Proton Exora Star FLX

Rp 178 - 188 juta*
Harga On The Road (OTR)
Dapatkan promo eksklusif dan pilihan pinjaman dari dealer
Gambar Proton Exora Star FLX
0 Shares

Proton Exora Star FLX Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Varian Bensin
    • M/T
      1599 cc, Bensin
      Rp 178 juta*
    • A/T
      1599 cc, Bensin
      Rp 188 juta*

Iklan

Video Proton Exora Star FLX

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Exora Star FLX

  • Tranquity Black

  • Solid White

  • Plum Red

  • Genetic Silver

  • Elegant Brown

  • Cocoa Grey

Review Proton Exora Star FLX

Ringkasan

Proton Exora, merupakan MPV kompak yang diproduksi pabrikan mobil Malaysia pada tanggal 15 April 2009. Mobil ini adalah salah satu MPV pertama yang diproduksi di negeri sendiri, dengan berbasis kerangka P2 baru. Mobil ini juga diakui sebagai mobil pertama yang menggunakan mesin CamPro EFE turbocharged dengan teknologi CVT di Malaysia. Untuk pasar Indonesia, Proton memang sengaja menggantikan Exora dengan Exora CFE baru yang dijual dan menjadi MPV termurah sepanjang masa. Proton memang telah menjadi pabrikan mobil terpopuler sejak tahun 2009, dan telah berhasil menandai kehadiran mobil MPVnya dengan sukses dengan penjualan skala besar. Cocok untuk keluarga kelas-menengah, mobil ini memang telah berhasil mencuri hati para penggemar mobil berkat desain interior dan penghargaan serta pengakuan yang diterimanya di pasar Indonesia. Bila menilik dari perspektif desainnya, tampilan Proton Exora memang telah diubah dari model lamanya, sehingga kini menyiratkan MPV kokoh dan sporty. Tampilannya kini mengusung gaya lebih modern dan kontemporer mengikuti perubahan tren dan kebutuhan konsumen. Proton membekali mobilnya dengan mesin 1,6-liter CAPRO CPS 4 silinder DOHC 16 Katup yang mampu menyemburkan kekuatan maksimal sebesar 125 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 150 Nm pada 4.500 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 55 liternya juga terbukti mampu memberikan efisiensi bahan bakar bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya di segmen yang sama. Tampilan interior mobil ini pun menampilkan ruang lapang bagi 7 penumpangnya dengan kursi-kursi berbalut bahan kulit berkualitas-tinggi untuk bagian depan dan belakangnya. Kursi-kursi paling belakang juga mampu memberikan luas memadai dengan barisan kursi untuk anak-anak. Dengan kehandalan dalam pengendaliannya, Proton memang tergolong sebagai mobil yang nyaman bahkan untuk jalanan berbatu. Selaras dengan interior berkelasnya, tampilan eksterior mobil ini juga didominasi dengan bemper depan memikat dan lampu ekor serta lampu kabut yang terpasang di depan dan belakang. Bila berkaitan dengan fitur-fitur keselamatan, Proton Exora Star FLX memang diakui mampu memberikan sensasi perlindungan tersendiri yang dilengkapi dengan rangkaian bodi baja kokoh dan penyematan fitur-fitur keselamatan seperti sistem pengereman Anti-terkunci, kendali distribusi tenaga rem Elektronik, sabuk pengaman dengan pra-tensioner, serta airbag SRS ganda.

Jarak Tempuh dan Efisiensi Bahan Bakar

Mesin 1,6-liter 4 silinder dengan kapasitas bahan bakar 55 liter ini tercatat dapat mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 7,8-liter dalam 100 km, dengan kecepatan tertinggi 170 km/jam. Terlepas dari propulsinya, mesin ini juga dirancang untuk dapat menghemat bahan bakar bersama dengan pengendaraan halus, lebih hening dan lebih banyak pilihan mesin.

Kekuatan

Di bawah kapnya, tersemat mesin 1,6-liter CAPRO CPS 4 silinder DOHC 16 yang mampu menggempur kekuatan maksimal sebesar 125 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 150 Nm pada 4.500 rpm. Daya yang dikeluarkan mesinnya memang mampu melesarkan mobil hingga kecepatan puncak 170 km/jam, dan tergolong mengagumkan bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Akselerasi & Daya Pacu

Kekuatan yang disalurkan ke keempat roda Exora mampu menghentakkan kecepatan maksimal 185km/jam dalam hanya 13,3 detik, mulai dari titik nol hingga 100km/jam. Selain itu, mobil ini juga menawarkan radius balik cahaya sejauh 5,4 meter, sehingga mempermudah mobil untuk berbelok dan memarkir dalam area sempit.

Eksterior

Gaya mengagumkan Proton Exora ini telah dirancang ulang demi memikat para kawula muda yang menginginkan mobil nyaman dan lapang. Tampilan eksteriornya banyak diadaptasi dari versi Proton terdahulu. Bemper depan tampak dirombak dengan tampilan bersiku dan dijejalkan sepasang lampu utama berbentuk segitiga yang terletak dekat dengan gril depan. Dalam paduan dengan lampu-lampunya, model baru ini juga memiliki lampu kabut depan dan belakang sehingga mampu meningkatkan aspek keselamatan dalam musim dingin dan meningkatkan penampilannya khasnya. Tampilan belakang mobil ini tampak dipengaruhi oleh lampu-lampu LED untuk pencahaan yang lebih baik dan lebih jelas. Pada sisinya, ORVM terlihat berpadu elok bersama lampu sein. Profil sisi mobil ini banyak menyiratkan kekokohan karena ketiadaan lipatan dan garis seperti yang umumnya ditampilkan MPV lain di pasaran. Mobil ini tampak menyerupai Mazda 5 dan Honda Stream, terutama dari ujung depan dan sedikit mirip bila dilihat dari ujung belakang. Perancang dari perusahaan Malaysia ini memang telah mendesain Exora dengan aspek aerodinamis yang baik sehingga dapat mengurangi konsumsi bahan bakarnya. Rim 16-inci mobil ini pun tampil lebih sporty dengan ban berukuran 205/55 R16. Di sisi lain, mobil ini juga menawarkan pengukuran eksterior yang cukup besar, dengan panjang 4592 mm, lebar 1809 mm dan tinggi 1691 mm.

Pengukuran Eksterior

Mobil ini menawarkan pengukuran eksterior cukup lapang dengan panjang 4592mm, lebar 1809mm dan tinggi 1691mm, serta jarak dasar roda 2730 mm.

Interior

Bagian dalam Exora memang lapang, dan dapat menampung 7 penumpang dengan nyaman. Bila menilik dalam kabinnya, setir mobil ini juga berukuran sangat cocok dan dilengkapi dengan pengaturan audio yang mampu menyaingi Honda-Civic. Persneling disematkan sedemikian rupa dan berada dalam jangkauan mengemudi. Selain itu, Proton Exora Star juga dibekali dengan unit head audio yang mendukung fungsi AM, audio CD, Bluetooth dan WMA. Tak hanya itu, mobil ini juga dipersenjatai dengan kipas AC ganda untuk penumpang di barisan tengah dan belakang. Area lapang jelas tersirat dalam kabinnya, sedangkan interiornya yang rapi tampak dilengkapi dengan spion yang dikendalikan dengan elektrik, jendela elektrik dan kursi pengemudi yang dapat disesuaikan. Kursi-kursi pada baris tengah dan belakang juga dapat dilipat sehingga dapat diubah menjadi lebih besar dalam hitungan detik untuk menyimpan koper-koper besar. Di sisi lain, dasbornya tampak sederhana dan membosankan, dengan sisipan panel kayu. Mobil ini juga melengkapi dirinya dengan beragam fitur pelengkap lainnya seperti dudukan Gelas, tombol jendela elektrik depan dan belakang serta integrasi head audio dengan Mp3/USB.

Kenyamanan Interior

Proton Exora tujuh-kursi merupakan kendaraan keluarga yang menawarkan sederetan fitur-fitur interior lapang dan nyaman. Mobil ini dibekali dengan seperangkat pemutar DVD dalam unit head DIN ganda yang dapat memberikan akses ke sistem navigasi GPS, sehingga dapat memandu anda ke lokasi tujuan. Sistem AC Kipas Ganda juga disematkan diantaranya demi memberikan ventilasi keseluruhan pada para penumpang di kursi belakang. Khusus untuk model Exora Star Supreme, disematkan pemutar DVD di atapnya untuk menghibur anda ketika melakukan perjalanan jauh. Demi kenyamanan yang lebih baik dan fitur-fitur yang lebih mudah digunakan, Exora juga menggunakan jendela Elektrik untuk penumpang depan dan belakang, dengan kolom setir yang dapat disesuaikan, dudukan gelas untuk depan dan belakang, dudukan tangan pada kursi belakang serta kursi-kursi belakang yang dapat dilipat bila membutuhkan tambahan area bagasi untuk menyimpan koper.

Pengukuran Interior

Ruang bagasinya bila dibandingkan dengan MPV lain dalam segmennya memang terlihat lebih lapang. Kursi-kursi pada baris tengah dan belakang juga dapat dilipat hingga rata, sehingga mampu menampung barang-barang bawaan dengan lebih banyak. Kursi pada baris kedua juga dapat dilipat dengan tatanan pembagian 60/40, sedangkan kursi baris-ketiga dapat diatur dengan tatanan 50/50.

Mesin dan Performa

Proton Exora mengunakan mesin bensin-turbo bertekanan-rendah 1,6-liter CAPRO CPS 4 silinder DOHC 16 katup yang mampu menghantarkan kekuatan maksimal sebesar 125 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 150 Nm pada 4.500 rpm. Mesin tersebut dapat memberikan efisiensi dari sistem transmisi otomatis CVT dalam rasio yang selaras dengan torsi mesin. Bahan bakar yang dikonsumsi dari tangki bensin sebesar 55 liter tersebut adalah sebanyak 7,8-liter untuk 100 km. Mobil ini dapat melesat hingga 100 kmpj dalam 13,1 detik, dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 170km/jam.

Stereo dan Aksesoris

Proton Exora Star FLX memfungsikan stereo mobil Unit Head Din Ganda yang diletakkan diantara dasbor dan kursi penumpang depan. Perangkat tersebut terintegrasi dengan input pemutar CD/MP3, navigasi GPS, Bluetooth dan pemutar DVD mobil. Sistem stereo tersebut sempurna untuk perjalanan jauh maupun dekat, dengan semua fungsi kontrol yang dibutuhkan untuk mengendalikan pengeras suara dan sistem audio. Unit Head Din Ganda juga tersedia dengan teknologi terkini. Tak hanya dengan input CD dan DVD, mobil ini juga dibekali dengan koneksi tanpa kabel WIFI atau unit head Bluetooth untuk koneksi di dalam mobil pada saat berkendara. Beberapa versi mutakhir dari sistem stereo tersebut juga dilengkapi dengan Siri Eyes Free yang memungkinkan pengendalian melalui suara dari ponsel berbasis iOS.

Roda

Mobil ini menampilkan roda berukuran 195/65 R15 yang terbalut dalam rim baja yang mampu menyerap sebagian besar benturan dan melindungi mobil dari deformasi.

Pengereman dan Pengendalian

Ban mobil ini menggunakan cakram berventilasi sedangkan bagian belakangnya menggunakan rem drum. Tipe cakram berventilasi umumnya digunakan untuk mobil berkinerja-tinggi, dan tipe rem drum yang kaku cocok untuk roda-roda belakang. Proton Exora juga dibekali dengan sistem pengereman Anti-terkunci yang dianggap sebagai aplikasi paling efisien untuk mengendalikan rem pada permukaan yang licin.

Keselamatan dan Keamanan

Dalam hal parameter keselamatan, Proton Exora Star FLX telah berhasil meraih peringkat keselamatan bintang-4 ANCAP untuk semua variannya. Program peringkat ini dinilai dengan basis perlindungan pejalan kaki dan kemampuan menghindari benturan. Dalam uji-coba benturan, Proton telah membekalinya dengan fitur-fitur keselamatan canggih yang dapat memastikan keselamatan keseluruhan bagi para penumpangnya. Exora berhasil meraih angka 10,55 dari 16 poin untuk keseimbangan benturan, dan angka 14,82 dari 16 poin untuk efek samping benturan. Beberapa fitur keselamatan lainnya meliputi sensor Parkir, kunci keselamatan anak-anak, sabuk pengaman belakang, bantuan pengereman, sensor benturan, alarm Anti-maling, penanda Pintu Tidak Tertutup, immobiliser mesin, dan airbag SRS ganda untuk penumpang depan dan belakang. Tak hanya itu, sabuk pengaman untuk penumpang depan dan belakang juga dilengkapi dengan pra-tensioner dan pembatas beban yang dapat mengurangi tekanan pada dada yang disebabkan oleh penggunaan sabuk.

Pro

  • Dapat memberikan pengendaraan yang Bertenaga, Luas dan Nyaman
  • Harga lebih murah dibandingkan sebelumnya
  • Tampilan yang dirancang ulang, berbeda dibandingkan sebelumnya

Kontra

  • Mesin ini mengeluarkan bunyi yang mungkin mengganggu bagi sebagian orang
  • Fitur-fitur keselamatannya tidak cukup untuk memenuhi standar yang tinggi
  • Girboks Transmisi Manual dapat diubah menjadi transmisi otomatis

Download Brosur

Download brosur Proton Exora Star FLX untuk spesifikasi yang lebih detail
Lihat Brosur Proton lainnya