• Wishlist

Totem Automobili Restomod Alfa Romeo Giulia GTA Berjantung Listrik

Totem Automobili Restomod Alfa Romeo Giulia GTA Berjantung Listrik

Totem Automobili sedang berupaya membawa Alfa Romeo Giulia GTA memasuki era elektrifikasi. Sebuah Giulia GT tengah dibangun dengan ide konversi pemacu daya elektris. Namun bukan sekadar konversi, mereka mengimajinasikan ulang sampai ke seluruh elemen lain. Membuatnya lebih dari sebatas barang nostalgia.


Basis Restomod ini sendiri menggunakan Alfa Romeo Giulia GT Junior 1300/1600 keluaran 1970 – 1975. Setiap komponen dibongkar dan ditelanjangi total. Nyaris dibangun dari nol sampai ke sasis. Mereka hanya menggunakan 10% dari rangka bawaan untuk kemudian kawin dengan frame aluminium anyar. Roll cage menyudahi kekuatan struktur. Tujuannya jelas agar jantung elektris dapat beradaptasi di balik kulit Giulia.


Sama halnya pada kulit terluar. Bodi orisinal dirancang ulang menggunakan serat karbon agar menjaga bobot tetap di titik minimum. Sebagaimana singkatan GTA yang berarti Lightened Gran Turismo. Di samping untuk meringankan, serat karbon dimanfaatkan agar permukaan bodi halus tanpa sambungan las. Konstruksi berasal dari bahan premium ‘pre-preg’ melewati proses vacuum bagged dan dipanggang pada temperatur tinggi.


restorasi alfa romeo listrik


Rancangan tubuh carbon fiber ini pun turut berubah tanpa melengserkan siluet orisinal. Area fender tampak melar dengan sopan dan halus, tidak seperti aplikasi add-on wide body. Di wajah terdapat quad headlamp LED ala Giulia versi 1750 atau 2000. Posisi lampu suplementer di tengah menyajikan nuansa reli, bagai fog lamp yang berdiri di atas bumper. Grille dirancang ulang, bersih menyisakan bingkai segitiga terluar. Pada bokong, lampu mengotak digantikan oleh unit berbentuk lingkaran.


Baca Juga: Generasi Baru Toyota 86 Siap Meluncur Tahun 2021


Masuk kabin, mayoritas desain tidak diubah. Material pembungkus dikerjakan oleh ahli interior dengan menggunakan kulit asal Italia. Meski dibuat menguatkan aura klasik, disematkan control board digital 3,5 inci sebagai pusat informasi vital kendaraan listrik. Agar nyaman saat berkendara, diberikan head unit bergaya vintage, AC, dan power window.


Urusan dapur pacu kini mengadopsi powertrain elektris. Motor listrik sanggup menghasilkan tenaga sebesar 518 hp disertai momen puntir fantastis 940 Nm. Berkat jantung ini, akselerasi ke 100 kpj dapat diraih dalam tempo 3,4 detik saja. Energi berasal dari baterai 50,4 kW, memiliki potensi menempuh jarak sejauh 320 km. Untuk model prototype hanya dibekali charging standar 12 A, namun nantinya akan disediakan kapabilitas pengisian cepat.


alfa romeo restored


Agar mengimbangi kekuatan motor listrik, kaki-kaki mendapat sentuhan. Sasis anyar dibekali komposisi MacPherson Strut di depan dan Multilink belakang. Totem Automobili menawarkan suspensi Bilstein Clubsport dengan pengaturan dua arah. Dapat juga ditambahkan opsi pengaturan elektris sampai air suspension. Kit disc brake Brembo dipercaya untuk menghela laju powertrain kuat Giulia GTe.


Hasil garapan Totem ini direncanakan untuk mejeng dalam ajang Goodwood Festival of Speed 2020. Namun akibat penundaan, mungkin harus menunggu waktu lebih lama untuk dapat melihat seperti apa wujud ketika sudah selesai dibangun. (Krm/Odi)


Sumber: Totemautomobili


Baca Juga: Ada VW Kodok Listrik Karya Anak Bangsa