Toyota Eco Youth Kembali Digelar, Fokus pada Aksi Dekarbonisasi

Toyota Eco Youth ke-13 terbuka untuk semua generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh wilayah Indonesia

Toyota Eco Youth Kembali Digelar, Fokus pada Aksi Dekarbonisasi
Contents

Toyota di Indonesia kembali menggelar Toyota Eco Youth (TEY). Kompetisi proyek dan inovasi lingkungan skala nasional untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian generasi muda Indonesia serta berkontribusi dalam penanggulangan masalah lingkungan. TEY yang sudah memasuki seri ke-13 tahun ini berfokus pada dekarbonisasi.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa itu Toyota Eco Youth?

    Sebuah program yang diinisiasi oleh Toyota Indonesia dengan bentuk kompetisi proyek dan inovasi lingkungan bagi siswa SMA dan sederajat
  • Acara pembukaan (kick off) TEY ke-13 digelar 30 April 2024 dan diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta. Mengangkat tema “EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”, yang fokus pada dekarbonisasi oleh generasi muda. Acara dihadiri siswa-siswi SMA dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, dan 25 sekolah lainnya secara daring dari seluruh Indonesia. TEY mengajak siswa SMA dan sederajat, dalam kelompok dua siswa dan satu guru, untuk berpartisipasi dengan mengirimkan proposal proyek lingkungan. Setelah kick off, program berlanjut dengan sosialisasi, seleksi proposal, bimbingan, implementasi, mentoring, penjurian, dan pengumuman pemenang.

    Dalam kick off TEY ke-13, turut diadakan talk show dengan tema "Bincang Aksi Jaga Bumi". Acara ini menampilkan pembicara dari kalangan aktivis netralitas karbon muda, seperti Swietenia Puspa Sari dan Zidane Nur Adha. Mereka mendiskusikan tantangan-tantangan perubahan iklim global yang kita hadapi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk memberikan kontribusi pada lingkungan. Hal ini dimaksudkan untuk menginspirasi generasi muda agar turut serta berpartisipasi dan bertindak.

    kick off Toyota Eco Youth ke-13

    "Mengangkat tema “EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi” TEY berfokus pada upaya dekarbonisasi. Harapannya tidak sekadar sebagai usaha menurunkan emisi, namun juga bagaimana menggali dan memanfaatkan kesempatan dalam peluang-peluang baru, yang bertujuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Upaya dekarbonisasi tentunya memerlukan sinergi semua pihak sehingga meraih hasil nyata, tanpa kecuali generasi muda sebagai pilar utama bagi kontribusi masa depan bumi yang lebih hijau," ujar Bob Azam Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

    Program TEY diharapkan bisa menjadi wadah partisipasi generasi muda untuk keberlanjutan bumi. Terkhusus bagi siswa di bangku sekolah menengah yang sadar dan peduli terhadap lingkungan, agar dapat beraksi nyata dalam mempercepat target Pemerintah untuk mengurangi emisi secara optimal pada tahun 2060.

    "Toyota Indonesia berkomitmen melaksanakan Toyota Enviromental Challenge 2050, dengan menurunkan emisi kendaraan yang diproduksi, dan mendukung Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang. Dengan Multi-Pathway Strategy, Toyota Indonesia menginisiasi IT'S TIME FOR EVERYONE yang mengajak masyarakat untuk berkontribusi melestarikan lingkungan sesuai kemampuannya, seperti memakai kendaraan elektrifikasi Toyota yang semakin lengkap, dan melakukan langkah kecil namun berdampak positif," imbuh Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

    kick off Toyota Eco Youth ke-13

    Diluncurkan pada tahun 2005, TEY merupakan kompetisi gerakan penghijauan dan kepedulian lingkungan yang digagas oleh Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor), melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat dari 1.700 sekolah di 34 provinsi di Indonesia, dengan total hampir 4.000 proposal proyek.

    Sedangkan untuk TEY ke-13 tetap terbuka untuk semua generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh wilayah Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa menyambangi situs toyotaecoyouth.com untuk detail persyaratan dan tahapan pendaftaran lebih lengkap.

    "Partisipasi aktif generasi muda dapat diwujudkan melalui aktivitas TEY ke-13 sebagai media inspirasi bagi inisiatif dan kreativitas untuk mengembangkan ide-ide sederhana menjadi inovasi dekarbonisasi, yang bermanfaat secara nyata bagi lingkungan sekitar. Tentunya, program ini tidak akan berlangsung secara konsisten hampir 20 tahun berkontribusi, tanpa adanya dukungan dan sinergi positif dari Pemerintah, sekolah, dan komunitas terkait hingga para ahli yang berpengalaman di bidangnya," Bob Azam memungkasi.

    Konsistensi untuk Berkontribusi

    Sebagai program berkelanjutan, TEY juga membangun eco gallery sebagai fasilitas edukasi lingkungan. Sejumlah 32 sekolah di berbagai daerah Indonesia yang secara konsisten berpartisipasi dalam kompetisi ini, diberikan fasilitas eco gallery yang berfungsi sebagai ruang belajar dan aktivitas terkait proyek serta inovasi dalam perbaikan lingkungan. Program ini berperan sebagai wadah partisipasi aktif untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda dalam mendukung visi Indonesia menuju masa depan dengan netralitas karbon. Dengan komitmen untuk menyebarluaskan semangat dekarbonisasi ke para pelajar, diharapkan mereka dapat menjadi kunci dalam mencapai tujuan keberlanjutan dan memastikan kelangsungan hidup alam bagi generasi yang akan datang.

    Berbagai upaya dekarbonisasi juga direalisasikan melalui inisiatif penghijauan yang bertujuan menyerap emisi dari laut dan udara. Sejak 2013, kegiatan penanaman mangrove telah dilaksanakan di area seluas 14 hektar di Cilebar dan Cilamaya, berhasil menyerap lebih dari 2.300 ton emisi karbon. Selain itu, ada taman sakura di Lawu, Jawa Tengah yang bekerja sama dengan berbagai pihak sejak 2018, serta pembangunan taman bambu dengan penanaman 17 varietas bambu di wilayah Pabrik Karawang, Jawa Barat. (TOM/TOM)

    Baca juga: Ikut Beijing Auto Show 2024, Toyota Rilis Dua Mobil Listrik Baru

    Ardiantomi

    Ardiantomi

    Ardiantomi, atau yang akrab disapa Tomi ini awalnya tidak menggeluti dunia otomotif hingga ia menyadari pasion-nya dalam mengemudi dan memutuskan untuk lebih memahami seluk-beluk otomotif. Pria yang sudah piawai mengemudi sejak usia 12 tahun ini kemudian memiliki hasrat untuk dapat mencoba semua jenis mobil yang ada di dunia.

