SYM Cruisym 300i

Tulis Review
Model Jan, 2018 ini sudah tidak ada

Di Indonesia, SYM tidak lagi menjual Cruisym 300i. Motor ini juga sudah tidak lagi diproduksi.

Motor SYM

Cruisym 300i : Dari Para Ahli

Dapatkan wawasan yang lebih baik dan bantuan untuk membeli atau tidak
Hal-hal yang kita sukai di Cruisym 300i

Jok nyaman

Bagasi sangat besar

Terdapat soket pengisi daya gawai

Performa mesin baik

Hal-hal yang tidak kami sukai di Cruisym 300i

Belum ada traction control

Harga cukup mahal

Bobot berat

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Informasi Terkini Cruisym 300i

SYM Cruisym 300i memang agak berbeda dengan motor gambot SYM yang lain. Motor ini punya desain yang terlihat macho, tangguh, sporty atau apapun Anda mau menyebutnya. Bentuknya lebih kaku dan kalau tidak melihat sepasang lampu depan terpisah khas SYM, bisa jadi pangling. Kedua lampu itu sudah dilengkapi dengan proyektor untuk pencahyaan yang lebih akurat. Cruisym juga dibuat sebagai motor penjelajah yang masih nyaman dibawa di dalam kota. Dan jujur saja, ini adalah SYM favorit kami. Sangat pantas disandingkan dengan Honda Forza. Harganya sama Rp 78 jutaan. Meski Cruisym punya penggerak yang lebih besar, 278 cc. Tenaganya mentok di angka 26,9 hp dan torsi maksimum 27,3 Nm. Hebatnya lagi, cuma dia yang punya mode berkendara: Sport, Normal dan Cruise. Sayang, speedometer masih analog meski bentuknya atraktif. Di luar itu, Cruisym 300i punya banyak ruang penyimpanan. Bagasi luas, glove box yang di dalamnya ada soket isi listrik untuk isi ulang daya gadget. Motor Taiwan ini hadir dengan dua pilihan warna, hitam atau two-tone merah dan hitam.

Harga SYM Cruisym 300i

Harga Cruisym 300i adalah Rp 67,7 Juta.

Varian SYM Cruisym 300i

Ada 1 varian yang tersedia dari Cruisym 300i: Standard.

Mesin SYM Cruisym 300i

Cruisym 300i ditenagai oleh Pendingin Cairan EFI 278.3 cc 1 Cylinder engine. Ukuran ban depan adalah (front-tyre-size} sedangkan belakang 140/60 R13.

Fitur SYM Cruisym 300i

Fitur pendukung sasis, suspensi & rem meliputi Telescopic Fork Suspensi Depan, Unit Swing Suspensi Belakang, Disc Rem Depan, Disc Rem Belakang, Side Wings, Baja material rangka, Tidak Garnish Krom dan Dual Stepped Tipe Jok.
Fitur di konsol meliputi Panel Instrumen, Analog Tachometer, Tidak Tripmeter, Tidak Navigator, Layar Display, Analog Speedometer, Tidak Indikator Standar Samping dan Tidak Indikator Penggantian Oli.

Pesaing SYM Cruisym 300i

Pesaing Cruisym 300i adalah: SYM GTS 250i, Peugeot Citystar 200i, Kymco Downtown 250i, Kymco K-XCT 200i dan Vespa GTS 150.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Review SYM Cruisym 300i 2024

Berbeda nasib dengan Joyride, tampilan Cruisym jauh lebih atraktif. Penggabungan desain elegan dan sporty berpadu cantik pada motor ini. Dari segala sisi, ia pantas dihadapkan dengan Honda Forza maupun Yamaha X-Max. Bahkan tampangya cenderung serupa dengan kedua skutik Jepang itu.

Dimensinya bongsor, (PxLxT) 2175x760x1440 mm. Menggunakannya di dalam kota jelas sedikit merepotkan. Apalagi saat harus memarkir. Problem yang sama juga terjadi di kelas skutik seperti ini.

Jangan anggap remeh. Walaupun buatan Taiwan, segudang fitur ada di dalamnya. Secara tampilan, aura khas Eropa terpancar. Sama sekali tak nampak murahan. Memang Cruisym berada di kelas premium. Banderolnya saja mencapai Rp 78,8 juta. Layakkah diboyong?

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Tinjauan

 
Merek SYM Indonesia
Harga Rp 67,7 Juta
Jenis kendaraan Scooter

Powertrain

 
Mesin 278.3 cc
Transmisi CVT
Jenis Bahan Bakar Petrol
Jenis penggerak Belt Drive

Dimensi

 
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Lebar 760 mm
Panjang 2175 mm
Tinggi 1440 mm

Fitur SYM Cruisym 300i

Di balik windshieldnya yang besar, terdapat panel instrumen yang menarik. Bentuknya pentagonal dengan tarikan garis asimetris. Ini menunjukkan speedometer dan takometer bermodel analog. Tak hanya itu, tepat di tengahnya tertanam layar LCD dengan warna mencolok. Informasi yang disajikan juga lengkap, menunjang pengendara melakukan perjalanan jauh. Pun dengan hadirnya soket 12 Volt, berguna untuk mengisi daya gawai.

Posisinya cukup aman, karena tertutup dengan cover plastik. Makanya tak perlu khawatir jika ingin menggunakannya di saat hujan sekalipun. Patut disayangkan, motor semahal ini belum dilengkapi traction control. Begitupun riding mode. Padahal untuk tenaga sebesar ini, rasanya fitur itu dibutuhkan.

Urusan akomodasi, tak perlu diragukan. Kapasitas bagasinya cukup untuk menaruh dua helm full face sekaligus. Tak perlu lagi memasang box tambahan, volume sebesar itu lebih dari cukup untuk mengakomodir barang-barang bawaan. Tidak seperti Joyride, Cruisym memiliki tulang di tengah dek. Karenanya sedikit memakan ruang kaki dan tak bisa menyimpan barang di bawah. Hal ini akibat dari posisi mulut tangki yang serupa dengan XMax. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menyelonjorkan kaki ke depan dengan nyaman.

Desain Cruisym 300i

Seperti campuran X-Max dan Forza. Tersimak jelas sekali di bagian depan menyerupai X-Max. Bahkan tarikan garis pada bodi serta kombinasi kelir juga sangat mirip. Walau begitu bukan berarti buruk, bentuknya sangat proporsional dan menciptakan karakter agresif.

Urusan pencahayaan sudah modern. Dari sisi depan ke belakang telah dilengkapi LED. Bahkan pada headlamp dihiasi tarikan garis DRL yang cantik. Tidak menemukan lampu sein di dekat headlamp? Lampu satu ini memang ditempatkan pada batang spion besarnya. Cukup unik bukan?

Menilik ke bagian samping, seperti biasa jok dibuat berlekuk untuk menopang pinggul pengendara. Di belakang, masih tersisa ruang duduk lebar dan panjang. Sayang tidak terdapat topangan punggung seperti di Joyride. Saat melihat buritan, jujur aura Honda Forza terlihat. Mungkin karena siluet mika stoplamp yang serupa. Hanya saja, pada motor ini dibuat lebih sporty dengan tarikan garis runcing di berbagai sisi.

Mesin & Konsumsi BBM SYM Cruisym 300i

Mengusung mesin satu silinder 278 cc, seharusnya berdampak pada performa yang baik. Untungnya hal ini dibuktikan dengan keluaran tenaga 27 PS di 7.750rpm dan torsi 27,3 Nm pada 6.750 rpm. Untuk motor sekelas ini, tenaganya termasuk sangar. Rasanya SYM cukup berhasil mengembangkan jantung pacunya. Semua tenaga itu ditransfer ke roda belakang dengan transmisi CVT.

Menurut klaim pabrikan, konsumsi BBMnya masih tergolong wajar dan efisien saat digunakan perjalanan jauh maupun dalam kota. Hal ini berkat penggunaan sistem bahan bakar EFI yang mengoptimalkan kinerja mesin. Bahkan menurutnya, satu liter bensin dapat menempuh jarak 45 km (kombinasi).

Pengereman Cruisym 300i

Cakram berukuran besar di kedua roda. Tak tanggung, ukurannya mencapai 260 mm dan di belakang 240 mm. Tentu keduanya sudah terkoneksi ABS untuk mencegah ban terkunci. Maka dari itu, urusan penahan laju rasanya sudah terpenuhi.

Pertanyaan Terbaru

has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa saja warna yang tersedia untuk SYM Cruisym 300i?

C
Caturs 30 Mar, 2023
Silver Black
Lihat 30 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Varian SYM Cruisym 300i mana yang paling tinggi?

A
ANRI09 Des, 2022
Stylish dan prestige
Lihat 72 Jawaban Jawaban
author
has asked on 29 Mei, 2023

Q. Berapa Ground Clearance SYM Cruisym 300i?

Jawaban
author
has asked on 29 Mei, 2023

Q. Berapa top speed SYM Cruisym 300i?

K
Kim Roberto30 Agu, 2023
Punya saya bisa 147km/jam, tp pake Pertamax Turbo
Lihat 3 Jawaban Jawaban
author
has asked on 29 Mei, 2023

Q. Berapa tinggi jok SYM Cruisym 300i?

Jawaban
author
Pertanyaan Cruisym 300i

Opsi Lainnya di Motor Scooter

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Terbaru
Motor Scooter Populer
  • Kymco AK 550
    Kymco AK 550
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BMW C Evolution
    BMW C Evolution
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Polytron T-Rex
    Polytron T-Rex
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Yamaha Cygnus X
    Yamaha Cygnus X
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Polytron EVO
    Polytron EVO
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Motor Scooter Yang Akan Datang
Motor Scooter Yang Akan Datang
Motor Scooter Terbaru

Motor SYM Pilihan

  • Populer
Motor SYM

Modifikasi Motor

Modifikasi Motor

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*