Tertangkap Saat Shooting, Begini Wujud Asli Hyundai Kona N Telanjang di Atas Aspal

Tertangkap Saat Shooting, Begini Wujud Asli Hyundai Kona N Telanjang di Atas Aspal

Hyundai Kona jadi salah satu mobil masa kini yang tawarkan opsi paling variatif. Dari crossover perkotaan pada umumnya, diberi gaya sporty N Line, model hybrid, EV, hingga versi satu ini. Adalah penduduk puncak performa yakni Kona N. Sebelum mendebut ia seakan sudah ditelanjangi lewat sederet spyshot.

Sempat resmi diedarkan sebelumnya teaser menggoda dari sang crossover performa. Sedikit bayangan saat itu masih menutup lekuk tubuhnya. Namun tidak dalam rangkaian foto paparazzi kali ini. Dilansir dari Carscoops, versi performa tinggi dari Kona tertangkap basah di sekitar Sirkuit Nürburgring saat sedang syuting film promosi. Disebut keberadaannya benar-benar dirahasiakan meski fotografer berhasil menangkapnya tanpa kamuflase.

Foto dari kejauhan ini sukses memberikan gambaran bagaimana Kona N akan terlihat. Tentu ia dibangun dari basis versi teranyar yang dikenalkan September lalu. Meski begitu, beberapa bagian tubuhnya dirombak ulang agar terlihat gahar dan mendukung potensi memacu. Sontak menjadikannya sebagai Kona N Line yang lebih dramatis.

Hyundai Kona N

Di depan mungkin bumbu Kona N Line cukup kuat terasa. Grille honeycomb besar ditemani oleh perhiasan lambang “N”. Tak ketinggalan intake apron menganga di bawah. Nyaris serupa. Namun ketika melirik buritan, segalanya lantas terlihat berbeda. Dual exhaust pipe nan besar mendominasi diffuser hitam. Menegaskan kalau ia terlahir dengan kasta berbeda.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Meluncur Sebagai Model Pertama Sub Brand EV, Simak Keunggulannya

Tak hanya itu, diduga kuat Kona N ini tertangkap dalam balutan baju kojo Performance Blue. Tubuhnya juga dihiasi strip merah di sisi terbawah bodi. Lewat aransemen ini, citra divisi performa Hyundai langsung terbentuk. Juga menguatkan nuansa model performa, sepatu V-Spoke besarnya diisi oleh kaliper rem merah kontras. Disudahi pula roof spoiler agresif di buritan.

Pada tubuhnya boleh jadi tersemat detail terkait kekuatan. Adalah pelat nomor bertuliskan “HN 0280”. “HN” bisa saja diidentifikasi sebagai Hyundai N sementara angka 280 menyatakan kekuatan maksimum dalam satuan PS. Memang segitu ekspektasinya dari bekal pemacu empat silinder 2,0 liter turbo yang dikawin transmisi otomatis Dual Clutch delapan percepatan. Unit ini mungkin serupa dengan perbekalan i30 N komplet Performance Package.

Hyundai Kona N

Melihatnya sedang bersiap, mungkin tak lama lagi Kona N mengaspal. Tidak menutup kemungkinan kalau ia akan datang dalam hitungan minggu atau bahkan hari. Kita tunggu saja.

Ekspektasi Kehebatan Hyundai Kona N

Ya, Kona N akan segera meluncur dan kemungkinan terjadi dalam waktu dekat. Menjadi bagian tonggak sejarah pabrikan sebagai SUV performa tinggi mereka. Bisa dipastikan SUV kencang asal Korea Selatan ini menggendong unit 2,0 silinder turbo. Biasa ditemukan pada I30 N atau Veloster N. Meski begitu, detailnya belum diketahui pasti. Namun kalau berkaca pada seleksi di i30 N, pemacu 2.0 Theta II T-GDi suguhkan dua output berbeda. Bila demikian, boleh jadi ia menyiapkan tenaga antara 254 PS hingga 279 PS dengan torsi 353 Nm tergantung settingan.

Tugas pengantaran daya diemban oleh girboks Dual-Clutch Transmission (N DCT) delapan percepatan. Ekspektasinya tentu membawa fitur-fitur menarik ala video game. Contoh N Grin Shift, N Power Shift, hingga N Track Sense Shift. Memberikan potensi ekstra misal melontarkan kekuatan maksimum selama 20 detik, perpindahan ekstra cepat saat dibejek, hingga mengenali kondisi optimal untuk berkendara penuh hasrat seperti di sirkuit. Tidak diketahui apakah seluruh kekuatan disalurkan ke roda depan atau mengadopsi sistem AWD. Di lain sisi, besar kemungkinan tidak ada opsi perpindahan manual enam percepatan sebagai standar.

Hyundai Kona N

Dari komposisi tadi diharapkan Kona N membawa fungsi Limited-Slip Differential (e-LSD) yang juga dikenal sebagai N Corner Carving Differential. Bertujuan mereduksi selip sekaligus meminimalisir saat memahat tikungan. Tak ketinggalan N Grin Control System sebagai pengatur mode berkendara. Bisa menentukan dinamika berkendara seperti respons mesin, e-LSD, kontrol stabilitas, setir, redaman suspensi hingga nyanyian dari pembuangan gas.

Walau dibuat bertenaga besar, Kona N tentu tidak bisa begitu saja melupakan sisi keselamatan. Besar harapan tetap membawa peranti keselamatan dan asistensi aktif Hyundai SmartSense termutakhir. Termasuk di dalamnya Forward Collision-Avoidance Assist yang sudah disempurnakan untuk mendeteksi pejalan kaki. Ada pula Lane Following Assist (LFA), bekerja menjaga posisi mobil di tengah jalur bahkan sebelum ‘mabal’ ke samping. Masih ada potensi lagi seperti asisten blind spot dan rear cross traffic alert yang sudah dilengkapi fungsi rem otomatis. Semua mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko celaka. (Krm/Tom)

Sumber: Carscoops

Baca juga: Hyundai Santa Fe 2021 Dipastikan Datang ke Indonesia, NJKB Mulai Rp 430 Juta