    Baca Bio Penuh

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature
    • Yang Akan Datang
    • BYD D9
      BYD D9
      Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • MG 3
      MG 3
      Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Toyota Hilux Rangga
      Toyota Hilux Rangga
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Mitsubishi Xpander Hybrid
      Mitsubishi Xpander Hybrid
      Rp 405,5 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BYD Atto 4
      BYD Atto 4
      Rp 464,33 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    • Nissan Serena ePower, Yang Ditunggu-tunggu Akhirnya Datang
      Nissan Serena ePower, Yang Ditunggu-tunggu Akhirnya Datang
      17 Jul, 2024 .
    • All New Kona Electric, Tampil Beda dengan Ubahan yang Menarik!
      All New Kona Electric, Tampil Beda dengan Ubahan yang Menarik!
      17 Jul, 2024 .
    • Kia Seltos Facelift 2024, Mesin Baru, Fitur Nambah, hingga ADAS
      Kia Seltos Facelift 2024, Mesin Baru, Fitur Nambah, hingga ADAS
      17 Jul, 2024 .
    • Bentley Continental GT Speed Edition 12, Cuma Satu di Indonesia!
      Bentley Continental GT Speed Edition 12, Cuma Satu di Indonesia!
      17 Jul, 2024 .
    • The Executive Exchange, Kenal Lebih Jauh Ricky Thio dari Mazda Indonesia
      The Executive Exchange, Kenal Lebih Jauh Ricky Thio dari Mazda Indonesia
      17 Jul, 2024 .
    • Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
      Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
      15 Jul, 2024 .
    • Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
      Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
      15 Jul, 2024 .
    • BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
      BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
      10 Jul, 2024 .
    • Mercedes-Benz EQE SUV, Mobil Listrik Premium Buat Offroad
      Mercedes-Benz EQE SUV, Mobil Listrik Premium Buat Offroad
      26 Jun, 2024 .
    • Aion Y Plus, Harga dan Fitur Senggol BYD Atto3 Hingga Omoda E5
      Aion Y Plus, Harga dan Fitur Senggol BYD Atto3 Hingga Omoda E5
      26 Jun, 2024 .
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • GIIAS 2024: Mitsubisi Luncurkan All New Triton dan Pembaruan Pajero Sport
      GIIAS 2024: Mitsubisi Luncurkan All New Triton dan Pembaruan Pajero Sport
      Setyo Adi, Hari ini
    • GIIAS 2024: BYD M6 Meluncur Sebagai MPV Listrik, Lebih Murah Dari Innova
      GIIAS 2024: BYD M6 Meluncur Sebagai MPV Listrik, Lebih Murah Dari Innova
      Tomi Tomi, Hari ini
    • GIIAS 2024: Seres Andalkan Dua SUV Listrik, Salah Satunya Konsep
      GIIAS 2024: Seres Andalkan Dua SUV Listrik, Salah Satunya Konsep
      Zenuar Yoga, Hari ini
    • GIIAS 2024: Porsche Debut New Taycan dan All New Panamera di Indonesia
      GIIAS 2024: Porsche Debut New Taycan dan All New Panamera di Indonesia
      Wahyu Hariantono, Hari ini
    • GIIAS 2024: Aion Luncurkan Hyptec HT, SUV Mewah Berpintu Gullwing
      GIIAS 2024: Aion Luncurkan Hyptec HT, SUV Mewah Berpintu Gullwing
      Muhammad Hafid, Hari ini

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature
    • advice
    • All New Hyundai Kona Electric Dirilis, Varian Paling Murah Rp499 Juta
      All New Hyundai Kona Electric Dirilis, Varian Paling Murah Rp499 Juta
      Alvando Noya, Hari ini
    • Suzuki eVX Concept Debut di Indonesia
      Suzuki eVX Concept Debut di Indonesia
      Setyo Adi, Hari ini
    • VinFast Tawarkan Harga Menarik selama GIIAS 2024 Berlangsung
      VinFast Tawarkan Harga Menarik selama GIIAS 2024 Berlangsung
      Ardiantomi, Hari ini
    • MG Cyberster Meluncur dengan Harga Rp1,688 Miliar
      MG Cyberster Meluncur dengan Harga Rp1,688 Miliar
      Anindiyo Pradhono, 17 Jul, 2024
    • VinFast Resmikan Pembangunan Pabrik Perakitan di Subang
      VinFast Resmikan Pembangunan Pabrik Perakitan di Subang
      Eka Zulkarnain H, 16 Jul, 2024
    • Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
      Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
      Setyo Adi, 24 Jun, 2024
    • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
      Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
      Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
    • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
      8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
      Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
    • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
      Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
      Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
    • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
      Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
      Setyo Adi, 02 Jan, 2023
    • Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
      Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
      Bangkit Jaya Putra, 07 Jun, 2024
    • First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
      First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
      Anjar Leksana, 30 Mei, 2024
    • Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
      Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
      Anjar Leksana, 29 Mei, 2024
    • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
      Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
      Setyo Adi, 13 Mar, 2024
    • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
      First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
      Setyo Adi, 29 Feb, 2024
    • Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
      Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
      Muhammad Hafid, 10 Jun, 2024
    • Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
      Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
      Setyo Adi, 27 Mei, 2024
    • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
      Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
      Setyo Adi, 22 Mei, 2024
    • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
      Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
      Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
    • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
      Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
      Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
    • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
      Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
      Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*