Penjualan Terdampak Pandemi Covid-19, Brio Geser Avanza Jadi Model Terlaris

Penjualan Terdampak Pandemi Covid-19, Brio Geser Avanza Jadi Model Terlaris

Penjualan otomotif di tahun 2020 sangat terdampak pada pembatasan aktivitas masyarakat dan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Menutup tahun 2020, PT Honda Prospect Motor berhasil mempertahankan tren positif dengan peningkatan penjualan selama tujuh bulan berturut-turut. Pada bulan Desember lalu, Honda mencatat penjualan sebesar 9.887 unit, meningkat sebanyak 32,6% dibanding bulan sebelumnya.

Total sepanjang tahu lalu, penjualan Honda tercatat sebanyak 79.451 unit. Sejalan dengan kondisi pasar otomotif secara umum, angka penjualan Honda di tahun 2020 juga lebih rendah dibanding total penjualan di tahun sebelumnya, yang tercatat sebanyak 149.439 unit. Meskipun demikian, Honda mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan bulanan positif secara berturut-turut sejak bulan Mei hingga Desember tahun lalu.

Penjualan terbesar untuk Honda di sepanjang tahun 2020 datang dari Honda Brio dengan total penjualan sebesar 43.021 unit. Hingga akhir tahun lalu, Honda Brio Satya mencatat total penjualan 31.713 unit, sementara Honda Brio RS mengumpulkan penjualan 11.308 unit. Secara keseluruhan, kedua varian Honda Brio tersebut telah memberikan kontribusi sebesar 54% untuk total penjualan Honda di sepanjang 2020.

Selain Honda Brio, Honda HR-V 1.5L menyumbangkan penjualan sebanyak 11.936 unit dengan kontribusi sebesar 15% pada total penjualan Honda di 2020. Sementara itu, Honda Mobilio membukukan penjualan sebanyak 6.889 unit, Honda Jazz terjual sebanyak 6.533 unit, Honda CR-V terjual sebanyak 5.759 unit.

Selain itu, model-model lain yang turut menyumbang penjualan di tahun 2020 terdiri dari Honda BR-V sebanyak 2.289 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 1.053 unit, dan Honda HR-V 1.8L sebanyak 917 unit. Sementara itu, Honda Civic sedan telah terjual sebanyak 444 unit, Honda Accord sebanyak 248 unit, Honda City sebanyak 235 unit, Honda Odyssey sebanyak 120 unit, dan Honda Civic Type R sebanyak 7 unit.

“Penjualan Honda di tahun 2020 memang sejalan dengan kondisi pasar yang turun sebagai dampak dari pandemi dan kondisi ekonomi di Indonesia. Meskipun demikian, tren pertumbuhan penjualan positif di 7 bulan terakhir merupakan modal yang baik untuk memasuki tahun 2021. Di tahun ini, kami tetap akan fokus menjaga penetrasi di tengah kondisi pasar yang belum stabil, sambil tetap berupaya menghadirkan program penjualan yang meringankan konsumen untuk melakukan pembelian," kata Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Baca juga: Deret Kontestan Honda di Gelaran Tokyo Auto Salon 2021

Honda Brio

Resep Brio

Nah, yang menarik disimak pada tahu lalu, Honda Brio jadi mobil terlaris. Low cost green car atau LCGC ini mampu mendepak Toyota Avanza yang menjadi juara sejak 15 tahun terakhir. Apa resep laris Honda Brio dibandingkan semua jenis mobil?

Yusak Billy mengatakan resep laris Honda Honda Brio adalah berhasil mengisi ceruk pasar pembeli pertama atau first time buyer. Mengutip laman resmi Honda Indonesia, harga Brio untuk tipe terendahnya Satya S M/T Rp 146 juta on the road Jakarta. Sedangkan tipe tertinggi RS CVT Rp 199,6 juta. “First time buyer saat ini menjadi kontributor terbesar untuk penjualan mobil di Indonesia,” ujar Billy kepada Bisnis pada Selasa lalu.

Di masa pandemi Covid-19 banyak konsumen yang beralih dari transportasi umum ke kendaraan pribadi untuk menghindari penularan. Maka mereka membutuhkan mobil yang harganya terjangkau, performa baik, kabin lapang, dan tampilan yang menarik. Hal itu bisa diakomodasi oleh Brio.

Honda Brio pertama kali dijual di Indonesia pada 2012, yang diimpor secara utuh atau completely built up (CBU) dari Thailand. Mesin Brio dilengkapi teknologi pembakaran i-VTEC yang mengefisienkan konsumsi BBM. Honda Brio pun diproduksi di Indonesia pada 2014 dan memasuki pasar mobil hemat energi yang murah dengan Brio Satya. Brio juga mengisi segmen city car lewat Honda Brio RS yang lebih sportif.

Baca juga: Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2020, Simak Alasannya

Honda HR-V

Strategi 2021

Untuk melanjutkan kesuksesannya, HPM menjalankan strategi agar bisa mempertahankannya pada 2021. Di awal tahun ini, Honda memberikan program penjualan kepada konsumen yang bertajuk “Sehat Bersama Honda” dan berlangsung sejak Januari – Maret 2021. Pada program ini, konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda akan mendapatkan berbagai keuntungan tambahan hanya dengan menunjukkan foto saat berolahraga di akun media sosial mereka.

Konsumen yang melakukan pembelian New Honda Mobilio, New Honda BR-V, New Honda HR-V, dan All New Honda CR-V akan mendapatkan voucher Sport Utilities hingga Rp 7 juta. Pada periode yang sama, konsumen juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian New Honda Mobilio, New Honda BR-V, New Honda Jazz, dan All New Honda CR-V. Khusus untuk konsumen loyalis, akademis, dan pekerja medis yang melakukan pembelian All New Honda Brio dan New Honda HR-V juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun).

Untuk setiap pembelian All New Honda Brio, New Honda Mobilio, New Honda BR-V, All New Honda Accord, New Honda Odyssey, New Honda Civic Turbo, New Honda Civic Hatchback RS, dan New Honda City akan mendapatkan Honda Healthy Package dimana konsumen akan mendapatkan penawaran menarik hingga Rp 10 juta. Pada program ini, konsumen dapat melakukan pembelian secara online maupun pembelian langsung pada dealer resmi Honda.

Sementara untuk pembelian New Honda HR-V, All New Honda Accord, New Honda Odyssey, New Honda Civic Turbo, New Honda Civic Hatchback RS, dan New Honda City, tersedia juga Special Leasing Program berupa bunga 0% selama 1 tahun. Honda juga memberikan kemudahan kepada perusahaan atau karyawan yang menggunakan fasilitas Car Ownership Program (COP) yang ingin melakukan pembelian, akan mendapatkan Fleet Sales Package hingga Rp 15 juta untuk pembelian mobil New Honda Mobilio, All New Honda Accord, New Honda Odyssey, New Honda Civic Turbo, New Honda Civic Hatchback RS, dan New Honda City. (Raju)

Baca juga: Produksi Lokal Jadi Penyelamat, Sumbang 90 Persen Penjualan Suzuki di 2020