Produksi Lokal Jadi Penyelamat, Sumbang 90 Persen Penjualan Suzuki di 2020

Produksi Lokal Jadi Penyelamat, Sumbang 90 Persen Penjualan Suzuki di 2020

Pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 lalu membuat pasar kendaraan roda empat nasional turun sekitar 50 persen. Penjualan kendaraan secara nasional berantakan dan anjlok selama enam bulan pertama. Meski perlahan mengalami peningkatan di kuartal ketiga dan keempat hingga akhir tahun. Secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2020 mencapai sekitar 578 ribu unit, atau turun 45% dibandingkan tahun 2019.

Pada periode yang sama PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu bertahan cukup baik. Selama Januari-Desember 2020 Suzuki mampu mencatat wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen jika dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019.

Dari jumlah itu, kendaraan buatan dalam negeri yang diproduksi di Cikarang dan Tambun mendominasi raihan tersebut. Dalam keterangannya, Suzuki menyebutkan trio Carry Pick Up, XL7, dan Ertiga, tersebut memberikan kontribusi lebih dari 90 persen terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020. Meski tak ada keterangan mengenai jumlah unitnya.

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangannya.

Suzuki Carry Pick-Up

Trio Lokal

Ia menyebutkan mobil yang diproduksi secara loka menjadi penyelamat. "Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” tambah Donny.

Kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah New Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki.

Untuk kendaraan penumpang, Extraordinary SUV Suzuki, yaitu XL7, menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales. XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen pada retail sales.

Baca juga: Adu Kemampuan MPV Bekas, Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk Suzuki, terutama produk buatan dalam negeri. Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan Suzuki yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air," kata Donny.

Ia juga memastikan Suzuki akan terus memastikan seluruh operasionalnya di Indonesia termasuk diler serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Suzuki Ertiga

Promo Awal Tahun

berbagai promo digelar Suzuki di awal tahun 2021 ini. Untuk XL7 ada tawaran uang muka (down payment) sebesar Rp 20 jutaan kemudian free Suzuki Insurance selam 1 tahun. Bagi yang berminat dengan Baleno adalah iPhone 12 dengan 128GB untuk setiap pembelian unit baru.

Selain itu, program Extra Cashback sampai dengan Rp 4 juta bagi calon pelanggan Suzuki yang melakukan tukar tambah (trade-in) di Auto Value diperpanjang hingga Januari 2021 ini. Bahkan mereka menambahkan pilihan produk Suzuki lainnya. Selain XL7, All New Ertiga, dan SCross, kini juga ada Suzuki Baleno yang masuk dalam program ini.

Hendro Kaligis, Head of Business Development PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan program tukar tambah melalui layanan Auto Value di Jabodetabek, Semarang, Cirebon, Surabaya, Jambi, dan Bangka Belitung diperpanjang sampai dengan 31 Januari. Ini adalah kesempatan terakhir bagi calon pelanggan Suzuki untuk mendapatkan extra cashback sampai dengan Rp 4 juta untuk pembelian XL7, SCross maupun Baleno. Kemudian mendapatkan sampai Rp 3 juta untuk All New Ertiga dengan cara melakukan tukar tambah di Auto Value.

Program Extra Cashback ini memfasilitasi seluruh merek kendaraan (passenger car) dengan tahun produksi 2011 – 2019. Selain itu, tukar tambah ini berlku untuk kendaraan pelanggan di wilayah Jabodetabek, mobil lama harus ber-plat nomor B. Kemudian Surabaya dan sekitarnya plat nomor (L atau W atau N atau S), serta Cirebon dan sekitarnya (plat E). Kemudian berlaku juga untuk konsumen di wilayah Semarang dan sekitarnya (plat nomor H atau K), Bangka Belitung (plat nomor BN), serta Jambi (plat nomor BH).

"Semua kendaraan yang ada di Auto Value sudah lulus uji pada 135 titik pengecekan, mendapatkan sertifikat resmi dari Suzuki Indonesia, dan garansi mesin dan transmisi selama 1 tahun atau 20.000 km. Selain itu, garansi ini berlaku nasional di seluruh bengkel resmi Suzuki di Indonesia," tutup Hendro. (Raju)

Baca juga: Program Cashback di Auto Value Diperpanjang, Kini Ada Pilihan Suzuki Baleno