jakarta-selatan

Paling Murah Rp 163 Juta, Secanggih Apa Datsun Cross Dibanding Wuling Confero

  • 26 Jan, 2018
  • 7086 Kali Dilihat

Datsun Cross harganya paling murah Rp 163 juta. Walau masih berpotensi berubah hingga waktu delivery Maret 2018, namun nominal itulah yang sudah diklaim pemegang brand. Harganya terbilang cukup tinggi, dengan alasan beda kelas dengan Datsun GO+ Panca yang kena skema LCGC (Low Cost Green Car). Tapi silakan tengok sendiri mobilnya, apakah itu bukan sekadar versi dress up dari GO+ Panca?


Dengan banderol seperti itu, kami sedikit tergelitik membandingkan sosoknya dengan Wuling Confero. Low MPV dari merek asal Negeri Tirai Bambu itu, harganya hanya Rp 130-Rp 167 jutaan. Oke, memang tak ada girboks otomatis tanpa pedal kopling seperti Cross, namun mari lihat variabel lain yang bisa dibandingkan.


Datsun Cross


 


Fitur? Ya, rasanya parameter ini cukup adil untuk melihat bagaimana nilai intrinsik sebuah kendaraan. Confero dengan fitur terlengkap, sudah dibekali berbagai fitur yang terbilang baru di kelasnya. Misalnya saja sensor parkir hingga 6 titik, pemantau tekanan angin di ban (TPMS), fog lamp belakang, pengatur kemiringan lampu depan, power outlet berbasis USB, jok kulit, captain seat, hingga pembuka jendela via remot.


Dengan nominal yang sama, fitur itu tak ada di Datsun Cross. Fitur tercanggih Cross adalah lampu DRL LED, headlamp projector, headunit layar sentuh, rem dengan ABS, EBD dan Brake Assist, serta Vehicle Dynamic Control (VDC). Fitur-fitur itu memang cukup bernilai, tapi toh faktanya empat fitur terakhir tergabung dalam satu sistem komponen.



 


Cross punya girboks CVT, tapi itu ada di nominal Rp 175 juta. Apalagi girboks itu digunakan hanya untuk mengalirkan mesin 1,2 liter 3-silinder bertenaga 78 PS. Confero mulai Rp 130 jutaan sudah dibekali mesin 1,5 liter yang bisa memproduksi hingga 107 PS. Jangan lupa, mesinnya memiliki silinder genap (4-silinder) yang lebih halus getarannya. Belum lagi distribusi tenaganya ke roda belakang, yang bagi sebagian besar masyarakat dianggap lebih tangguh melahap medan menanjak.


Variabel lain, tentu kapasitas kabin. Membandingkan daya angkut kedua mobil ini, bagai bumi dan langit. Tak komparatif, tapi itulah adanya. Confero memiliki kabin yang lapang untuk 7-8 penumpang dewasa. Kargo pun masih bisa ditampung di bagasi. Sedang Cross, 5 penumpang dewasa kesulitan mendapatkan ruang nyaman dengan 2 anak kecil di belakang tanpa bisa membawa satu galon air pun di bagasi.



Sungguh ironis melihat langkah yang diambil Datsun. Mereka seolah tutup mata, peta persaingan otomotif yang menuju sebuah perubahan besar. Faktanya, merek asal Cina saja bisa langsung melakukan penetrasi besar-besaran. Wuling bisa datang dengan model kendaraan yang sekelas mobil sejuta umat lewat paket harga mulai RP 130 jutaan. Mitsubishi saja rela menyajikan Xpander untuk menyaingi Avanza dengan desain yang tak kalah futuristik dari versi konsepnya. (Van/RS)


Baca juga: Pilih Datsun Cross Atau Mobkas Tahun Muda Yang Lebih Berkelas?

Komparasi Cross vs Confero

Datsun Cross
Rp161,49 - Rp173,99 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Wuling Confero
Rp131,8 - Rp191,8 Juta
  • Mesin
  • Tempat Duduk
  • Tenaga
Cross vs Confero
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi