perubahan mindset menjadi kendaraan penumpang yang sesungguhnya, untuk menghilangkan image Kijang sebagai mobil niaga ringan. Demi meneguhkan diri sebagai passenger car, untuk pertama kalinya pilihan varian Toyota Kijang sangat beragam. Sebanyak 8 varian.

6. Suzuki Escudo

Pada era 1990-an, terdapat dua model Suzuki yang sangat populer di Indonesia. Yakni Suzuki Jimny dan Suzuki Escudo. Kedua mobil generasi jadul ini masih tetap ada sampai sekarang, Jimny sudah dihidupkan lagi dan dijual dengan jumlah terbatas di Indonesia. All New Suzuki Escudo terbaru pun sudah dirilis di Jepang sejak tahun 2015 lalu.

Escudo hadir di Indonesia sebagai pilihan baru bagi konsumen karena Suzuki Vitara waktu itu dibanderol lebih mahal gara-gara berpenggerak 4x4. Sedangkan Escudo memiliki harga lebih murah karena berpenggerak dua roda saja. Di bawah Escudo sendiri ada Sidekick yang harganya lebih murah. (EKA/RS)

Baca juga: Intip 7 Moge Andalan Polisi Indonesia, Mana Favorit Kamu?

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature