• Wishlist

Tidak Mau Cacat Permanen? Jangan Sandarkan Kaki ke Dasbor

Tidak Mau Cacat Permanen? Jangan Sandarkan Kaki ke Dasbor

Banyak orang menyepelekan hal-hal sederhana ketika mengendarai mobil ataupun ketika berada di dalam mobil yang melaju. Misalnya memerhatikan posisi duduk di dalam kendaraan. Padahal pabrikan sudah bersusah payah mengembangkan peranti safety, tapi kalau tidak tahu aturan bisa berakibat fatal. Salah satu contoh adalah menyandarkan kaki di atas dasbor.


Seusai menekuk terlalu lama, meluruskan kaki tentu dapat membantu tubuh agar tetap rileks. Tak jadi masalah bila dilakukan ketika sedang duduk di bangku belakang sebuah sedan flagship Long Wheelbase. Seperti Mercedes S-Class atau BMW 7-series. Keduanya menyajikan fitur sandaran ruang kaki. Yang menjadi masalah adalah jika Anda menaruh kaki di dasbor. Mau di Toyota atau bahkan Maybach sekalipun itu berbahaya.


Kecelakaan dengan efek fatal karena menaruh kaki di dasbor


Anggota Kepolisian Dyfed-Powys di Wales, Sersan Ian Price, seperti dikutip situs Dailymail UK, mengunggah foto X-Ray mengerikan. Unggahan ini ditujukan sebagai peringatan agar tidak meletakkan kaki di dasbor. Ia menjelaskan,"Foto X-Ray ini merupakan cedera memilukan. Terjadi pada penumpang depan yang kakinya menyandar di dasbor saat kecelakaan terjadi." Ia menambahkan, "Jika penumpang Anda melakukan hal serupa, hentikan kendaraan dan berikan foto ini."


Baca Juga: Alasan Kenapa Mata Harus Terus Bergerak Kala Mengemudi


Jelas tercermin dari hasil sinar-X dampak fatal sebuah tindakan ceroboh. Tulang paha kiri patah, dan satu lagi dislokasi. Tak hanya itu, fraktur juga terjadi pada tulang hidung, pergelangan, dan bahu. Ini merupakan kejadian nahas yang dialami Audra Tatum di Chickamauga, Georgia, AS. Nyawa tidak melayang namun cedera dideskripsikan ‘mengubah hidup’.


Audra menderita cacat permanen. Ia dan suami terlibat dalam kecelakaan minor. Ford Fusion yang dikemudikan suaminya sedang berjalan 72 kpj, lantas melintas sebuah mobil lain dari sisi kanan jalan. Bagian kiri depan mobil mereka pun menghantam. Tak ada waktu untuk bereaksi, Audra pun begitu tak sempat memindahkan kakinya dari dasbor. Kerusakan tidak seberapa, tidak sampai menghancurkan struktur kabin. Hanya lampu kiri dan panel kiri depan ringsek.


Penyebab parahnya cedera adalah airbag dan tidak mengenakan sabuk pengaman. Kantong udara yang mengembang sangat cepat dan kuat memang didesain untuk meredam momentum tubuh kala terhentak. Berperan sebagai bantalan agar kepala atau badan tidak langsung menghantam material keras, seperti dasbor atau pilar samping. Bila kaki menyandar di dasbor, kemunculan airbag malah melontarkan kaki itu ke area wajah. Selain berisiko patah, hantaman bisa jadi merusak muka bahkan mata Anda.


Akibat menaruh kaki di dasbor dan terjadi kecelakaan


"Bila Anda menaruh kaki di atas dasbor lalu terlibat kecelakaan, airbag bakal melontarkan lutut ke mata," Jelas Pemadam Kebakaran Chattanooga. Kami yakin Anda tidak mau seperti Audra. Jadi, bila sudah tau bahaya menyandarkan kaki ke dasbor, jangan dilakukan. Selalu kenakan safety belt dan duduk sebagaimana mestinya.


Setop jadi korban berikutnya. Utamakan keselamatan dan jaga diri Anda serta keluarga. (Krm/Tom)


Sumber: Dailymail, Newschannel9 


Baca Juga: Manfaatkan Fitur Tersedia di Mobil, Bisa Menjadi Tameng Kala Musim Hujan