Segmen SUV Masih Diminati, Bridgestone Indonesia Ikut Ambil Porsi

Segmen SUV Masih Diminati, Bridgestone Indonesia Ikut Ambil Porsi

Model kendaran SUV masih digemari sampai saat ini. Bahkan diprediksi masih akan terus berlanjut demam SUV dengan banyaknya produk-produk yang diluncurkan manufaktur. Hal itu, ternyata memengaruhi pasar ban, khususnya di Indonesia. Bridgestone Indonesia pun turut ikut meramaikan pasar SUV dengan produk andalannya.

Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan bertumbuhnya pasar SUV merupakan tren skala global. Kemudian memengaruhi juga pasar di Indonesia. Bahkan bisa menyenggol ladang MPV di masa mendatang.

"Secara overall, memang tren SUV secara global. Bahkan yang tadinya mini hatchback dan sedan, sekarang banyak pindah ke mini SUV. Kalau kita lihat juga, MPV itu ke depannya bakal berkurang. Indonesia yang pasar MPV nya terbesar di dunia, sampai 40 persen dari komposisi penjualan mobil penumpang. Jadi ke depannya kami lihat MPV bisa turun jadi 25 - 30 persen. Tapi dari SUV nya yang sekarang ini masih sekitar 20an persen, bisa naik ke 30 - 35 persen. Tentunya ini seiring dengan global development produk juga," ujar Mukiat di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat (2/12).

Bridgestone Indonesia

Baca juga: Rayakan HUT ke-45 Tahun, Bridgestone Indonesia Gelar Promo untuk Turanza dan Potenza

Bangun Istyaji, Sales & Marketing Director Bridgestone Indonesia menambahkan, ada konsistensi antara tren SUV dengan penggunaan ban ukuran besar. Kemudian diprediksi tren itu akan berlanjut, bahkan meningkat sampai 2030.

"Data dari 2015 sampai 2020, pergerakan tren jenis tipe kendaraan dan pemakaian rim cukup konsisten. Kalau kita lihat trennya dari 2015 penggunaan SUV semakin banyak dan juga permintaan ban ukuran semakin besar di OE. Jadi kami prediksi, kalau trennya linear, proyeksinya bisa sama ke depan."

Terkait ukuran ban sendiri, Mukiat melanjutkan, 5 - 10 tahun lalu pelek ukuran 16 dianggap sudah sangat besar. "Tapi sekarang pelek 17 itu ukuran umum. Bahkan 17, 18, 19 sudah seperti standar saja. Untuk Bridgestone sendiri, kami produksi untuk kendaraan penumpang sampai 19 inci. Tentunya ini akan menjadi salah satu fokus kami seiring dengan pertumbuhan pasar kendaraan penumpang," imbuh Mukiat.

Bridgestone Indonesia percaya diri bisa ambil bagian. Lantaran sudah punya lini lengkap untuk penetrasi pasar SUV. Ada produk Dueler H/P 680, Dueler A/T697, Dueler M/T 674. Sedang Alenza diposisikan untuk kelas SUV premium.

Turanza T005A

Tak cuma itu, bahkan untuk kelas LSUV juga bisa menggunakan model premium Turanza. Seperti Honda All New BR-V yang memakai Turanza T005A sebagai original equipment (OE). Turanza T005A yang masuk dalam jajaran model premium Bridgstone diklaim menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman untuk perjalanan jarak dekat serta jarak jauh. (Tom)

Baca juga: Bridgestone Turanza Jadi Ban Resmi All New Honda BR-V

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil