jakarta-selatan
kali dibagikan

MENGENDARAI: MINI Cooper 5-Pintu

  • 11 Sep, 2015
  • 5372 Kali Dilihat

JAKARTA: MINI 5-Pintu memang telah berhasil meraih banyak decakan kekaguman selama peluncurannya, dan diharapkan bakal meraup lebih banyak lagi pangsa pasar di Indonesia. Istimewanya, mobil ini memang mengusung nilai tambah yang signifikan dibandingkan model MINI lainnya, yang menempati portofolio mereknya. Lebih luas, lebih praktis, dan tentunya, tak salah lagi, inilah dia sang MINI Cooper yang amat dahsyat. Kendaraan ini tampil lebih besar dibandingkan hatchback MINI 3-Pintu, mari kini kita rasakan kehebatan menggenggam setir kendaraan gesit ini.


Inilah dia MINI 5-Pintu atau 5-Pintu MINI, apapun kita ingin menyebutnya. Mobil ini dianggap sebagai mobil yang lebih bernilai dibandingkan model legendaris, MINI Cabriolet atau John Cooper Works, dan bila anda ingin mengetahui alasan mengapa MINI 5-Pintu ini lebih berharga, itu karena kami di CarBay Indonesia telah menguji coba mesin megah ini di kota Cirebon.


MINI-Five-Door-Hardtop-1_edited-1


Mobil yang kami uji coba adalah MINI 5-Pintu yang dibesut dengan mesin 3-silinder TwinPower turbocharger, yang berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini mampu menggempur kekuatan mumpuni sebesar 136 tenaga kuda, bersama dengan torsi sebesar 220 Nm, yang tersedia dalam kecepatan rotasi lumayan rendah, yaitu 1250 rpm, dan anehnya, mobil ini tetap bertenaga walaupun dioperasikan dalam kecepatan rendah.


Kinerja


Mesin 3-silinder yang mengisi di bawah kapnya terintegrasi dengan turbocharger canggih, yang mampu menyemburkan daya kekuatan menggebu-gebu dalam silindernya. Kenyataan bahwa mobil ini berpintu-5, bukan lagi jenis hatchback berpintu-3 seperti biasanya, tidak juga mengurangi kelincahannya, malah daya pacunya tampak tetap dahsyat, dan mobil ini mampu melesat sejauh 100 kpj dari titik diam dalam hanya 9,7 detik. Sedangkan angka yang diklaim untuk uji coba MINI jenis yang sama pernah tercatat secepat 8,2 detik. Tampaknya perbedaan angka-angka tersebut karena dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan standar bahan bakar yang dipakainya pada saat uji coba.


Dalam uji coba yang kami lakukan, kami berhasil melesat pada kecepatan puncak 150 kpj karena kondisi trek yang kurang memungkinkan bagi kami untuk melesat lebih cepat lagi. Namun, kecepatan tersebut dapat dicapai dalam hitungan 20 detik, dan menurut pernyataan pabrik, kendaraan 5-Pintu ini mampu melibas dengan kecepatan puncak 207 kpj. Sementara itu, masalah perlambatan tersebut didukung oleh rem cakram yang tersemat di semua rodanya. Hasilnya adalah, mobil ini akan memerlukan 1,9 detik untuk berhenti dari 60 kpj, dengan jarak sejauh 14,4 meter.


Kinerja




  • 0-100 kpj: 9,7 detik

  • 60-80 kpj: 02,3 detik

  • 80-100 kpj: 02,8 detik


Perlambatan




  • 60-0 mpj: 1,9 detik @ 14,4 meter


Pengendaraan & Perawatan


MINI 5-Pintu ini walaupun memiliki dimensi lebih panjang dan fitur yang menambah bobotnya lebih berat, namun tetap mampu memberikan pengendaraan yang nyaman nan ringan, serta membesut karakteristik penanganan yang sama dengan MINI hatchback. Daya cengkram rodanya didukung dengan sistem elektromekanis yang mampu memberikan gerakan kemudi yang akurat. Bobot putar mobil ini pun tidak terasa berat dan dapat bereaksi dengan cepat, dengan umpan balik yang cukup responsif. Anda pun bahkan dapat merasakan perubahan bobot roda saat menikung dengan kecepatan tinggi. Penerus MINI ini memang mampu menakjubkan siapapun, dengan kemampuannya melibas tikungan-tikungan tajam. Sekecil apapun gerakan yang dilakukan mobil ini, akan mampu ditanggapi dengan manuver roda depan yang akurat. Hal ini akan menjadikan kendaraan 5-Pintu ini semakin gesit dalam melibas lalu lintas kota. Untuk melengkapi semua kemampuan mobil ini, pabrikan tersebut menyediakan torsi besar untuk menangani kecepatan rendah yang mampu meningkatkan kemampuan mobil ini.


Uji coba mobil yang kami lakukan adalah di kota Cirebon, melalui jalan tol cikampek-palimanan yang baru saja dibuka. Pengemudi yang seharusnya ekstra waspada dengan jalan baru tersebut bahkan terlihat cukup santai dengan mengendarai mobil 5-Pintu ini. Dengan memfungsikan mode Normal, mobil ini mampu memberikan anda kenyamanan hingga kecepatan 140 kpj. Anda pun dapat melihat jalan-jalan bergelombang, namun MINI 5-Pintu ini seakan tidak menggubrisnya, dan mobil mampu melibas hampir semua jalanan bergelombang dengan cukup baik. Kami menyebutnya dapat ditolerir karena mobil ini masih menampilkan karakter dinamis, bahkan pada saat mobil bergejolak.


Pengendaraan & Penanganan




  • Radius Tikungan: 5,4 m

  • Kunci untuk mengunci

  • 3,5 putaran


Kenyamanan


MINI 5-Pintu ini menampilkan karakter mewah yang diciptakan untuk memikat kaum muda. Mobil ini dihadirkan sebagai mobil keluarga muda. Dasbor mobil ini memiliki cakram besar dengan informasi berguna. Kontrol-kontrol yang dibesutnya memiliki fitur lebih intuitif dibandingkan saudaranya, dengan menggunakan desain tatanan baru dan bundar yang tersebar di mana-mana. Mulai dari ‘piring’ yang terletak di tengah dasbor hingga bukaan pintu. Pada konsol tengahnya, tombol-tombol yang dihadirkannya dikhususkan untuk kenyamanan pengendaraannya, serta pengoperasian pendingin udara, starter mesin hingga kontrol traksi. Tombol jendela elektrik juga disematkan pada pintu. Selain itu, interior MINI 5-Pintu (dan MINI lainnya) juga mudah digunakan, lebih ergonomis dibandingkan banyak saudaranya.


MINI-5-door-Interior-03-720x480


Kenyamanan




  • Tingkat Kebisingan @ 60 kpj: 60,9 dB

  • Tingkat Kebisingan @ 80 kpj: 64,7 dB

  • Tingkat Kebisingan @ 100 kpj: 66,1 dB


Ruang & Kepraktisan


MINI 5-Pintu ini memang memimpin saudaranya dalam 2 aspek. Yang pertama, MINI ini memiliki tambahan dua pintu belakang dan mobil ini membesut pintu-pintu biasa, yang memberikan area lebih lapang. Lebar mobil ini cukup untuk kursi anak dan mudah dimasuki. Dengan jarak dasar roda yang lebih tinggi, mobil ini juga memberikan keleluasaan yang cukup baik, walaupun tidak terlalu besar. Ruang kaki pun telah ditambahkan, namun ruang bahu tetap sama seperti hatchback saudaranya. Walaupun demikian, ruang kepala mobil ini lebih tinggi, sehingga berhasil menambahkan kenyamanan bagi para penumpang di depan dan belakang. Kedua, MINI ini mampu mengakomodasi bagasi sebesar 278 liter, dengan semua kursi terpasang sempurna. Sedangkan bila kursi belakang dilipat, maka volume bagasi dapat diperluas hingga 700 liter, tergolong sangat memuaskan bagi sebuah MINI.


mini-5-door-116@2x




  • Ruang & Kepraktisan

  • Baris pertama

  • Ruang kaki minimum: 571 mm

  • Ruang kaki maksimal: 824 mm

  • Ruang kepala minimum: 840 mm

  • Ruang kepala maksimal: 908 mm


Baris kedua




  • Ruang kaki minimum: 417 mm

  • Ruang kaki maksimal: 660 mm

  • Ruang kepala: 814 mm


Kapasitas Bagasi




  • Panjang: 458 mm

  • Lebar: 885 mm

  • Tinggi: 460 mm

  • Volume: 278 litres


Konsumsi bahan Bakar


Mesin 3-silinder yang tersemat di depan mobil ini sangat efisien dan gesit, dan ini berkat besutan torsi besarnya. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, kami menikmati uji coba ini sepanjang jalan tol Cipali yang diperpanjang hingga 116 km. Pada saat ini, dengan kecepatan rata-rata sebesar 100 kpj dan dengan temperatur 35 derajat sepanjang hari, konsumsi bahan bakar MINI 5-Pintu ini tetap tercatat fantastis, yaitu sepanjang 17,5 kpl, dalam mode Normal. Jika mode Eco-pro diaktifkan, maka konsumsi bahan bakar dapat menempuh 18,5 kpl.


Konsumsi Bahan Bakar




  • Kota: 7,4 kpl

  • Jalan Tol: 17,5 -18,5 kpl

  • Kombinasi: 12,7 kpl

  • Bahan Bakar: RON 95


Pembelian & Kepemilikan


Jika anda adalah pecinta MINI, maka anda dijamin tidak akan kecewa dengan mobil ini. Model MINI terdahulu memang cukup mungil, karenanya anda akan sulit untuk menentukan antara mengangkut bahan belanjaan atau membawa keluarga anda.


Dengan memiliki MINI khusus ini, mengemudikan mobil ini laksana berayun dalam kelincahan hatchback keluarga dan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan MINI, BMW menganggap mobil ini lebih penting dibandingkan model lainnya, seperti MINI Cabriolet nostalgia, Clubman (geser terbaru), dan JCW. MINI ini disinyalir akan lebih dapat diterima oleh para penontonnya, dan akan melambungkan angka penjualan MINI secara otomatis.


Di Indonesia, MINI dipasarkan dengan harga Rp 549 juta (OFR / off road) untuk model MINI Cooper yang mirip dengan yang anda lihat di halaman ini. Sayangnya, kami belum mengetahui harga on the road karena BMW Indonesia belum mengungkapkannya. Meskipun demikian, dengan asumsi pajak penjualan barang mewah dan tambahan pajak lainnya sebanyak 10 persen dari harga penjualan, maka anda dapat menghitung sendiri dari angka di bawah ini. Perlu dicatat bahwa, ini hanyalah merupakan harga estimasi.


Pembelia & Kepemilikan 
























































Pembelia & Kepemilikan 3 tahun 4 tahun
Harga (perkiraan OTR) Rp 603.900.000 Rp 603.900.000
DP 30% Rp 181.170.000 Rp 181.170.000
Hutang Pokok Rp 422.730.000 Rp 422.730.000
Bunga per tahun Rp 29.591.100 Rp 33.818.400
Total Hutang Rp 511 503 300 Rp 558 003 600
Asuransi Rp 45.292.500 Rp 51.331.500
Pembayaran pertama Rp 240 670 925 Rp 244 126 575
Cicilan Rp 14.208.425 Rp 11.625.075
Masa cicilan 3 tahun / 36 bulan 4 tahun / 48 bulan

 

Biaya Perawatan




  • 3 tahun / 60 ribu km: GRATIS


Biaya Tiga-tahun




  • Konsumsi bahan bakar: Rp 48.188.976

  • Pajak kendaraan: Rp 19.838.115

  • Biaya perawatan: GRATIS


2015-mini-cooper-5-door_100468702_l


Kesimpulan


Kami sangat puas dengan penawaran MINI ini dan berharap akan dicintai oleh banyak orang lainnya. Fungsi trampil eksklusif mobil ini menjadikannya keunikan tersendiri. Dengan kendaraan 5-Pintu ini, MINI memperkenalkan kembali kenyamanan pengendaraan MINI, dengan jaminan kepuasan dari para penumpang dan ruang lapang bagasinya. Kami mengerti mengapa mobil ini menjadi sangat penting bagi pabrikan Inggris ini. Pangsa pasar yang lebih besar akan mampu dicapainya dengan mudah. Kepraktisan sebuah hatchback normal yang diusung mobil ini sungguh mampu memikat siapapun.


Lalu bagaimana dengan Indonesia? Keprihatinan kami adalah bahwa masyarakat menganggap MINI ini sebagai sebuah hatchback. Dengan sedikit perubahan pada desainnya, seperti MINI Coupe, mobil ini memang mampu mengundang decakan kekaguman, namun memang belum cukup mampu untuk melonjakkan angka penjualan. Namun dengan mempertimbangkan semua aspek yang ditawarkan mobil ini, MINI 5-Pintu ini diharapkan dapat memikat pelanggan baru yang menginginkan kenyamanan pengendaraan, terlepas dari desain dan segmen yang ditempati kendaraan ini. Tampaknya inilah mobil yang diperkirakan akan muncul sebagai ‘pendatang’ bagi ‘Dunia MINI’

  • Diterbitkan Oleh
    OTO

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil MINI Pilihan

  • Populer
  • Komparasi