Viral, Moge Ducati Multistrada Terbakar Saat Touring, Apa Penyebabnya?

Viral, Moge Ducati Multistrada Terbakar Saat Touring, Apa Penyebabnya?

Viral sebuah video menunjukkan satu unit motor gede (moge) Ducati Multistrada berkelir putih tiba-tiba mengeluarkan api dan terbakar. Belum diketahui lokasi terjadinya di mana, namun dari beberapa informasi yang OTO.com terima insiden ini belum lama terjadi.

Di video pertama berdurasi 58 detik menampilkan momen Ducati Multistrada mengalami kebakaran. Awalnya motor tersebut berjalan normal tanpa ada masalah, tapi tiba-tiba motor seperti kehilangan tenaga (loss power) saat di tanjakan menikung. Tak lama Ducati itupun sedikit menepi dan pengendara coba mematikan mesin.

Terlihat pengendara sedikit sulit untuk menghidupan mesin, ditandai dengan panel meter yang menyala kemudian mati lagi. Singkat cerita mesin motor berhasil dinyalakan, namun tak lama dari itu api menyulut dan berkobar cukup besar hingga membakar hampir semua area mesin, bodi tengah, sampai ke belakang

Beruntungnya tak ada korban jiwa dan pengendara bisa menyelamatkan diri. Sekilas dampak dari kebakaran tersebut wujud dari motor seharga Rp 800 jutaan itu masih utuh dan tak mengalami kerusakan yang parah akibat kobaran api.

Mengkonfirmasi hal ini ke Manager PT Cakra Motor Sport (CMS) sebagai APM dan distributor resmi Ducati di Indonesia, Riezka Donalsha tak menampik insiden terbakarnya unit Multistrada. Namun ia menggaris bawahi jika motor tersebut tidak pernah atau tak terdaftar melakukan servis di bengkel resmi Ducati Indonesia.

"Memang benar itu unit atau produk Ducati. Tapi unit ini tidak pernah terekam servis di sini (Ducati Moto Village). Jadi maaf saya nggak bisa berikan komentar lebih banyak," kata Eja, panggilan karibnya saat dihubungi OTO.com, Kamis (16/9).

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Sudah Terpesan 4 Ribuan Unit, Model ABS Paling Laris

Ducati Multistrada terbakar

Prediksi terjadinya kebakaran

Kejadian terbakarnya kendaraan bermotor sebenarnya kerap terjadi di Indonesia. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, mulai dari kondisi motor yang tidak prima, penggunaan aksesori di luar standar pabrikan, atau tak rutin melakukan perawatan di bengkel resmi.

Terkait terbakarnya Ducati Multistrada, hingga saat ini belum ada informasi pasti, pihak Ducati Indonesia juga masih belum mau berbicara banyak. Namun sedikit menganalisa dari video, kemungkinan besar kebakaran dipicu akibat korsleting (shortcut) dan bocornya bahan bakar.

Sebab motor sempat mengalami putus tenaga (power loss) dan knalpot sempat menembak-nembak yang indikasinya ada permasalahan pada sistem bahan bakar. Seperti diketahui motor saat ini memiliki komponen fuel pump yang kemungkinan daya tekan di motor tersebut sudah berkurang.

Nah ketika bahan bakar tumpah dan kemudian mengaliri komponen mesin dan juga sistem perkabelan di sinilah momentum percikan api terjadi. Istilahnya adalah shortcut electric yang analisanya mengarah pada permasalahan kabel busi atau sistem wiring yang lainnya.

Baca juga: Nyamannya Perjalanan Oase Pasundan Berkat Fitur Yamaha Y-Connect

Ducati Multistrada terbakar

Api dipicu 3 sumber

Instruktur Keselamatan Berkendara dan Founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kebakaran sejatinya dipicu 3 sumber. Pertama udara, kedua bahan bakar, dan ketiga sumber panas.

"Untuk panas ini adalah shortcut yang jika permasalahanya ada di motor kemungkinan besar adalah korsleting. Bisa terjadi karena ada modifikasi yang tidak sesuai standar operasional," kata Jusri saat dihubungi.

Sederhananya ketika 3 elemen tadi tidak bersinggungan potensi kebakaran tidak akan terjadi. Jusri menyarankan agar setiap pengendara bisa bijaksana dalam melakukan perawatan motor dan juga memodifikasinya.

"Tindakan preventif yang harus dilakukan bagi para pengendara motor maupun mobil, ketika melakukan modifikasi harus dalam batas wajar dan mengikuti sop dari pabrikan masing-masing. Karena harus diketahui 3 elemen itu ada di kendaraan," pungkasnya.

Ducati Multistrada terbakar

Spesifikasi Ducati Multistrada 1200

Jika merujuk dari unit yang ada di video, kemungkinan besar adalah tipe Multistrada 1200. Saat ini Ducati Indonesia sudah tak lagi menjualnya dan menggantikan dengan model Multistrada V4 dan tipe mesin 950 cc-nya.

Masuk kategori motor touring, Ducati Multistrada 1200 dibekali mesin 2-silinder L-twin 1.198 cc liquid-cooled berteknologi Desmodromic Variable Timing (DVT). Dapur pacu ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 daya kuda dengan torsi maksimum 136 Nm.

Adapun untuk fitur, moge ini dibekali dengan ABS Cornering, Ducati Quick Shifter (DQS), Ducati Traction Control, Ducati Cruise Control, dan yang lainnya. (Kit/Raju)

Baca juga: Touring Oase Pasundan Bersama All New Yamaha NMax dan Aerox (Video Episode 1)

Model Motor Ducati

  • Ducati Monster
    Ducati Monster
  • Ducati Panigale V4
    Ducati Panigale V4
  • Ducati MultiStrada
    Ducati MultiStrada
  • Ducati Panigale
    Ducati Panigale
  • Ducati Scrambler Classic
    Ducati Scrambler Classic
  • Ducati Scrambler Icon
    Ducati Scrambler Icon
  • Ducati Scrambler Cafe Racer
    Ducati Scrambler Cafe Racer
  • Ducati Scrambler Sixty2
    Ducati Scrambler Sixty2
  • Ducati Hypermotard 950
    Ducati Hypermotard 950
  • Ducati XDiavel
    Ducati XDiavel
  • Ducati Diavel
    Ducati Diavel
  • Ducati Multistrada 1260
    Ducati Multistrada 1260
Motor Ducati

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Ducati MultiStrada Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Ducati MultiStrada

Tren Adventure Touring