Triumph Rocket 3 Datang ke Indonesia, Dibanderol Rp 750 Juta

Triumph Rocket 3 Datang ke Indonesia, Dibanderol Rp 750 Juta

Untuk pertama kalinya Indonesia kebagian jatah meniagakan Triumph Rocket. Dan, momen inipun dimanfaatkan PT Garda Andalan Selaras (GAS) merilis edisi terbaru cruiser asal Inggris tersebut. Tak tanggung pula, dua model sekaligus mereka datangkan guna memenuhi hasrat konsumen di Tanah Air.


Menarik karena Triumph Rocket 3 dipasang sebagai unit tertinggi keluaran pabrikan Inggris. Bermodalkan mesin DOHC 3-silinder dengan kubikasi 2.500 cc. Di atas kertas, dia mampu mengail daya 164,9 Hp/6.000 rpm dan torsi 221 Nm di putaran mesin 4.000 rpm. Tentu saja catatan itu berlaku untuk kedua tipe yakni Rocket 3 GT dan Rocket 3 R.


Triumph Rocket


Output tersebut tersalurkan melalui transmisi 6-percepatan. Impresif juga lantaran telah menggunakan sistem Ride-by-Wire. Meski galak, pengemudi tak perlu khawatir karena Triumph sudah menyematkan beberapa fitur pendukung. Semisal torque assist pada sistem clutch-nya. Bahkan khusus untuk tenaga, diklaim naik 11 persen ketimbang generasi Rocket terdahulu.


"Triumph Rocket 3 akan memberikan pengalaman berkendara dan menciptakan kelas baru dengan kapasitas mesin 2.500 cc. Terbesar yang pernah ada pada sepeda motor produksi pabrikan motor manapun. Torsi terbesar yakni 221 NM tak tertandingi, 71% lebih tinggi dari pesaing terdekat. "Dengan torsi maksimum sepanjang jalan pada putaran menengah, menghasilkan akselerasi dan respons yang mudah di setiap gigi didukung oleh kemampuan fitur mumpuni untuk mendukung perjalanan," kata Sapta Hariaji, Sales Distribution and Marketing PT GAS Triumph Indonesia.


Baca juga: Triumph Scrambler 1200 Edisi James Bond Dirilis Terbatas, Hanya 250 Unit


Pada keterangan rilisnya hari ini (16/6), pria yang akrab disapa Aji mengungkap, Triumph Rocket 3 tak sekadar berbekal output nan buas. Pasalnya, sang kuda besi juga disemati teknologi serta fitur terkini. Satu diantaranya ialah ketersediaan mode berkendara. Terdiri dari: Rain, Road maupun Sport. Bukan sekadar menyesuaikan kebutuhan kondisi jalan, tapi juga bertujuan mengatur keluaran. Terbukti dengan adanya pula ketersediaan fitur Rider-configurable di situ. Secara fungsi, tentu ditujukan agar pengendara dapat mengatur sendiri output mesin sesuai keinginan dan kebutuhan.


Triumph Rocket 3 GT


Penyajiannya bisa dilihat pada layar TFT di area kemudi. Di layar ini pun pemilik dapat mengetahui informasi seperti speedometer, trip computer, digital tachometer, gear position indicator, fuel gauge, service indicator, ambient temperature hingga jam secara digital. Ada juga terapan sistem konektivitas yang terhubung melalui jaringan Bluetooth. Saat ini masih terhitung jari pabrikan yang menggunakan teknologi ini. Salah satunya bisa Anda temui pada All New Yamaha NMax atau unit dagangan BMW Motorrad.


Meski begitu, rasanya butuh penyesuaian lebih untuk mengendalikan Triumph Rocket 3 ini. Dengan wheelbase: 1.677 mm, lebar serta tinggi masing-masing: 889 mm dan 1.065 mm, tubuhnya sangatlah bongsor. Apalagi dengan bobot mencapai 291 kg dan ketinggian jok 773 mm. Namun, ini bisa mejadi pilihan ideal buat penggemar touring. Setang Rocket 3 disetel tinggi juga pijakan kaki yang condong ke depan.


Padu padan ini memberikan kenyamanan untuk perjalanan jauh. Pengendaliannya juga terbantukan oleh sasis, swingarm hingga perangkat roda casting berbahan aluminium. Lantas ditopang pula oleh sokongan suspensi depan USD ala Showa diameter 47 mm dengan travel suspension 120 mm. Sementara untuk peredam kejut belakang, jua dimodali merek serupa. Sudah fully adjustable disertai piggyback reservoir RSU dengan remote untuk menyetel preload.


Trumph Rocket


Pada sektor pengereman, mengandalkan kinerja rem ala Brembo 4 piston radial dengan kaliper monoblok di depan untuk mengawal disc brake 320 mm. Sedangkan di belakang, terpasang rem Brembo 4-piston monoblok kaliper mengapit cakram berdiameter 300 mm.


Berita gembiranya adalah konsumen di Indonesia sudah bisa mendapatkan unitnya secara langsung. "Untuk saat ini sudah tersedia tipe Rocket 3 GT. Kami sudah ada 3 unit. Kalau untuk Rocket 3 R estimasinya akan masuk Juli nanti. Kami mendatangkan model ini karena melihat pasar cruiser di sini (Indonesia) ada dan Rocket ini adalah salah satu ikon Triumph," jelas Yudi Yulianto, Direktur PT GAS Triumph Motorcycle kepada OTO.


Panel meter digtial Triumph Rocket


Untuk harga, kedua model dipatok sama yaitu 750 juta off the road Jakarta. Opsi warna pada Rocket 3 GT meliputi: Silver Ice dan Storm Grey with Korosi Red Strip. Sementara pada Rocket 3 R menyediakan pilihan kelir Korosi Red dan Phantom Black. Yudi juga menginformasikan konsumen harus membeli lagi perangkat konektivitas, berupa Bluetooth kit agar bisa menghubungkan motor dengan smartphone. (Ano/Tom)


Baca juga: Begini Gambaran Triumph Bonneville Mini Hasil Kolaborasi dengan Bajaj

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store