jakarta-selatan
kali dibagikan

Uji Coba Suzuki Ciaz

  • 06 Okt, 2015
  • 2090 Kali Dilihat

JAKARTA: Suzuki Ciaz terbaru ini digolongkan ke dalam sedan premium, dan baru-baru ini telah diperkenalkan oleh pemain massal Jepang Suzuki, ke dalam pasar Indonesia melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Mobil ini hadir sebagai sedan terbaru dari Suzuki yang membidik untuk bersaing dengan pelopor pemain pasar Jepang lainnya seperti Toyota dan Honda. Tiga pemimpin pasar massal di Indonesia -  Toyota, Honda dan Suzuki memang telah berada dalam kompetisi ketat dalam segmen lainnya, yang meliputi segmen MPV yang telah mapan dan segmen hatchback, dan selanjutnya berkembang hingga pasar sedan compact. Dengan tampilan memikat yang diusungnya, Suzuki Ciaz terbaru ini memang berhasil menampilkan keanggunan sedan seutuhnya, bersama dengan pengendalian responsif-akurat nan tangkas.


Sedan andalan ini memang telah menjadi pesaing terbaru dan pilihan yang lebih baik untuk segmen sedan, dan ini semua berkat ketekunan pabrikan otomotif Jepang Suzuki yang telah berhasil menciptakan beberapa keunggulan dibandingkan sedan Honda City dan Toyota Vios.


12


Jadi bila kita memiliki benda bergerak ini dari Suzuki, kita pun dapat merasakan sensasinya pada setiap menitnya, dan memuaskan rasa penasaran akan kehebatan pengemudian mobil ini.


Kini, kami di CarBay Indonesia, telah menguji coba mengendarai model eksklusif Suzuki Ciaz terbaru yang ditenagai mesin bensin 1,4-Liter. (Namun Suzuki Ciaz yang kami gunakan untuk ujii coba adalah versi yang diluncurkan di India. Versi yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia mungkin berbeda dalam spesifikasi atau fiturnya).



Eksterior


Sedan memang lebih mengutamakan tampilan dan sensasi pengemudian, dan tampaknya pabrikan otomotif Jepang ini memahaminya dengan sangat jelas. Ciaz terbaru memang berhasil memimpin dalam pesona tampilannya, mulai dari elemen aerodinamis hingga estetikanya. Mobil ini mampu melibas dan bersanding kokoh melawan para pesaing yang juga tak kalah memikat, yaitu - Honda City dan Toyota Vios. Bila kita melayangkan pandangan kita ke arah bodi mobil, dan menyentuhkan tangan ke seluruh bodi mobil, kita pun dapat merasakan kesungguhan pabrikan otomotif Jepang ini dalam menyematkan aspek-aspek mewah khas sedan, berbeda dengan para pesaingnya yang lebih menyematkan rincian kedinamisan. Profil depan mobil ini menampilkan wajah anggun dan canggih, dengan 4-strip gril krom besar, lampu depan proyektor menyisir ke belakang, serta desain kap mesin eksklusif berbentuk kerang. Untuk menambahkan unsur tenang dan anggun, sedan ini juga menyematkan profil sisi yang memamerkan konsep indah dari lekukan elok nan halus. Varian teratas mobil ini, Z+ tampil lebih memikat dengan mengusung velg roda alloy berlingkar 16-inci dan pegangan pintu krom.


55


Hal lain yang cukup penting dan selalu terlintas dalam benak kami adalah tampilan panjang dari mobil ini. Menurut spesifikasi yang dilansir, mobil ini memiliki jarak dasar roda terpanjang dibandingkan para kompetitor potensialnya, yaitu 2650 mm. Hal tersebut memberikan jaminan kestabilan dan luas, yang keduanya sangat diminati masyarakat Indonesia. Mobil sepanjang 4490 mm ini berpadu sempurna dengan desain elok yang berhasil mempertegas tampilan anggunnya. Lebar dan tinggi Suzuki Ciaz terbaru tercatat – 1730 mm dan 1485 mm.



Interior


Kenyamanan dan kemudahan berhasil ditampilkan mobil ini dengan cara mengesankan, dan ini semua berkat para perancang interiornya. Kabin pengemudi menyiratkan aura modern dalam besutan ergonomis, dengan menyematkan panel kontrol yang terkonfigurasi akurat dan ringkas. Sedan ini mampu memberikan anda akses intuitif ke semua kontrol kendali dan sistem hiburan, yang terintegrasi dalam tombol kontrol panel di pintu atau pada tombol-tombol yang disematkan dalam setir dengan 3-jari-jari. Sistem hiburan digital dan koneksi Bluetooth hands-free pun tak ketinggalan untuk menambah kenyamanan anda. Hal lain yang mampu membuat kami terkesan adalah desain dasbor memikat, yang memamerkan ventilasi udara kabin berlapis krom, dan desain kluster instrumen yang menjanjikan penyajian informasi berguna dalam warna-warni jernih. Kenyamanan tersebut menjadi semakin ceria, kala dihidupkan dengan sistem hiburan ‘SmartPlay’ in-car yang dihadirkan untuk varian teratasnya (Z+).


62-(1)


Pabrikan otomotif Jepang ini mengganggap elemen kenyamanan sebagai aspek penting bagi sedan andalannya, dengan menyematkan berbagai dukungan yang menyiratkan sensasi kenyamanan. Seperti yang kami dapat rasakan, kursi-kursi besar dan berbalut bahan berkualitas berhasil menyuguhkan kenyamanan seutuhnya, sedangkan balutan berbahan kulit juga berhasil menambahkan pesona sejatinya. Sistem pengendali cuaca juga bekerja efisien dengan tombol-tombol kecepatan kipas dan temperatur yang berfungsi sempurna, yang dapat digunakan pada waktu hari panas.


Bila melongok ke dalam fitur-fitur mengagumkan Suzuki Ciaz, anda pun dapat menemukan manfaat-manfaat luas bagasi yang mampu menampung hingga 510 liter. Tempat-tempat penyimpanan pernak pernik juga tersedia di sana-sini untuk menyenangkan para penumpangnya, yang meliputi kotak sarung tangan, dudukan gelas, tempat kaca mata dan kantong telepon genggam yang dijahitkan bersama kursi pengemudi.


C-_Users_gspl_Desktop_786_f


Umumnya bila anda duduk di dalam sedan compact, anda akan sedikit bermasalah dengan sempitnya ruang kaki dan kepala. Namun tidak demikian dengan Suzuki Ciaz ini, sedan ini tidak hanya nyaman, tetapi juga menyenangkan, sesuai dengan yang dijanjikan oleh pabrikan otomotif ini. Ya, benar, Suzuki Ciaz terbaru memberikan ruang kaki yang cukup luas untuk berselonjor dengan nyaman selama uji coba mengemudi yang cukup jauh, dan ini semua berkat jarak dasar roda mobil yang tinggi.



Kinerja


Bila kita membahas mengenai gardu pengapian yang kekuatannya mengaliri vena Suzuki Ciaz terbaru, maka kita akan mengakui kehandalan mesin bensin K14B 1372cc, yang juga mampu menyemburkan kekuatan maksimal sebesar 91.1bhp pada 6000 rpm, dengan kolaborasi kompak dengan torsi sebesar 130 Nm pada 4000 rpm. Mesin berkekuatan ini mampu menggempur dalam koordinasi sempurna bersama transmisi 4-percepatan atau 5-percepatan


46


Jadi apakah spesifikasinya cukup memberikan gambaran kehebatan sedan ini? Sebenarnya, tidak. Setelah kami merasakan beberapa fitur kenyamanan dan menekan tombol Starter untuk menyalakan mesinnya, gardu pengapian bensin mobil ini pun mulai beraksi, memompa respon dan siap melaju. Namun, pada awalnya kami sempat merasakan bunyi berisik mesin yang cukup mengganggu dan terdengar hingga ke dalam kabin. Dengan semua kinerja mesin, dengan ECU (Kontrol Unit Elektronik) yang dibesut Ciaz, mobil ini memang menampilkan respon katup yang lebih halus, yang dibuktikan dengan kecepatan respon awalnya. Katup pengendali akurat mobil ini selanjutnya memberikan kemampuan untuk memangkas kepadatan lalu lintas dan melesat pada jalan bebas hambatan dengan konsumsi bahan bakar yang tergolong hemat.



Pengendaraan dan Pengendalian


Suzuki memang telah terkenal akan kehandalannya dalam kemudahan pengendalian pada hatchback dan sedan compact. Sedan baru ini tidak pernah tergelincir, dan mobil ini juga berhasil memberikan pengendalian mudah dan baik, khas sedan Suzuki. Uji coba mengemudi juga dilakukan pada trek jalan yang sulit, namun mobil handal ini mampu menunjukkan kemahirannya melibas jalanan terjal dan berlubang dengan sangat baik, walaupun memang sebaiknya bila anda mencobanya dengan kecepatan rendah. Namun yang pasti anda juga bakal terpesona dengan suspensi penyerap guncangannya, yang tidak akan menguncang anda dalam kenyamanan interior mobil ini. Pengemudian 100km kami telah terpenuhi dalam kursi-kursi depan dan belakang, dan jarak jauh dengan rute dalam kota padat telah terbukti bukanlah masalah bagi Ciaz terbaru. Walaupun demikian, kami juga sempat merasakan setir yang kurang responsif saat memanuver sudut-sudut tajam. Jadi memang agak kontradiktif dengan atribut-atribut pengendalian linier yang didambakan.



Konsumsi Bahan Bakar


Suzuki Ciaz juga telah bekerja sangat baik untuk aspek ini, mobil ini diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar sejauh 20.73 kmpl. Namun angka ini hanya menjadi benar bila anda mengemudikan sedan ini dalam kondisi ideal, tanpa menghentakkan koplingnya terlalu sering.



Kesimpulan CarBay


Setelah kami menguji setiap rinciannya, kami merasakan dan mengalami setiap tantangan uji coba Suzuki Ciaz, maka kami dapat mengatakan bahwa sedan baru dari Suzuki ini telah direncanakan dengan sangat hati-hati untuk memenangkan persaingan ketat dengan sedan-sedan Jepang lainnya. Mobil ini mengusing desain eksterior yang anggun dan canggih, serta interior nyaman dan menyenangkan, dengan fitur keselamatan mumpuni layaknya sedan idaman. Fitur yang juga layak dibanggakan mobil ini adalah jarak dasar roda yang tinggi, sehingga mampu memberikan anda kestabilan, serta luasan interior yang nyaman dengan ruang bagasi yang luas.


Karakteristik kinerja mesin handal mobil ini juga mampu memberikan anda respon awal yang cepat dengan katup akurat. Konsumsi bahan bakarnya juga cukup mengagumkan. Ketika kami menyimpulkan lebih lanjut pengalaman kami, maka kami pun dapat mengatakan bahwa kualitas pengendaraan mobil ini mampu memberikan anda pengendaraan jauh yang menyenangkan. Namun dengan kurang tanggapnya setir mungkin akan menyebabkan mekaniknya terganggu ketika anda harus menguasai sudut-sudut jalan. Suara bising mesin pun bisa menjadi pertimbangan kedua yang dapat mempengaruhi kendaraan anggun ini. Bagi para pecinta Suzuki, sedan ini memang cukup berprestasi, namun bagi mereka yang ingin berpindah dari Toyota atau Honda, mungkin anda perlu memikirkan-ulang untuk tetap setia pada merek anda, kecuali bila anda menginginkan kendaraan yang lebih besar dan nyaman ketimbang kemampuan pengendaraan dinamisnya. Secara keseluruhan, Ciaz merupakan tawaran yang hebat dari Suzuki, namun mungkin belum mampu menghambat kas penjualan sesama raksasa otomotif Jepang!

  • Diterbitkan Oleh
    OTO

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Suzuki Ciaz

Lihat video terbaru Suzuki Ciaz untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Suzuki Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi