Plaza Subaru Jamin Kebutuhan Sparepart buat Konsumen Lama, Model Apa Saja?

Plaza Subaru Jamin Kebutuhan Sparepart buat Konsumen Lama, Model Apa Saja?

Plaza Auto Mega atau Plaza Subaru resmi menjadi agen pemegang merek (APM) anyar Subaru di Indonesia. Peluncuran Sport Utility Vehicle (SUV) Forester beberapa waktu kemarin jadi portofolio produk pertamanya untuk pasar domestik.

KEY TAKEAWAYS

  • Plaza Subaru masih melayani servis dan suku cadang model lawas

    Terlebih untuk tahun tergolong muda masih mudah mendapatkan onderdilnya
  • Pengguna Subaru lama memilih bengkel resmi

    Sejak Plaza Subaru dibuka, diklaim 70 persen pengguna Subaru memilih mengunjungi bengkel resmi
  • Untuk diketahui, sebelum hadirnya Plaza Baru, Subaru sempat berganti APM hingga 4 kali. Lantas banyak pengguna atau loyalis merek mobil ini yang berharap jika APM baru bisa konsisten berniaga dan menghadirkan aftersales yang lebih baik.

    Arie Christopher selaku Chief Operating Officer Subaru Indonesia mengatakan misi utama di bawah bendera baru Plaza Subaru adalah mengembalikan kepercayaan konsumen terhadap merek mobil ini.

    "Yang harus diperlihatkan lebih dulu pastinya komitmen dan konsisten dari kita. Itu yang pasar yang akan lihat, jika pasar sudah mempercayai kita punya komitmen dan konsisten secara otomatis kepercayaan konsumen terhadap Subaru akan kembali lagi," kata Arie di Alam Sutera, beberapa waktu lalu.

    Plaza Subaru Alam Sutera

    Baca juga: Ini Sebabnya Pengiriman Subaru Forester untuk Konsumen Baru Dilakukan di Agustus 2022

    Cara yang pertama adalah membuka service centre lebih dulu ketimbang langsung menjual produk. Menurut Arie sebanyak 70 persen pengguna Subaru lama kembali untuk memanfaatkan layanan after sales yang dihadirkan Plaza Subaru.

    "Mobil itu hal yang pertama kali dilihat adalah aftersales-nya. Sparepart gampang tidak, kalau ada problem apakah mudah penanganannya dan kemampuan manpower-nya. Itu yang kita lakukan untuk mengembalikan trust (kepercayaan) konsumen," imbuhnya.

    Layanan Servis dan Jamin Kesiapan Onderdil

    Hal yang pasti dan dijanjikan Arie adalah semua model dari Subaru pasti diterima di bengkel servis Plaza Subaru. Namun, untuk beberapa model yang tahun produksinya sudah terlalu lama mungkin butuh inden terkait onderdil karena menyesuaikan dengan ketersediaan di Jepang.

    Plaza Subaru Alam Sutera

    "Tapi untuk model yang sudah terlalu lama, di Jepang pun kemungkinan part-nya tidak ready. Jadi konsumen harus sabar dan bisa menunggu sampai sparepart yang diinginkan siap. Karena perlu diketahui, di pabrik Subaru Jepang juga ada ketentuan maksimum periode berapa lama menyiapkan sparepart untuk mobil tertentu. Saya rasa mobil yang sudah 25 tahun ke atas, tidak ada yang ready," imbuhnya.

    Namun untungnya, lanjut Arie, model Subaru yang masuk kategori produksi tahun muda menggunakan global platform yang secara onderdil memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya. Ini memudahkan dan membantu Plaza Subaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

    "Keuntungan Subaru menggunakan global platform adalah banyaknya kesamaan sparepart. Jadi ini salah satu keuntungannya," pungkas dia.

    Plaza Subaru Alam Sutera

    Rencana Bangun 10 Diler Lagi

    Untuk memperluas jangkauan dan mempermudah para pengguna Subaru, Plaza Subaru mengagendakan pembuatan 10 diler dalam jangka waktu 5 hingga 6 tahun ke depan. Alasan hanya membuat 10 diler dalam tempo waktu tersebut dikarenakan merek mobil ini bersaing di segmen yang niche.

    “Ya karena market segmen Subaru adalah niche. Kita nggak mau skala bisnis ini terlalu besar sehingga dari sisi bisnis tidak bisa terlalu baik. Jadi lebih baik menyesuaikan dengan pertumbuhan pasar, jika memang pasarnya berkembang lebih besar tidak menutup kemungkinan kita akan menyesuaikan,” jelasnya.

    Nantinya pembangunan diler Subaru tidak hanya berfokus di pulau Jawa saja, Arie memastikan pembangunan diler akan dilakukan di Sumatera, Sulawesi, hingga Kalimantan. Namun untuk strategi tahun ini, layanan diler 3S (sales, service, dan sparepart) baru dibuka di kawasan Alam Sutera, BSD, Tangerang Selatan saja. (Kit/Tom)

    Baca juga: Jadi SUV AWD Termurah, Simak Spesifikasi dan Fitur All New Subaru Forester Khusus Pasar Indonesia

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature