jakarta-selatan

Vaughn Gittin Jr. Drifting Sepanjang Nurburgring dengan Ford Mustang

  • 28 Sep, 2018
  • 908 Kali Dilihat

Sirkuit Nurburgring, selama ini dianggap sebagai trek balap paling sakral. Tidak hanya menjadi pusat pengujian dan pengembangan banyak mobil baru, di sini pula para pabrikan berlomba saling memecahkan rekor putaran lap. Lintasan yang amat panjang, diisi tikungan teknikal, chicane dan hairpin, semuanya komplet ada di Nurburgring-Nordschleife.



Namun, melahap satu lap sejauh 20 km lebih dengan waktu tercepat dianggap sudah biasa oleh Ford. Mereka tidak mengincar gelar itu, ada sesuatu berbeda yang ingin dicoba. Ford ingin membuat sejarah dengan mengitari Nurburgring sambil drifting. Ya, teknik mengemudi ‘sideway’ atau bahasa mudahnya ‘ngepot’, dilakukan pada setiap tikungan di Nordschleife.


Untuk mewujudkannya, Ford meminta dukungan Vaughn Gittin Jr. Ia tak lain jawaranya Formula Drift. Tentunya pekerjaan mudah baginya, dan rekor drifting sejauh 20,7 km pun dipegang. Klaim pihak pabrikan, ini merupakan rekor drift paling jauh di Nordschleife.



Tantangan tidak sama seperti regulasi dalam kompetisi drifting. Lebih kepada melakukan drift di tiap tikungan yang menciptakan pekikan suara mesin dan ban, juga kepulan asap tebal. Tentu saja harus menggunakan mobil khusus.


Adalah Ford Mustang RTR yang spesial dirancang untuk tujuan ini. Dipersenjatai mesin V8 5,0-liter dengan Supercharger Vortech JL, konon dayanya mencapai 913 PS. Suspensi sedikit dimodifikasi supaya menambah sudut lock kemudi jadi 65 derajat. Saat sedang drifting, kecepatan tertingginya menyentuh 241 km/jam.



Dari video yang diunggah Ford Performance, memperlihatkan aksi gila sekaligus menawan. Kemampuan Gittin tentu tak perlu disangsikan lagi. Sideway di setiap kelokan mudah saja dilakukan dengan mobil rancangan khusus. Sering kali roda belakang keluar jalur karena memang lebar trek yang kurang mencukupi.


Aksi itu bukan atas usaha Gittin belaka. Agar adegannya dramatis, dibutuhkan pula peran filmmaker dan keterlibatan banyak orang. Setiap adegan diambil ibarat dalam sebuah video game, tapi sebenarnya nyata. Bahkan ban Nitto harus diganti dua kali agar membantu proses drifting sampai satu putaran penuh.


Videonya langsung viral, namun hanya versi pendeknya saja yang baru ditayangkan. Versi editan hanya sepanjang 3 menit. Tapi cukup menampilkan aksi secara keseluruhan seperti detil drifting di tikungan, termasuk Caracciola-Karussell yang terkenal. Dikabarkan, video versi utuh dirilis pada Oktober. Bagi para pecinta seni drifting, apa yang dilakukan Gittin di Nurburgring ini pastilah membuat iri. (Odi)


Baca Juga: Mobil Kepresidenan Baru Trump Akhirnya Menampakkan Diri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi