• Wishlist

Tesla Pikap Elektrik Dijadwalkan Meluncur November Ini

Tesla Pikap Elektrik Dijadwalkan Meluncur November Ini

Tesla memastikan pikap elektriknya debut perdana bulan depan. Sayangnya tak satupun bocoran memperlihatkan wujudnya. Elon Musk, CEO Tesla pun enggan membocorkan spesifikasinya.


Tesla pickup truck exterior


Walau masih menjadi misteri, diketahui harganya ditargetkan mulai $49 ribu atau Rp 691 jutaan. Itu dikatakan Elon lewat cuitan di media sosial. Nanti beberapa varian disuguhkan, termasuk pilihan paling canggih dan lengkap seperti dinukil dari insideevs.com (14/10).


“Kami tak ingin ia menjadi sangat mahal. Harus terjangkau. Ada versi pikap yang lebih mahal tentunya, tapi konsumen sudah bisa memiliki varian dasar dengan $49 ribu atau kurang,” jelasnya.


Meski belum ada visualnya, Elon sempat membeberkan bentuknya berbeda dari model yang beredar belakangan ini. Bahkan, dalam cuitannya, desain yang diusung lebih menyerupai kendaraan lapis baja masa depan di film fiksi ilmiah. Hal itu pun membuat netizen menebak-nebak dengan membuat rendering.


Bicara spesifikasi, Elon pernah menyombongkan diri mobilnya bakal mengalahkan Ford F-150 dari segi fungsionalitas dan Porsche 911 dalam masalah performa. Rumornya, pikap Tesla dilengkapi motor listrik ganda yang membuatnya berpenggerak seluruh roda. Konfigurasi ini merupakan opsi standar. Kemudian sumber dayanya besar, mengizinkannya memiliki daya jelajah hingga 805 km.


Isu lainnya, dia diperkuat baterai yang memberikan daya jelajah sejauh jutaan kilometer. Mungkin terdengar berlebihan, tapi bukan tidak mungkin terjadi. Soalnya, Tesla pertengahan 2019 lalu mengakuisisi Maxwell Technologies untuk pengembangan baterainya sendiri.


Semakin canggih karena sistem suspensi udaranya mampu disetel mengikuti beban yang dibawa. Menariknya, kaki-kakinya dapat juga bertindak sebagai kompresor untuk mengisi angin ban atau kebutuhan lain. Melihat output mobil listrik saat ini yang terbilang besar, kemungkinan pikap Tesla menghasilkan tenaga lebih masif cukup tinggi. Terlepas dari rumor spesifikasi dan kabar peluncurannya, pabrikan asal Amerika Serikat itu sebenarnya masih punya banyak pekerjaan rumah.


Pasalnya, Tesla harus segera memasukkan Model Y ke jalur produksi. Crossover listrik teranyarnya, yang sudah dikenalkan model konsepnya sejak Maret lalu. Selain itu, ada juga Tesla Roadster dan Semi. Bisa saja pikap Tesla dipercepat untuk masuk proses pembuatan massal, tapi sayangnya belum ada informasi lebih lanjut. Skenario terbaik, memproduksi kendaraan yang diklaim bergaya lapis baja masa depan itu pada dua tahun mendatang atau 2021. Tapi ini menempatkannya di belakang Rivian dengan R1T miliknya yang diproduksi tahun depan. (Hfd/Odi)


Sumber: Insideev, Paultan


Baca Juga: Canggihnya Mobil Listrik Tesla Model 3 Yang Ramai Dibeli Seleb