Tersedia di Indonesia, Ini Detail Aston Martin DBS Superleggera

Tersedia di Indonesia, Ini Detail Aston Martin DBS Superleggera

Aston Martin Jakarta resmi menghadirkan DBS Superleggera di Tanah Air. Supercar eksklusif generasi terbaru ini, mendapatkan berbagai peningkatan yang diharapkan mampu memuaskan penggemarnya. Upgrade tersimak dari struktur, desain, mesin hingga fitur yang dimiliki. Berikut spesifikasi lengkap DBS Superleggera yang dapat menjadi referensi Anda.

Eksterior

Dibangun menggunakan basis DB11, DBS Superleggera diracik Aston Martin hingga berbobot lebih ringan dari model sebelumya. Rangka aluminium dan bodi serat karbon pun dipilih untuk mewujudkan.

Rupa DBS Superleggera terlihat elegan dan sporty, tanpa banyak aksen rumit. Desain mobil sport khas pabrikan asal Inggris terpancar jelas. Tampilan itu sebenarnya bisa ditingkatkan lagi. Aston Martin memberikan keleluasaan konsumen untuk mempersonalisasi dengan sederetan komponen opsional.

Namun, model standar yang berdimensi 4.712 x 2.146 x 1.280 mm (PxLxT), dengan wheelbase 2.805 mm dan ground clearance 90 mm ini sebenarnya sudah lebih dari mumpuni. Tubuhnya dibalut kelir hitam. Wajahnya terkesan tajam dengan grille honeycomb berwarna senada bodi dan saluran udara yang mendominasi. Ini dipadukan penerangan berupa LED yang terintegrasi dengan sein, daytime running light (DRL) dan position lamp.

Bagian belakang juga disematkan lampu berteknologi dioda. Menariknya, kaca belakang disisipkan pemanas untuk mencegah terjadinya pengembunan. Sementara kaki-kaki tampak berpadu apik dengan bodi. Pelek berukuran 21 inci Forged Y Spoke berwarna silver dibungkus ban Pirelli P Zero 265/35 di depan dan 305/30 di belakang.

Interior

Tampilan kabin tak kalah sporty. Desainnya yang penuh dengan aksen mendetail membuat sangat menarik. Pelapis kulit hitam Alcantara diaplikasikan untuk mempertegas kemewahan. Dashboard dan konsol tengah dibuat bergaya futuristic dengan susunan tombol yang apik. Kemudi turut dilapis kulit  warna senada.

Pengemudi dimanjakan perangkat multimedia berupa LCD 8 inci yang bisa dikontrol melalui touch pad. Fitur penghubung iPod dan iPhone sudah tertanam di dalamnya bersama colokan USB. Konektivitas juga didukung A2DP Bluetooth audio dan phone streaming. Kenyamanan mobil yang mengakomodasi dua penumpang ini, juga ditunjang bangku yang dapat menyimpan posisi duduk dan pemanas.

Mesin

Jantung mekanis V12 yang dipakai DBS Superleggera memiliki kubikasi sebesar 5,2 liter dengan kompresi 9,3:1. Keluaran tenaganya mencapai 725 PS di putaran 6.500 rpm. Torsinya juga besar, 900 Nm yang muncul dari 1.800 rpm sampai 5.000 rpm. Energi ini disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi otomatis ZF 8-speed.

Spesifikasi ini menjadikan DBS Superleggera melesat dari posisi 0 km/jam ke 100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dan kecepatan puncaknya 340 km/jam. Untuk menjaga performanya, dapur pacu juga dilengkapi knock-sensing. Pengalaman berkendara yang dinamis turut disuguhkan, melalui mode berkendara yang dapat dipilih pengemudi. Ada tiga opsi: GT, Sport dan Sport Plus. Sistem ini tak hanya mengubah karakter mesin tapi sekaligus pendukung lainnya, seperti kaki-kaki.

Suspensi

Konfigurasi kaki-kakinya dipastikan mampu menghadirkan handling khas grand tourer. Di depannya memakai double wishbone independent dan di belakangnya multi-link yang diperkuat peredam adaptif generasi terbaru. Perangkat ini bisa disetel mengikuti mode berkendara yang dipilih. Sedangkan sektor pengeremannya dipasangkan cakram carbon ceramic di kedua sisi. Material ini tak hanya punya durabilitas tinggi, tapi juga memberikan kemampuan menghentikan laju terbaik. Di depan diameternya mencapai 410 mm dan di belakang 360 mm.

Fitur

Guna menunjang kenyamanan dan kepraktisan, DBS Superleggera dilengkapi berbagai fitur canggih. Akses kabin tak memerlukan anak kunci, karena mobil ini sudah keyless entry. Urusan parkir juga dipermudah adanya sensor di depan dan belakang, serta kamera yang memantau area seluas 360 derajat.

Fitur lainnya Tyre Pressure Monitoring, pengemudi mengetahui berapa tekanan ban secara real-time. Bahkan ada pula sistem navigasi satelit yang menampilkan rute terbaik. Dari sisi safety, sejumlah perangkat dibenamkan, antara lain: alarm, immobilizer, Electric Parking Brake, Dynamic Stability Control (DSC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA). Ada Traction Control (TC), Hydraulic Brake Assist (HBA), Positive Torque Control (PTC) dan Dynamic Torque Vectoring (DTV) yang memastikan performa handling dan kestabilan mobil terjaga saat dipacu kencang dalam berbagai rute. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Mobil Klasik Aston Martin DB5 James Bond Akhirnya Diproduksi

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil