Top 3 Berita Minggu Ini: Corolla Cross Meluncur, Xpander Hybrid 2023 dan Vios Facelift

Top 3 Berita Minggu Ini: Corolla Cross Meluncur, Xpander Hybrid 2023 dan Vios Facelift

Roda industri otomotif harus terus berputar. Walau masih pandemi COVID-19, sejumlah pabrikan di Tanah Air dan Asean bersiap meluncurkan mobil. Cara paling nyata untuk merangsang pasar ialah dengan menyodorkan produk anyar. Seperti Toyota Corolla Cross tampil publik pada 6 Agustus 2020 di RI. Lalu ada rencana kemunculan Xpander Hybrid 2023. Dan tak ketinggalan sosok sedan Vios facelift. Berikut rangkuman tiga berita utama dalam sepekan.

Toyota Corolla Cross

2021 Toyota Corolla Cross side

Patut dinanti, Toyota Astra Motor meluncurkan Corolla Cross pada 6 Agustus 2020. Informasi itu disebar perusahaan lewat undangan resmi via surat elektronik. Sebelumnya sang crossover mendebut duluan di Thailand. Unit dilego dari 959.000 – 1.199.000 baht atau setara Rp 443,7 juta hingga Rp 554,6 jutaan. Dan model yang ditawarkan sama buat market Indonesia, mesin reguler maupun hybrid. Lantaran unit harus impor dari Jepang, kemungkinan besaran harga tak beda jauh dari estimasi itu. Syukur kalau Toyota mau merilis lebih miring.

Unit reguler mengandalkan 2ZR-FE I4 empat silinder segaris 1,8 liter DOHC 16 valve. Dengan ukuran bore & stroke 80,5 x 88.3, ia merilis tenaga 140 PS di 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm. Mekanikal pacu bensin yang diambil dari Corolla sedan itu, diklaim punya konsumsi bahan bakar rata-rata 15,4 kilometer per liter. Lalu emisi karbon dioksida 150 gram per kilometer.

Kalau Anda mau yang lebih irit, bisa ambil Corolla Cross Hybrid. Konsumsi bahan bakar rerata hanya 23,3 km/liter berikut emisi gas buang CO2 98 gram/km. Dengan enjin sama 1.8L sama, ia menyodorkan tenaga 98 PS di 5.200 rpm dan momen puntir 142 Nm mulai 3.600 rpm. Lalu dorongan dari synchronous motor permanent magnet 600 V. Daya listrik mengaliri dinamo gerak hingga memproduksi imbuhan power 53 Kw (72 PS). Kemudian dorongan torsi 163 Nm. Trim ini tetap menjadi bagian dari hibridisasi Toyota Indonesia dalam ekspansi market yang belum banyak disentuh pabrikan lain. Selengkapnya baca di sini.

Baca Juga: Teknologi AC Anyar Hyundai Sanggup Menghadirkan Udara Lebih Berkualitas

Xpander Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid plan

Mitsubishi berencana merilis Xpander Hybrid (HEV) pada 2023. Ancang-ancang itu resmi dijabarkan perusahaan tatkala presentasi rencana bisnis, jangka menengah tiga tahun. Dari fiskal 2020 hingga 2022. Small but Beautiful, jadi jargon MMC dalam menapaki tantangan market mendatang. Fokus yang hendak digarap ada beberapa poin, salain bahasan sang MPV andalan itu. Di bawah inisiatif ini, MMC memusatkan sumber daya manajemen di kawasan Asean, sebab dianggap tempat paling kompetitif. Selain itu, perusahaan berencana memperluas profit dengan menawarkan lebih banyak mobil berteknologi PHEV, HEV pada Xpander dan mobil gerak 4WD.

Lewat rancangan tersebut, Mitsubishi berhasrat meningkatkan pangsa pasar di ASEAN. Setidaknya naik 11 persen dan mengurangi biaya tetap sebesar 20 persen atau lebih, dibandingkan fiskal keuangan (TA2019). Periode ini berjalan dari 1 April 2019 hingga 31 Maret 2020. Kini mereka masih dalam tahap TA2020 pada 1 April 2020 hingga 31 Maret 2021. Selengkapnya di sini.

Vios Facelift Filipina

New Toyota Vios

Vios facelift di Filipina tampil kian sporty juga elegan lewat kabin bernuansa gelap. Bagian ini bertahan berikut rancangan serta tata letak komponen. Namun Toyota hanya lakukan penyempurnaan di beberapa tipe. Misal varian termahal tipe G, dibekali smart entry dan tombol start/stop engine. Lalu, khusus G CVT punya seleksi mode berkendara Eco dan Sport. Tidak mengejutkan karena paket tadi tidak asing bagi Vios di Tanah Air.

Toyota Filipina menawarkan dua opsi pemacu bagi Vios. Mayoritas trim menggendong jantung empat silinder 1,3 liter 1NR-FE. Lecutan tenaga sebesar 99 PS bersama momen puntir sekuat 123 Nm, memutar roda depan lewat girboks manual lima percepatan atau CVT. Sementara itu, enjin 1,5 liter 2NR-FE eksis di varian teratas, Tipe G. Ia sanggup membuncahkan 107 PS disertai kekuatan memuntir 140 Nm. Pilihan drivetrain sama: opsi 5-speed manual atau CVT.

Fitur keamanan Vios tetap menjadi salah satu sedan paling komprehensif. Spek standarnya saja sudah diisi Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Lanjut imbuhan ABS+EBD+BA. Di samping itu, Dual SRS Airbag dan Kneebag dimiliki varian terendah. Barulah sistem tujuh titik mengisi daftar kelengkapan dua tipe termahal E dan G. Berapa harganya? Klik di sini. (Alx/Odi)

Baca Juga: Mercedes-Benz T-Class Bakal Hadir Sebagai Lifestyle Van

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store