Toyota Crown Bakal Punya Kembaran Bertubuh SUV, Fotonya Sudah Beredar

Toyota Crown Bakal Punya Kembaran Bertubuh SUV, Fotonya Sudah Beredar

Tampak tidak salah bila menyebut "semua akan jadi SUV pada waktunya". Penyebaran virus mobil berpostur jangkung ibarat pandemi Covid-19 yang menyebar luas tanpa bisa dihadang. Mulai dari pabrikan eksotis sampai deretan nama legendaris ikut bertransformasi. Belakangan diketahui Toyota Crown terjangkit. Bukan sebatas kabar burung, fotonya bahkan sudah beredar.

Untuk sebagian mungkin Crown SUV terdengar gila. Bukan nama asing dan cukup identik dengan sedan elegan tunggangan para pejabat - saat ini jadi kendaraan dinas menteri. Tapi sebetulnya tidak juga, sebab banyak varian bodi pernah hadir untuk nameplate ini. Mulai dari sedan, coupe, station wagon, bahkan pikap. Kemunculan model SUV pun menambah seleksi rasa yang saat ini terbilang hambar dengan jenis sedan saja. Setidaknya bakal mejeng duluan di Negeri Tirai Bambu.

Yep, kabar eksistensi Crown bertubuh jangkung ini datang dari Cina. Melansir Motor1, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) setempat merilis foto sebuah SUV Toyota yang mirip dengan Highlander. Dipublikasikan via situs resmi sebagai bagian dari proses homologasi. Bisa dipastikan ia merupakan Crown SUV lewat emblem khas sang sedan flagship. Konon diberi nama Crown Kluger.

Identitas Highlander mudah terbaca di sekujur tubuhnya. Arah ubahan cenderung terlihat sebatas rebadge ketimbang ciptakan karakter anyar. Kalau dilihat lagi, pakaiannya begitu identik dengan Highlander trim sporty yakni XSE. Persis, memanfaatkan bumper depan agresif dengan apron menganga. Begitu pula di buritan, pancarkan nuansa atletis lewat model diffuser. Perbedaan utama paling banter badge khusus nameplate istimewa.

Baca juga: SUV Listrik Pertama Toyota Meluncur 19 April, Membuka Jalur Model EV Lainnya

Toyota Crown Kugler

Terlepas dari rancangan, setidaknya tak mengherankan bila Highlander yang dipilih untuk mewujudkan Crown SUV. Karakter megah didapat dari tubuh besar jip khas Amerika. Masih cocok untuk menyuarakan kesan aristokrat sang nameplate. Well, belum diumumkan secara resmi oleh Toyota di Cina namun beberapa detail telah terkuak.

Dari segi dimensi jelas besar, memiliki panjang 5 meter lebih. Tepatnya diukur 5.015 x 1.930 x 1.750 mm (PxLxT). Sedikit saja lebih panjang dan tinggi ketimbang Highlander namun bisa dipastikan terpengaruh desain tubuh. Sementara itu, wheelbase identik di angka 2.850 mm.

Bukan hanya eksterior, ruang mesin Crown Kluger akan diisi oleh unit hybrid serupa Highlander. Adalah enjin empat silinder 2,5 liter dengan kombinasi motor listrik. Sanggup lontarkan tenaga 189 hp untuk menggerakan tubuh seberat hampir 2.000 kg.

Toyota Crown Kugler

Dari segi fitur tampaknya bisa diekspektasikan bawa kelengkapan serupa Highlander yang dijual di pasar AS. Sebut saja smart entry dengan ragam kemudahan akses tanpa interaksi kunci, atap berhiaskan panoramic sunroof sampai penerangan full LED. Dalam kabin perbekalannya juga dipastikan mewah. Harapannya terpasang jok kulit elektris, sebaran pembungkus leather, layar digital, sampai fungsi AC otomatis tiga zona.

Fitur asisten berkendara nan canggih Toyota Safet Sense (TSS) boleh jadi turut unjuk gigi. Untuk itu, hadir banyak asisten aktif yang memberikan peringatan sampai bantuan otomatis. Termasuk di dalamnya sistem pre-collision yang sudah sanggup mendeteksi pejalan kaki. Di samping itu ada pula Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist dan Road Sign Assist.

Hingga saat ini belum ada kepastian terkait kapan Crown Kluger meluncur. Diduga kuat ia akan mendebut dalam ajang Auto China. Andai demikian, bisa diekspektasikan wujudnya disingkap 19 April 2021 nanti. Menarik untuk ditunggu. (Krm/Raju)

Baca juga: Rayakan Usia 50 Tahun, Toyota Indonesia Luncurkan Kijang Innova Edisi Terbatas