jakarta-selatan

Road Test Jeep Compass 2018: Jeep Berwajah Manis, Masih Tangguh? (Part-1)

  • Nov 26, 2018
  • 466 Dilihat

Nama Jeep sudah kadung dikenal luas sebagai mobil yang tangguh. Malahan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sampai punya definisi khusus untuk mobil ini. Menurut kbbi.web.id, Jip yang diserap dari kata Jeep berarti mobil kecil yang kuat, serbaguna, bentuknya segi empat, lebih tinggi dari sedan, beroda empat, untuk 4-10 orang. Kamus daring (dalam jaringan) itu juga mengartikan, mobil jenis jip, sebagai mobil yang besar dan mewah.



KBBI tak salah. Setidaknya sampai sejauh ini. Karena Jeep menjadi salah satu dari dua brand otomotif ternama di dunia, yang hanya memproduksi mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle). Jeep menciptakan banyak produk, salah satunya Jeep Compass yang sedang kami uji ini. Definisi Jip oleh KBBI seluruhnya masih bisa diterima untuk Compass, mobil berkapasitas 5-penumpang yang punya ground clearance tinggi, serbaguna, bentuknya segi empat, besar dan mewah. Tapi bagaimana ketangguhannya?


Jeep Compass yang kami uji ini generasi kedua. Pertama dikenalkan ke publik September 2016 di Los Angeles International Auto Show, Compass menggantikan pendahulunya, Compass generasi pertama dan Jeep Patriot. Menariknya, meski compact SUV ini lahir di Amerika Serikat (AS), tak ada satupun Compass yang diproduksi di sana. Unit uji kami ini datang dari India.


Eksterior



Ia bagian dari Fiat Chrysler Automobiles (FCA) yang punya pabrik di sana. Hasil karya Jeep India ini, dieskpor ke negara-negara setir kanan seperti Inggris, Australia, Thailand juga Indonesia. Jadi meski bukan buatan Amerika, tak perlu ragukan kualitasnya. Lihat saja lekuk desain mobil ini yang modern.


Penampilan Compass kental dengan lekukan dinamis di sekujur tubuh. Walau terkesan terlalu manis, apalagi pada unit uji yang berwarna putih ini, tapi karakter macho masih bisa dilihat dari kap mesinnya yang berotot dan garis tegas menggembung di dekat lubang roda yang berkarakter maskulin.


Bentuknya sekarang memang tak terlalu segi empat kaku seperti mobil ikonik, Jeep Wrangler. Tapi ciri khas seven slot grille di bagian wajah menjadi penanda identitas. Dari penampilannya, meski cenderung perkotaan adalah habitat mobil ini, tapi Jeep tetap mendesainnya agar tetap mumpuni, jika terpaksa harus berhadapan dengan medan yang kurang bersahabat. Seperti jalanan pegunungan tempat kami menguji mobil ini.



Dimensinya tak begitu besar. Compass memiliki panjang 4.394 mm, lebar 1.819 mm tinggi 1.635 mm dan jarak sumbu roda 2.636 mm. Ground clearance memang hanya 198 mm, tapi mobil ini punya desain dengan approach angle 15,8°, breakover angle 21,8° dan departure angle 30,8°. Bahkan Jeep mengklaim Compass sanggup menerjang genangan air setinggi 480 mm.


Ketika kami uji, kemampuannya ini sih masih mampu untuk melewati rintangan di jalanan berbatu khas pegunungan. Cover body dari bahan plasik di bodi bagian bawah, yang mengelilingi mobil ini pun, membuat saya tak khawatir mobil lecet tergores batu ataupun akar pohon yang menyembul dari tanah.


Interior



Suasana kabin tenang dan nyaman. Layout dashboard ditata ergonomis khas SUV perkotaan. Tak banyak tombol yang berserakan, pusat hiburan dan kontrol ada di dashboard bagian tengah. Seluruh informasi berkendara di tampilkan layar MID (Multi Information Display) yang tertanam di dalam cluster meter, di belakang lingkar kemudi berbalut kulit.


Bicara soal kulit, sayangnya jok Compass belum dibalut kulit. Itupun pengaturan posisi berkendara belum elektris. Untungnya bidang pandang memberikan visibilitas yang cukup baik. Ini karena posisi berkendara bisa diatur maju-mundur, reclining dan tinggi-rendah. Posisi lingkar kemudi, juga bisa diatur secara tilt and teleskopik.



Meski dimensinya tak begitu besar, namun Compass menyediakan ruang kabin cukup lapang. Ruang kepala dan kaki baik di depan dan di belakang cukup luas. Anda pun tak kehabisan ruang penyimpanan yang tersebar di setiap sudut mobil ini. Sampai ada ruang penyimpanan rahasia di bawah jok penumpang depan untuk menyimpan peralatan elektronik.


Ruang bagasi di belakang juga besar. Intinya, mobil ini sanggup memuat 5-penumpang dan seluruh perbekalan dengan lengkap. Ya, Compass hanya berkapasitas 5-penumpang.


Meski tak semewah yang dibayangkan, tapi kabin Compass nyaman. Hening dan didukung kelengkapan yang menunjang kenyamanan. Misalnya, center console yang juga berfungsi sebagai arm rest. Sandaran tangan juga tersedia untuk penumpang belakang jika Compass hanya dihuni 4-penumpang saja. Mobil ini menyediakan lima sandaran kepala.


Bagaimana fitur, performa serta kemampuannya di medan offroad? Semuanya kami bahas di bagian kedua. (RS/Van)


Baca Juga: Road Test Jeep Compass 2018: Jeep Berwajah Manis, Masih Tangguh? (Part-2)

Galeri

Shares

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Jeep Compass

Lihat video terbaru Jeep Compass untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi