Italjet Dragster Edisi Khusus Ludes Terjual Sebelum Peluncuran

Italjet Dragster Edisi Khusus Ludes Terjual Sebelum Peluncuran

Sebanyak 499 unit Italjet Dragster edisi khusus terjual habis. Padahal peluncuran resminya belum dilakukan oleh pihak pabrikan. Model terbatas ini dibuat untuk merayakan kembalinya segmen skuter perusahaan asal Italia setelah jeda lebih dari 10 tahun.

Italjet kenalkan skuter Dragster pertama kali di EICMA 2019, dan saat itu masih dalam bentuk konsep. Walau masih dalam tahap purwarupa, membuat para pecinta kuda besi dari seluruh dunia terpikat. Akhirnya pihak pabrikan mulai membuka keran pemesanan pada Februari 2020.

Italjet Dragster Indonesia IIMS 2020

Perusahaan sengaja untuk tidak membuka pre-order untuk edisi khusus, mereka baru mengumumkannya pada awal Maret. Namun pelanggan yang telah membeli Dragster reguler mengalihkan pemesanan mereka ke edisi terbatas berkelir emas. Dan ternyata konsumen dari seluruh dunia rela mengeluarkan budget lebih agar bisa mengambil edisi terbatas.

Mereka sebetulnya menjadwalkan untuk memulai produksi Dragster sekitar Mei. Namun karena pandemi coronavirus, semua proses perakitan sekaligus peluncuran resminya jadi tertunda. Setidaknya skuter antimainstream itu tiba pada September 2020 di pasar internasional, termasuk versi limited edition. Sejauh ini, perusahaan mencatat bahwa sebagian besar pemesanan datang dari Jepang, Jerman dan Inggris yang termasuk di antara pembeli terbesar.

Baca juga: Ducati Rilis Motor 'Hype' Bertema Rebel, Hypermotard 950 RVE

Skuter Italjet Dragster tersedia dengan pilihan antara opsi mesin 125 cc dan 200 cc. Untul model standar tersedia warna merah, jingga dan kuning. Sementara versi edisi khusus hadir dalam skema warna dan grafis yang khas, dengan kelir dasar hitam dan aksen emas-magnesium yang kontras di bagian depan, frame serta sistem suspensi forkless horizontal.

Italjet Dragster First Edition

Buat edisi terbatas mendapatkan branding ‘First Edition’ di bagian ekor. Menandakan kembalinya Italjet dalam memproduksi skuter setelah terhenti lebih dari satu dekade. Elemen lainnya serupa dengan versi reguler, seperti headlamp LED kembar, kisi-kisi mirip ventilasi udara di tameng depan, setang tegak model jepit, kursi step-up split, knalpot besar dan bagian ekor lebih pendek. Paling mencolok ialah tidak adanya bodi samping yang menunjukkan bahwa Dragster adalah persilangan antara skuter dan naked bike streetfighter.

Ciri khas utamanya terletak pada sektor kaki-kaki. Tidak ada fork teleskopik atau upside down yang biasa kita lihat di skutik pada umumnya. Suspensi depan pakai Hub-Steering atau yang mereka namai SIS (Steering Independent System). Materialnya dibuat dari aluminium alloy yang juga dipakai oleh pesawat ruang angkasa. Ini yang menjadi ciri khas produk sesama pabrikan Italia lainnya seperti Bimota, yakni model peredam kejut depan pakai mekanisme monoshock hydro pneumatic. Terapan serupa juga dapat ditemui pada suspensi belakang.

Baca juga: Meluncur Akhir Tahun, Lambretta G325 Special Siap Tantang Vespa GTS 300

Bagian penghenti laju dibekali rem cakram berukuran 175 mm di depan dan 240 mm belakang. Masing-masing dijepit dengan kaliper lansiran Brembo. Anti-lock braking system (ABS) menjadi fitur standar keselamatan untuk dirinya supaya roda tidak terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

Untuk Dragster varian 125 cc mampu mengeluarkan tenaga 14,9 Hp di 10.000 rpm dan torsi 12,5 Nm pada 7.750 rpm. Sementara versi 200 cc menghasilkan power sebesar 19,8 Hp pada 8.250 rpm dan torsi 17 Nm pada 6.250 rpm. Keduanya berkonfigurasi satu silinder DOHC 4 klep berpendingin cairan. Padanannya adalah CVT dengan automatic centrifugal multiplate wet clutch.

Spesifikasi Italjet Dragster

Walau termasuk kategori skuter, ia tidak memiliki fitur kepraktisan khas skutik konvensional. Jangan berharap ada power charger, bagasi luas, ataupun teknologi penghemat bahan bakar. Pabrikan Italia ini merancangnya memang untuk performa. Kalau pun ada hanya untuk menunjang performa berkendara dan legalitas di jalan raya. Seperti lampu depan, belakang, dan sein yang sudah full LED dan brake lever di setang untuk menjaga tuas rem agar tidak tertekan saat bersinggungan dengan motor lain.

Untuk pasar Indonesia, Italjet Dragster masuk melalui importir umum (IU) yang dipegang oleh Scooter Corse. Kabarnya di sini buat unit limited edition kebagian jatah 30 unit. Estimasi harga yang ditawarkan sebesar Rp 137 juta on the road. Perkiraaan awal dikirim ke konsumen mulai Agustus, namun karena tertundanya proses produksi membuat semua jadwal mundur. (Bgx/Tom)

Sumber: Ride Apart, Riders Drive Mag

Baca juga: Triumph Rocket 3 Datang ke Indonesia, Dibanderol Rp 750 Juta

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor