Top 3 Berita Motor: BMW Motorrad R 18 Classic Meluncur dan Harga Motor Viar

Top 3 Berita Motor: BMW Motorrad R 18 Classic Meluncur dan Harga Motor Viar

Kehadiran BMW R 18 menjadi perhatian publik pecinta roda dua di Tanah Air. Buktinya, BMW Motorrad Indonesia melansir BMW R 18 Classic menyusul First Edition yang sudah lebih dulu diperkenalkan beberapa bulan lalu. Tak banyak perbedaan dari sisi teknis, hanya pada tampilannya saja yang dibuat beda karena ditujukan bagi mereka yang menyukai touring.

Berita lain yang menarik pembaca OTO.com adalah soal daftar harga motor Viar. PT Triangle Motorindo merupakan Agen Pemegang Merek (APM) Viar melansir informasi ragam varian yang ditawarkan Viar sekaligus update harga per Maret 2021. Ada New Star NX, Star NX, Vintech 200, Cross X 70 Mini Trail, Cross X 100 Mini Trail, New Cross X 150, Cross X 200 GT, Stroom, dan New Viar Q1.

Perawatan motor kesayangan harus terus dilakukan. Shop&Bike hadirkan program promo menarik. Sebagai pusat perawatan sepeda motor dari Astra Otoparts, mereka menawarkan produk dan layanan fast moving dengan potongan harga. Bertajuk ‘Gajian Maret’, konsumen dapat menikmatinya mulai 23 hingga 31 Maret 2021. Berlaku di seluruh jaringan Shop&Bike yang berada di Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang.

BMW R 18 Classic

BMW Motorrad R 18 Classic

Setelah melansir BMW R 18 First Edition beberapa bulan lalu, BMW Motorrad Indonesia memperkenalkan seri Classic. Banderolnya lebih mahal Rp 100 juta dari varian standar. Tepatnya Rp 1,069 Miliar dalam kondisi off the road. Tidak ada perbedaan dalam hal teknis. Beda lebih pada tampilan dengan pemasangan perlengkapan untuk menunjang perjalanan jauh. Cruiser Heritage pertama di jajaran model BMW Motorrad itu kian menonjolkan kesan motor peturing sejati dengan gaya retro.

Apa bedanya dengan R 18 biasa? Yang terpampang jelas beda bisa dilihat mulai dari fasad. Dipasang windshield super tinggi untuk mengempas angin dan tak menyiksa wajah waktu berjelajah. Desain tepian mika serta penyangga begitu apik. Pas menghiasi wujud klasiknya. Dan juga, tambahan dua lampu LED bundar di sisi headlight – selain mendongkrak penampilan – berfungsi menambah penerangan di area-area minim pencahayaan.

Jika di edisi pertama hadir dalam format jok tunggal, seri ini ketambahan jok untuk penumpang. Busa serta dimensinya bukan asal-asalan sekadar ada. Tampaknya cukup nyaman diduduki. Berikutnya, untuk menambah daya tampung, sisi kiri kanan bagian belakang digantungkan saddle bag. Terakhir, peleknya diberi aksen berbeda. Terutama di depan. Diameternya 16 inci, dibalut ban ukuran 130/90. Alhasil dari tampak depan motor semakin terlihat beringas. Lebar dan berisi. Sementara sisanya, tetap mengadopsi basis first edition. Dari mulai teknis mesin sampai kelengkapan fitur.

Imbuhan R di nama depannya mengartikan jika ia memangku mesin boxer. Mesin tidur punya kubikasi gigantic, 1.802 cc. Terbesar sepanjang sejarah! Tenaga 91 Hp sanggup diraih mulai 4.750 rpm. Dan torsi 157 Nm keluar di rentang 2.000 rpm – 4.000 rpm. Titik fokusnya jelas memberi momen puntir sempurna, Klaimnya, ia dapat melesat hingga 178 kpj.

Rangkaiannya boleh saja klasik. Tapi komponen pendukung haruslah relevan dengan teknologi sekarang. Sistem suplai bensin sudah injeksi elektronik, yang seharusnya presisi mendistribusi bahan bakar. Mekanisme respons gas menganut sistem throttle-by-wire. Menariknya, girboks enam percepatan pun tak sebatas transmisi biasa. Sensor MSR bekerja untuk mengurangi efek engine brake terlalu heboh, ketika down shifting dari putaran tinggi. Mirip slipper clutch, tapi sepenuhnya pakai sistem komputer. Lantas penyaluran ke roda belakang, mengikuti sang leluhur pakai drive shaft yang diekspos pada sisi kanan. Harusnya, proses delivery tenaga lebih instan dan tangguh ketimbang rantai atau belt.

Ada tiga opsi gaya berkendara. Setingan paling aman yaitu Rain, mengaktifkan kontrol traksi dalam sensitivitas optimum. Buat motor sebesar ini pastinya begitu berfungsi, mengingat tenaganya liar. Kedua ialah Roll, mode paling moderat di antara keduanya. Biasanya digunakan ketika melaju di dalam kota atau sedang berjelajah di aspal kering. Terakhir Roll, mengurangi sensitivitas kontrol traksi dan respons gas. Mirip mode Dynamic di BMW lain, digunakan saat sedang merasa ingin memuntahkan adrenalin. Tapi, semua fungsi keamanan elektronik tak bakal mati sepenuhnya. Supaya tetap dalam batas aman.

Baca berita lengkapnya di sini.

Viar Q1

Update Harga Motor Viar per Maret 2021

PT Triangle Motorindo sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Viar menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya kuda besi konvensional, Viar juga menghadirkan motor listrik dan telah bekerja sama dengan Bosch. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi ragam varian yang ditawarkan Viar sekaligus update harga per Maret 2021.

Dimulai dari New Star NX. Ia merupakan salah satu moped atau motor bebek paling murah saat ini. Ditawarkan dengan harga Rp 9,950 juta OTR Jakarta. Ia menggendong mesin berkapasitas 100 cc, 4-tak, SOHC, berpendingin udara. Daya maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 6,7 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak hingga 6,7 Nm. Ia memang motor bebek yang ditempatkan di segmen low end. Meski jantung mekanisnya sederhana, namun teknologi di motor ini cukup jadi perhitungan. Apalagi bicara banderol motor ini jadi paling murah di kelasnya.

Kemudian ada Vintech 200. Ia merupakan motor bergaya retro yang ditawarkan Viar. Tampang klasiknya begitu kentara. Utamanya pada tampang keseluruhan, mirip-mirip motor bergaya cafe racer. Saat ini dirinya dihargai Rp 19,6 juta OTR Jakarta. Dan ditawarkan dalam 3 pilihan warna; Army Green, Metalic Silver dan Matt Black. Jantung mekanisnya mengedepankan kubikasi 200 cc, SOHC satu silinder dan masih menggunakan pengabutan bahan bakar karburator. Dengan modal itu, Vintech 200 bisa mengail tenaga 17,4 Hp di 8.500 RPM dan torsi 15 Nm pada putaran 6.500 RPM.

Rangkaian motor trail dibuka Cross X 70 Mini Trail. Produk ini dirancang untuk anak-anak yang gemar bermain motor trail. Pertama kali dikenalkan pada ajang Jakarta Fair Kemayoran 2015. Dan saat ini dirinya dibanderol Rp 8,980 juta off the road Jakarta. Penampilannya cukup menarik, memiliki garis desain yang tajam dan agresif, layaknya motor trail besar.

Selanjutnya Cross X 100 Mini Trail. Produk lain yang juga dikhususkan untuk anak-anak ada Cross X 100 Mini Trail. Ia merupakan motor trail mini bermesin 100 cc yang mengincar pasar anak-anak di rentang usia 6-12 tahun. Tentunya yang ingin berlatih keterampilan naik motor di sirkuit. Sekarang dia dijual Rp 11,1 juta off the road Jakarta.

Viar Cross X 150 sengaja dipasarkan Viar untuk mengakomodasi penggemar offroad, baik pemula maupun profesional. Selain itu, Cross X 150 juga menyasar konsumen yang menyukai motor dual-purpose (dua fungsi : di aspal dan non-aspal). Di Maret 2021, dia dilego Rp 17,250 OTR Jakarta.

Cross X 200 GT dijajakan Viar buat menghadang laju motor trail yang dijajakan brand Jepang, Viar menghadirkan Cross X 200 GT. Unit yang ready di beberapa diler resmi Viar ini dijual Rp 25,520 juta OTR Jakarta. Secara garis besar, desainnya tak beda jauh dengan varian yang 150 cc. Desain grafis yang menempel di bodinya juga dibuat mirip, mencirikan motor off-road dari Viar. Sayangnya hanya memiliki satu warna yaitu, putih.

Terakhir ada motor listrik Stroom yang bisa jadi pilihan bagi Anda yang mencari motor skuter matik (skutik) bermesin listrik. Soal harga dirinya dibanderol Rp 22,5 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta. Ia dibekali baterai lithium 60 Volt 23,4 Ampere dan motor penggerak 1.200 Watt. Skuter listrik ini diklaim mampu menempuh jarak 60 kilometer, dengan kecepatan maksimal 70 Km/jam. Dan New Q1. Sekarang dirinya sudah masuk ke generasi kedua dan dibanderol Rp 18 juta OTR Jakarta.

Baca berita lengkapnya di sini.

Bengkel Shop&Bike

Promo Shop&Bike Selama Maret

Perawatan motor kesayangan harus terus dilakukan. Shop&Bike hadirkan program promo menarik. Sebagai pusat perawatan sepeda motor dari Astra Otoparts, mereka menawarkan produk dan layanan fast moving dengan potongan harga. Bertajuk ‘Gajian Maret’, konsumen dapat menikmatinya mulai 23 hingga 31 Maret 2021. Berlaku di seluruh jaringan Shop&Bike yang berada di Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang.

Produk pertama yang mendapat potongan harga yakni ban. Bagi Anda yang membutuhkan ban baru untuk motor Anda, ban Pirelli memberikan diskon sebesar 15 persen + 10 persen, serta Aspira Premio dan Maxio 30 persen. Masing-masing yang diberi korting merupakan ukuran roda 14 dan 17 inci. Semua kulit bundar bertipe tubeless. Dan setiap pembelian sudah termasuk pentil dan nitrogen.

Kemudian ada promo tukar tambah aki motor GS Astra mulai dari Rp 33 ribu. Setiap transaksi yang dilakukan akan ditambah gratis toolkit senilai Rp 50 ribu. Komponen yang mengandung listrik ini diberikan garansi sampai 24 bulan atau 40.000 Km, mana yang lebih dulu dicapai. Lalu ada shock absorber dari KYB Zeto. Peranti untuk meredam guncangan motor ini diganjar diskon sebesar 30 persen. Model shock yang diberi potongan harga adalah KYB Zeto.

Selanjutnya ada Oli Shell Advance yang diberi diskon Rp 5 ribu. Pelumas ini untuk skutik yang memiliki kapasitas oli mesin 0,8 liter. Bila pelanggan telah mengganti Oli Shell Advance di Shop&Bike sebanyak 5 kali, maka akan mendapatkan gratis 1 kali. Promo ini tidak termasuk gear oil.

Tak melulu produk, Shop&Bike juga siap melayani konsumen yang membutuhkan peratawan dan service rutin. Sepanjang bulan ini ada penawaran spesial tune up hanya Rp 80 ribu untuk semua jenis skutik.

Layanan ini menggunakan alat khusus, sehingga tidak perlu dilakukan pembongkaran. Apalagi yang berpotensi menimbulkan retak ataupun lecet pada sasis motor, serta pengerjaan juga dapat selesai lebih cepat. Dengan metode infus, injector cleaner langsung membersihkan saluran injeksi sehingga mesin bersih lebih menyeluruh. Tentu semua promo yang disediakan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. (Raju)

Baca berita lengkapnya di sini.

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor